Goa Sakti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gua Sakti)
Lompat ke: navigasi, cari
Goa Sakti
Gua Sakti.JPG
Goa Sakti
Goa Sakti berlokasi di Indonesia
Goa Sakti
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Jepara.
Negara  indonesia
Koordinat 6°07′36″LS 110°24′00″BT / 6,1268°LS 110,4°BT / -6.1268; 110.400Koordinat: 6°07′36″LS 110°24′00″BT / 6,1268°LS 110,4°BT / -6.1268; 110.400
Pengelola Pemdes Plajan
Jenis objek wisata Goa
Gaya Alami

Goa Sakti adalah gua yang terdapat di Desa Plajan. Goa Sakti[1] ini di sebabkan oleh aktivitas alami pada tanah yang kemudian membentuk sebuah lubang besar. Terdapat pula cerita mengenai Mbah Langkir yang bertapa di daerah tersebut sampai akhir hayatnya dan membentuk sebuah lubang besar.[2]. Goa ini juga diberi julukan Guo Lowo (Goa Kelelawar) karena pernah menjadi sarang kelelawar dalam periode waktu yang cukup lama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Goa yang terjadi secara alami ini, sampai pada saat sekarang belum ada yang mampu memprediksi sejak kapankah terjadinya lubang itu, hanya dalam legenda yang menjadi cerita rakyat bahwa lubang tersebut adalah tempat Mbah Langkir bertapa sampai akhir hayatnya (Moksa) hilang jiwa dan raganya। Maka lubang tersebut diberinama Goa Langkir. Seiring berjalannya waktu Goa itu juga pernah jadi tempat bersarangnya kelelawar (Lowo) dengan jangka waktu yang cukup lama maka para pendatang kemudian memberi julukan Guo Lowo (Goa Kelelawar), dan juga pernah dihuni oleh sekelompok Burung Dadali namun waktunya relatif singkat. Kenapa sekarang dinamakan Goa Sakti[3], Singkat cerita pada kala itu ada seorang seniman yang bernama Mbah Kartawi dia adalah salah satu seniman Emprak Dan Reog Barongan Desa Plajan yang pada masanya sangatlah tersohor, konon setiap kali mau ada pentas dia selalu membawa barongannya ke Goa untuk disemedikan selama berhari-hari di dalam Goa tersebut, karena dengan disemedikannya barongan tersebut akan dapat menambah energi mistis bagi barongan itu sendiri dlm setiap kali pertunjukannya dan seolah-olah dapat membius para penonton hingga terbuai dalam pementasan barongan yang di adakan oleh Mbah Kartawi. Dulu juga banyak orang-orang yang datang ke Goa[4] tersebut guna melakukan ritual (Ziarah) pada saat mereka berziarah itu mereka melihat keanehan-keanehan yang terjadi di sekitar Goa, namun sekarang tidak lagi di gunakan sebagai mistis atau ziarah tetapi sekarang dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga inilah mengapa julukan-julukan atau nama-nama yang terdahulu tidak lagi dipakai dan diganti dengan nama Goa Sakti.

Wahana[sunting | sunting sumber]

  • Goa Sakti
  • Taman Jamur
  • Wahana Air Kedung Winong

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Goa Sakti terletak di daerah administratif kabupaten Jepara. Tepatnya di desa Plajan, Pakis Aji, Jepara, Kecamatan Pakis Aji. Sekitar 11 kilometer dari pusat kota Jepara.

Akses[sunting | sunting sumber]

Jalan menuju lokasi goa cukup mudah. Anda dapat membawa kendaraan roda dua atau roda empat jika ingin pergi ke Goa Sakti. Keadaan jalanannya masih baik sehingga dapat menambah kenyamanan dalam berkendara.

Panorama Alam[sunting | sunting sumber]

Jika anda berkunjung ke Goa Sakti anda akan mendapat suguhan pemandangan yang dapat menentramkan hati. Alam yang belum dijamah membuat daerah sekitar tempat tersebut masih asri dan sejuk. Anda juga dapat menemukan tetesan air di dalam gua Sakti tersebut. Selain itu di sekitar tempat goa berada ada beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk bersantai. Selain menikmati pemandangan, anda juga dapat melakukan foto selfie berlatar belakang gua yang unik tersebut. Atau jika anda berani, anda dapat memasuki dan menelusuri goa Sakti.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]