Jember (kota)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kota Jember
Transkripsi lain
 • Hanacarakaꦗꦼꦩ꧀ꦧꦼꦂ
 • Abjad Pegonجمبر
 • Ejaan LamaDjember
Kantor Bupati Jember fhdr.jpg
Kantor bupati Jember pada malam hari
Julukan: 
Kota Karnaval
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenJember
Kecamatan3
Kelurahan22
DemonimBumi Pandhalungan
Demografi
 • Bahasa
Zona waktuUTC+7 (WIB)
Kode Pos
68100
Plat kendaraanP
Situs webhttps://jemberkab.go.id/

Kota Jember (Jawa: ꦗꦩ꧀ꦧꦼꦂ, Pegon: جمبر) adalah Ibu kota dari Kabupaten Jember yang secara administrasi berada di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Kaliwates, Patrang, dan Sumbersari. Kota Jember berada di tengah-tengah wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Kota Jember dahulu bernama Kecamatan Jember dan menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Jember dan Kota Administratif Jember. Kemudian Kecamatan Jember dihapus dengan dasar Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1976 tanggal 19 April 1976 dan dipecah menjadi 3 kecamatan yaitu Kecamatan Kaliwates, Kecamatan Patrang dan Kecamatan Sumbersari. Ketiga kecamatan tersebut tetap menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Kabupaten Jember.

Kota ini terletak sekitar 1008 km dari Jakarta, 510 km dari Semarang, 198 km dari Surabaya dan 114 km dari Banyuwangi.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Kota Jember dianggap sebagai kota yang tak otonom karena secara hukum masih di bawah pemerintah daerah Kabupaten Jember sebagai pusat pemerintahan. Secara administratif, Kota Jember terbagi menjadi 3 kecamatan dengan 22 kelurahan. Karena letaknya yang ditengah-tengah daerah Tapal Kuda Provinsi Jawa Timur menjadikan Jember sebagai tempat yang strategis dari beberapa kantor perwakilan pemerintah. Seperti Kantor perwakilan Bank Indonesia Jember, Kantor Pusat Telkom Indonesia untuk wilayah JATIM Timur, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), KPKNL, Kantor Pos Besar Jember, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember, Kantor Pusat PT KAI Daerah Operasi IX Jember (Daop IX Jember), Kantor PJR Induk JATIM V, dan Kantor Badan Koordinasi Wilayah dan Pemerintahan Jawa Timur V (BAKORWIL V) Jember.

Kecamatan di Kota Jember
Nama kecamatan Ibu kota kecamatan Jumlah kelurahan Nama Kelurahan
Kaliwates Mangli 7
Patrang Patrang 8
Sumbersari Karangrejo 7

Geografi[sunting | sunting sumber]

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas Kota Jember adalah:

Utara Kecamatan Arjasa
Timur Kecamatan Pakusari
Selatan Kecamatan Ajung
Barat Kecamatan Sukorambi

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kota Jember terkenal sebagai kota pendidikan terbesar ke-3 di Jawa Timur setelah Kota Surabaya dan Kota Malang. Dengan banyaknya Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang tersebar di 3 kecamatan di Kota Jember. Beberapa diantaranya adalah:

Perguruan tinggi
Nama universitas/perguruan tinggi Kecamatan
Sumbersari
Kaliwates
Patrang

Kota Karnaval[sunting | sunting sumber]

Jember Fashion Carnaval 2018.

Kota Jember terkenal dengan sebutan Kota Karnaval dengan Jember Fashion Carnaval (JFC) sebagai icon utama Karnaval Jember yang sudah dikenal wisatawan lokal dan mancanegara. JFC juga sudah masuk dalam karnaval terbesar ke-3 dunia dan menjadi fashion street terpanjang di dunia sepanjang 3,5 km. JFC biasanya digelar pada bulan Agustus bersamaan dengan event BBJ (Bulan Berkunjung Jember) yang didalamnya juga digelar festival multievent di Kota Jember. JFC dimulai dari Alun-Alun Jember dan berakhir di GOR Kaliwates Jember.