Cinta yang Hilang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cinta yang Hilang
GenreDrama
PembuatMNC Pictures
PengarangAviv Elham
Sabrina Abigail
Tisa TS
SutradaraDoddy Djanas
PemeranCitra Kirana
Jonathan Frizzy
Ririn Dwi Ariyanti
Baim Wong
Alwi Assegaf
Audrey Junicka
Olivia Jensen
Fendy Chow
Aditya Herpavi
Suheil Bisyir
Helmalia Putri
Oding Siregar
Imas Tamborin
Penggubah lagu temaJudika (14 Mei 2018-30 Juni 2019)
Anji (1 Juli 2019-23 Juli 2019)
Lagu pembukaJadi Aku Sebentar Saja - Judika (14 Mei 2018-30 Juni 2019)
Menunggu Kamu - Anji (1 Juli 2019-23 Juli 2019)
Lagu penutupJadi Aku Sebentar Saja - Judika (14 Mei 2018-30 Juni 2019)
Menunggu Kamu - Anji (1 Juli 2019-23 Juli 2019)
Negara Indonesia
BahasaBahasa Indonesia
Jumlah episode589 (daftar episode)
Produksi
ProduserMasagus Fahri Fahrudin
M. Abul Laits
Reno Marciano
LokasiJakarta
Durasi105 Menit (22.45 - 00.30 WIB)
Rumah produksiLogo-mnc-pictures.png
(MNC Pictures)
DistributorMNCMedia2015.png
(Media Nusantara Citra)
Rilis
Jaringan penyiarRCTI logo 2015.svg
(RCTI)
Format visualHDTV 1080p 16:9
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Tayang perdanaSenin, 14 Mei 2018Selasa, 23 Juli 2019 (Tamat)
Tanggal rilisSenin, 14 Mei 2018 –
Selasa, 23 Juli 2019 (Tamat)
Kronologi
Dilanjutkan olehRindu Tanpa Cinta
Pranala luar
[www.mncpitures.com Situs web]

Cinta yang Hilang merupakan sinetron Indonesia untuk menyambut Ramadhan 2018, disutradarai oleh Doddy Djanas diproduksi MNC Pictures yang ditayangkan di RCTI. Sinetron ini ditayangkan perdana Senin, 14 Mei 2018 sampai dengan episode terakhir hingga tamat ditutup Selasa, 23 Juli 2019 dengan jumlah 589 episode dan digantikan oleh Rindu Tanpa Cinta dari Rabu, 24 Juli 2019. Lagu temanya berjudul Jadi Aku Sebentar Saja yang dinyanyikan oleh Judika pada episode 1 hingga 566, dan Menunggu Kamu oleh Anji pada episode 567 hingga 589.

Sejak Kamis, 14 Februari 2019, Ratna Galih pemeran utama Mira meninggal dunia, dan karakter utama digantikan oleh Dewi (Citra Kirana). Sejak saat yang sama, peran utama Mira memutuskan untuk mengundurkan diri dari sinetron tersebut karena kondisi yang akan memiliki calon bayi. Peran utama di sinetron ini digantikan oleh aktris terkenal Citra Kirana pemeran utama Dewi pada episode 400 hingga 589.

Sejak Jumat, 7 Juni 2019, sinetron ini pindah jam tayang dari yang sebelumnya pukul 20.00 WIB ke 22.00 WIB. Sinetron ini bertukar posisi dengan sinetron Dunia Terbalik yang sebelumnya jadi penghuni slot tayang stasiun ini pukul 22.00 WIB pada episode 545 hingga 589.

Sejak Senin, 1 Juli 2019, sinetron ini berganti lagu tema berjudul Menunggu Kamu yang dipopulerkan oleh Anji pada episode 567 hingga 589.

Kru[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Diceritakan setahun setelah meninggalnya Mira (Ratna Galih), Yudha dan Raffi tampaknya kini mulai sama-sama menemukan pilihan hati mereka.

Yudha (Tedy Syach) bersama Ilham (Alwi Assegaf) dan Indah (Audrey Junicka) tengah berada di sebuah kapal. Sepertinya mereka hendak pergi ke suatu tempat.

"Sudah setahun ibu pergi meninggalkan kami untuk menghadap Allah, ilham yakin ibu sudah bahagia disana," bisik Ilham dalam hati.

Cuplikan pun beralih dengan seorang anak kecil seumuran Indah berlari membawa membawa balon warna warni.

Tiba-tiba bocah kecil mengenakan baju berwarna merah muda itu terpeleset dan hampir jatuh.

Ternyata bocah kecil itu merupakan Annisa (Ciara Brosnan), anak dari Dewi (Citra Kirana).

Beruntungnya Yudha datang menarik tangan Annisa dan menyelamatkannya. Saat menyelamatkan Annisa inilah Yudha akhirnya bertemu dengan Dewi. Keduanya sempat saling bertatapan.

