Mojosari, Mojokerto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mojosari
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenMojokerto
Pemerintahan
 • CamatH. Abdullah,SH,MM.
Luas28,85 km²
Kepadatan2.821,8 jiwa/km²
Desa/kelurahan14 Desa
5 Kelurahan

Mojosari adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat kecamatan ini berjarak 18 km sebelah timur Kota Mojokerto. Mojosari berada di Jalan Nasional Rute 24 yang menghubungkan kota Mojokerto dengan Kecamatan Gempol, Pasuruan.

Mojosari secara de facto merupakan ibu kota Kabupaten Mojokerto, dan saat ini banyak gedung pemerintahan yang dipindahkan dari Kota Mojokerto ke Mojosari. Mojosari merupakan salah satu kota kecil sebagai ibu kota kabupaten Mojokerto yang berada di kaki Gunung Welirang, berjarak sekitar 15 km utara Pacet. Mojosari sebagai kota Adipura memiliki keindahan kota yang berbeda dengan kota lainnya, pepohonan yang rindang, pot bunga di sepanjang jalan dan kebersihan kota yang terjaga dengan baik. Dengan begitu udara Mojosari sangat sejuk dan segar sehingga Mojosari disebut sebagai kota Mozart van Java. Budidaya peternakan itik petelur kualitas unggulan di Mojosari juga berkembang pesat dengan nama populer "Bebek Mojosari".

Stadion Gajah Mada yang juga markas klub sepak bola kabupaten Mojokerto, PS. Mojokerto Putra berada di Kota Mojosari. Di Mojosari terdapat Candi Bangkal, peninggalan dari kerajaan Majapahit.

Kota Mojosari adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, sebagai salah satu hasil pemekaran dari Kabupaten Mojokerto.

Kabupaten Mojokerto terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Dulu pusat pemerintahan berada tepat di Kota Mojokerto, tetapi kini banyak gedung dan kantor pemerintahan yang dipindahkan ke Kecamatan Mojosari sebelah timur Kota Mojokerto setelah Kota Mojokerto berdiri terpisah pada tanggal 20 Juni 1918.[butuh rujukan]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]