Kademangan, Blitar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kademangan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenBlitar
Pemerintahan
 • CamatDarmadi, S.Sos. M.Si.
Populasi
 • Total72,829 jiwa
Kode Kemendagri35.05.04 Edit the value on Wikidata
Luas105,11 km²

Kademangan (Hanacaraka:ꦏꦼꦕꦩꦠꦤ꧀ꦏꦢꦼꦩꦔꦤ꧀, Pegon: کٚچَامَتَنْ کَادٚمَاڠَنْ) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Di utara kecamatan Kademangan terdapat sungai Brantas yang memisahkan antara wilayah Blitar selatan dan utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peninggalan sejarah[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan ini ditemukan berbagai macam benda bersejarah seperti arca Ganesha yang terletak di sebelah utara jembatan Sungai Brantas, Kekunaan jimbe yang terletak di desa Jimbe yang merupakan desa paling barat di kecamatan Kademangan yang berbatasan langsung dengan kabupaten Tulungagung yang juga menyimpan banyak arca-arca peninggalan sejarah zaman dahulu,

Ditilik dari sejarahnya, Situs Jimbe sudah eksis sejak zaman Kerajaan Singhasari atau Singosari di bawah kepimpinan Raja Kertanegara. Hal ini berdasarkan sebuah batu berangka tahun 1208 saka atau 1286 Masehi yang berada di dalam Situs. Dalam "Kakawin Nāgarakrtâgama" disebutkan bahwa Situs Jimbe pernah dikunjungi Raja Hayam Wuruk setelah dia berdoa di Candi Palah (Candi Penataran). Sehabis dari Palah, Hayam Wuruk mengunjungi Lawang Wentar (Candi Sawentar) kemudian diteruskan ke Situs Jimbe. Sehabis dari Jimbe, Hayam Wuruk melanjutkan perjalanan melintasi hutan–hutan di Lodaya yang masih asri dan mengagumi keindahan Pantai Selatan Blitar yang memukau. dan Candi Simping yang pernah menyimpan Arca Harihara sebagai perwujudan Raden Wijaya pendiri kerajaan Majapahit yang arcanya kini tersimpan di Museum Nasional Republik Indonesia.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dalam wilayah kecamatan Kademangan terdapat fasilitas sekolah antara lain:

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]