Kemlagi, Mojokerto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kemlagi
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenMojokerto
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri35.16.15
Kode BPS3516150
Luas- km²
Desa/kelurahan-


Kemlagi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduk Kemlagi mempunyai mata pencaharian sebagai Petani dan Pedagang. Sebagian lagi menjadi Sopir, Peternak dan Pegawai Negeri Sipil. Mayoritas penduduk Kemlagi beragama Islam yang tergabung dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Di daerah ini terdapat beberapa Pondok Pesantren yang banyak menghasilkan mubaligh di desa Berat Kulon.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Banyak sekali aneka ragam makanan khas daerah kemlagi diantaranya adalah tahu dan kerupuk Solet. Di daerah ini juga masih terdapat budaya jawa yang sudah jarang ditemui, yaitu Ludruk, Wayang Kulit, Kerawitan, Kuda Lumping dan lain-lain. Dahulu sekitar tahun 1980-an, Kecamatan ini masih terasa sejuk karena masih banyak tempat yang masih alami. Dengan berkembangnya ekonomi saat ini sudah banyak didirikan pemukiman penduduk yang membuat daerah ini menjadi kurang asri lagi.

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

Terdapat pula tempat wisata Danau Tanjungan yang berada di desa Tanjungan dan beberapa tempat lain seperti Gunung Gambar dan Gunung Kendil. Maestro Keroncong Indonesia, Kusbini (alm.) dilahirkan di Kecamatan Kemlagi

Wilayah administrasi[sunting | sunting sumber]

Kemlagi memiliki cukup banyak wilayah desa antara lain: Sumbergayam - Pandankrajan, Mojodowo, Mojowates Rejo, Mojowono, Dukuan Kemlagi, Mojogebang, Mojopilang, Mojowiryo, Mojojajar, SumberSari, Berat Kulon, Mojodadi, Mojokumpul, Mojorejo, Sukomulyo, dan Japanan.

Desa Sumbergayam terletak di wilayah utara Kecamatan Kemlagi, yang masuk dalam wilayah Kelurahan Pandankrajan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]