Kesamben, Blitar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kesamben
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenBlitar
Pemerintahan
 • CamatDrs.A.Basuki Wibowo, M.Si
Populasi
 • Total48,444 jiwa (Data tahun 2.014) jiwa
Kode Kemendagri35.05.19 Edit the value on Wikidata
Luas59,66 km²
Jembatan gantung di atas Sungai Brantas di Kesamben pada tahun 1920-an

Kesamben (Hanacaraka:ꦏꦼꦕꦩꦠꦤ꧀ꦏꦼꦱꦩ꧀ꦧ~ꦤ꧀, Pegon: کٚچَامَتَنْ کٚسَمْبَينْ) adalah kecamatan di Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini terletak di sebelah timur kecamatan Wlingi dan juga berbatasan dengan kecamatan Selorejo. Sebelah utara berbatasan dengan kecamatan Doko Dan berbatasan dengan Sungai Brantas Dan Kecamatan Binangun di sebelah selatan.

Kecamatan Kesamben meliputi 10 desa yaitu Siraman, Kesamben, Jugo, Pagergunung, Sukoanyar, Pagerwojo, Tepas, Bumirejo, Tapakrejo, dan Kemirigede.

Fasilitas umum yang tersedia antara lain SPBU, pasar umum, stasiun kereta api, terminal, lapangan desa, kantor kecamatan serta balai desa. Fasilitas pendidikan antara lain 43 TK, 36 SD, 8 SMP, serta 10 SMU dan SMK. Fasilitas kesehatan meliputi Puskesmas, Rumah Sakit Swasta Dan Poliklinik.

Profesi masyarakat Kesamben bervariasi antara lain sebagian guru, pegawai instansi pemerintah, petani, tetapi banyak juga yang berprofesi sebagai pedagang karena Kesamben merupakan jalur lalu lintas utama yang menghubungkan antara Blitar dengan Malang. Lokasi yang strategis sangat menguntungkan masyarakat tersebut untuk melakukan berbagai aktivitas perekonomian.