Sepertinya sejak pertemuan mereka itu, Yudha mulai merasakan ada yang aneh. Ia mulai merasakan getaran dalam hatinya saat mengingat sosok Dewi.

Ilham dan Indah sengaja datang ke kantor ayah sambungnya, Raffi (Jonathan Frizzy) untuk bertemu seusai pulang sekolah. Keduanya diantar sang bu guru yang baik hati yakni Tari (Ririn Dwi Ariyanti).

"Wah papa senang sekali kalian samperin ke kantor," ujar Raffi sambil menyambut dan memeluk kedua anak Mira tersebut.

"Indah kesini karena diajak bu guru cantik pa, ibu guru cantik sama kayak ibu, ga lupa ngasih bekal papa raffi dikantor," ucap Indah.

Mendengar pernyataan Indah, Raffi dan Tari hanya terdiam dan terpaku saling memandang.

Apakah Yudha akan bersama dengan Dewi, sedangkan Raffi akan bersatu dengan Tari?

Cinta yang Hilang Finale[sunting | sunting sumber]

Cinta yang Hilang Finale merupakan akhir dari Cinta yang Hilang, yang merupakan episode terakhir dari season terakhir Cinta yang Hilang.

Sinetron Cinta yang Hilang tamat di RCTI. Episode 589 menjadi episode terakhir Sinetron Cinta yang Hilang yang tayang pada Selasa 23 Juli 2019. Sinetron yang tayang di RCTI mulai hari Senin, 14 Mei 2018 ini berakhir dengan kisah bahagia. Raffi, Tari, Ilham dan Indah akhirnya bisa bersama kembali sebagai keluarga yang berbahagia.

Sinetron Cinta yang Hilang ratingnya memang merosot jauh dari sebelumnya. Sebelumnya sinetron Cinta yang Hilang sempat menjadi sinetron dengan rating teratas dan bahkan penah menjadi nomor satu. Kehilangan bintang utamanya seperti Ratna Galih dan Teddy Syah turut membuat sinetron ini ditinggal penontonnya. Apalagi terakhir RCTI menempatkan sinetron ini pada jam tayang malam sekitar pukul 22.30 WIB yang dianggap terlalu malam bagi penontonnya.

Sekilas cerita terakhir episode terakhir Sinetron Cinta yang Hilang menceritakan tentang kembalinya ingatan dari Indah. Keluarga Raffi berusaha membantu sembuhnya amnesia Indah. Indah dibuat menonton video untuk membantu ingatan Indah. Namun tiba-tiba ketika Indah mulai mengingat masa lalunya, Indah menjadi gelisah dan tiba-tiba lari ke jalan. Tanpa sengaja Indah diserempet motor dan jatuh pingsan. Untungnya Indah tidak apa-apa. Namun ketika bangun Indah malah jadi meningat semuanya. Indah sembuh dan ingatannya menjadi normal.

Midah diterima bekerja sebagai manager di kafe yang dimiliki keluarga Raffi. Sementara itu Adrian melihat kebahagiaan Dewi dan Radit. Adrian tidak mau merusak keahagiaan mereka walau Adrian sangat menyukai Dewi.

Reno datang menemui Adrian, kakaknya Cinta untuk menyatakan keseriusannya terhadap Cinta. Mulanya Adrian menolak terutama karena dendamnya terhadap Reno. Adrian menggangap Reno lah penyebab kematian ibunya di masa lalu. Namun akhirnya Adrian sadar dan melupakan dendamnya terhadap Reno demi kebahagiaan adiknya Cinta. Adrian merestui hubungan Reno dan Cinta.

Radit dan Dewi akhirnya syah menikah. Sebelumnya Dewi khawatir takut penikahannya gagal seperti dua pernikahan sebelumnya namun akhirnya Dewi yakin akan cinta Radit dan mereka menikah.

Beberapa bulan kemudian. Tari akhirnya melahirkan bayinya. Setelah melahirkan anak Tari dan Raffi kembar lelaki dan perempuan. Mereka sangat bahagia dengan kelahiran anggota keluarga baru mereka.

Di episode terakhir penutup, Terakhir keluarga Raffi, Tari, Ilham, Indah, Gilang, Radit, Dewi, Reno, Cinta dan lain lain berkumpul bersama dan menjadi keluarga bahagia.

TAMAT

Sinetron Cinta yang Hilang tamat di RCTI pada Episode 589. Sebagai gantinya RCTI menayangkan sinetron baru berjudul Rindu Tanpa Cinta yang tayang mulai Rabu, 24 Juli 2019.

Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

Tokoh lainnya[sunting | sunting sumber]

Pemeran Musiman/Tidak Muncul Lagi[sunting | sunting sumber]

Jam tayang[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2018 Silet Awards 2018 Sinetron Tersilet Cinta Yang Hilang Menang
Kategori Aktris Tersilet Ratna Galih Menang
Kategori Aktor Tersilet Jonathan Frizzy Menang
Pasangan Sinetron Tersilet Mira & Raffi (Ratna Galih & Jonathan Frizzy) Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]