Cormac McLaggen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cormac McLaggen dalam film Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran.

Cormac McLaggen adalah karakter fiksi dalam seri Harry Potter karangan J.K Rowling. Dia adalah salah satu keeper cadangan dalam tim Quidditch pada tahun keenam Harry. Cormac McLaggen adalah penghuni Gryffindor yang satu tahun lebih tua dari Harry (seangkatan dengan Katie Bell dan Cho Chang). Ia diperkenalkan kepada pembaca pertama kali dalam perjalanan di atas Hogwarts Express menuju Hogwarts.

Cormac McLaggen memiliki karakter yang kasar, ambisius, dan tidak segan-segan bertindak kekerasan pada orang yang menghalangi langkahnya. Digambarkan dalam Harry Potter and the Half-Blood Prince, Cormac tidak pernah bisa menghargai orang lain sehingga tidak disukai banyak orang.

Ketika Harry mengadakan uji coba pertamanya sebagai Kapten Tim Quidditch Gryffindor, McLaggen mencoba posisi sebagai Kiper. Harry tidak menyukai sikap McLaggen yang nge-bos dan sombong. Tetapi McLaggen tampil bagus dalam uji coba sampai ia dimantrai oleh Hermione Granger dengan Mantera Confundus, sehingga menyebabkan McLaggen tidak dapat menangkap bola terakhir dan Ron-lah yang terpilih sebagai Kiper utama Gryffindor. McLaggen tidak dapat menerima kekalahan itu dan menuduh Ginny Weasley memberikan bola yang terlalu mudah untuk kakaknya. Harry menepis anggapan itu dan mengatakan bahwa justru bola Ginny-lah yang paling sulit.

Ketika Ron tidak dapat bermain, McLaggen menggantikannya sebagai Kiper. Hal ini menjadi malapetaka untuk Gryffindor karena McLaggen tak henti-hentinya berperan sebagai kapten dan menyuruh anggota timnya melakukan ini-itu sehingga ia mengabaikan tugas utamanya sebagai Kiper. Puncaknya adalah ketika ia memukul Bludger ke arah Harry dan membuatnya tak sadarkan diri. Gryffindor kalah telak 60-320, membuat McLaggen semakin tidak populer. Setelah Harry siuman ia mengatakan secara main-main bahwa ia hendak membunuh McLaggen.

McLaggen adalah anggota Klub Slug milik Horace Slughorn karena pamannya, Tiberius (kemungkinan Tiberius Ogden, salah satu tetua yang Wizengamot yang mengundurkan diri sebagai protes terhadap Kementerian dalam Harry Potter and the Order of the Phoenix, biarpun hal ini tidak dikonfirmasikan lebih lanjut). McLaggen juga ambil bagian dalam kampanye Hermione membuat jengkel Ron karena Ron berkencan dengan Lavender Brown, Hermione membiarkan menyanggupi ajakan McLaggen untuk menemaninya ke Pesta Natal Slughorn. Tapi Hermione segera saja merasa sebal karena kelakuan McLaggen yang agresif dibawah mistletoe dan obrolannya yang tidak habis-habisnya soal Quidditch sehingga Hermione menghabiskan malam itu dengan kucing-kucingan untuk menghindari McLaggen.

Cormac diperankan oleh Freddie Stroma di Harry Potter and the Half-Blood Prince, Harry Potter and the Deathly Hallows – Bagian 1 dan Bagian 2. Di film terakhir, ia berpartisipasi dalam Pertempuran Hogwarts sebagai anggota Laskar Dumbledore[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]