Ogah Rugi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ogah Rugi
Poster Ogah Rugi.jpeg
Poster resmi
Genre
PembuatMNC Pictures
Penulis skenarioSyarif Usman
SutradaraIip S. Hanan
Pemeran
Penata musikJoseph S. Djafar
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode144 (daftar episode)
Produksi
ProduserMuhammad Ramdani
SinematografiAgung Panji Kartika
Penyunting
  • Dadang Ridwan
  • Nugraha S. Persada
  • Anggang
  • Jokotris
KameraMulti-kamera
Rumah produksiMNC Pictures
DistributorMNC Media
Rilis
Jaringan asliRCTI
Tanggal tayang asli2 September 2019 (2019-09-02) –
24 Januari 2020 (2020-01-24)
Pranala luar
Situs web produksi

Ogah Rugi adalah sinetron Indonesia produksi MNC Pictures yang ditayangkan perdana 2 September 2019 pukul 12.00 WIB di RCTI.[1] Sinetron ini disutradarai oleh Iip S. Hanan dan dibintangi oleh Rifky Balweel, Julian Kunto, dan Ence Bagus.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ogah Rugi berkisah tentang kehidupan 3 orang sopir angkot yang berusaha bertahan hidup di tengah maraknya mode transportasi modern yang lebih menarik minat penumpang.

Di tengah-tengah maraknya mode transportasi online, masa depan angkot semakin suram. Di dalam kondisi seperti itu, Sodikin (Julian Kunto), Jamil (Rifky Balweel), dan Rustam (Ence Bagus) terus bertahan menjadi sopir angkot untuk mewujudkan cita-cita mereka. Mereka tak bisa pindah ke transportasi online karena mereka tak memiliki mobil sendiri.

Sodikin adalah laki-laki yang merindukan ingin punya anak. Karena istrinya, Sopiah (Aida Demimor) tak bisa memberinya keturunan. Secara sembunyi-sembunyi, Sodikin menikah untuk yang kedua kalinya. Istri keduanya adalah janda tanpa anak yang bernama Neneng (Kenya Nindia). Dari Neneng pun, Sodikin tak mendapat keturunan.

Jamil punya cita-cita ingin memiliki kendaraan pribadi yang kelak bisa ia jadikan sebagai taksi online atau angkot. Ia juga ingin menyekolahkan putranya yang bernama Saddam (Albian Oxa) hingga sarjana. Itulah cita-cita yang membuatnya terus bertahan sebagai sopir angkot.

Rustam punya cita-cita ingin memiliki restoran pribadi. Sebagai orang Minang, ia merasa sangat pandai memasak. Angkot adalah jembatan baginya untuk mewujudkan cita-cita.

Kehidupan monoton ketiga sopir angkot itu tiba-tiba berubah suatu hari ketika Jamil mendapatkan penumpang seorang wanita cantik yang membawa anak bayi berumur 8 bulan. Wanita yang bernama Yati (Josephine Firmstone) itu sangat misterius. Ia naik angkot Jamil untuk menemui seorang kawan, tapi kawannya itu sudah lama menghilang. Yati bingung tak tahu hendak ke mana membawa bayinya, ia tak punya sanak saudara atau pun tempat berteduh.

Yati tak punya suami. Hanya itu yang bisa ia ceritakan pada orang lain. Kondisi Yati itu membuat Sodikin lantas tertarik untuk mendekatinya karena Yati punya anak. Kalau ia bisa menikah dengan Yati, ia dengan sendirinya sudah punya anak. Sodikin terkadang sadar, jangan-jangan ia lah yang mandul bukan kedua istrinya.

Karena hidup Jamil yang sederhana, ia bukan hanya mencari uang untuk keluarganya, tapi juga untuk membantu biaya kuliah adiknya yang bernama Nabila (Asha Assuncao) dikarenakan kedua orangtua mereka sudah tak ada. Mustahil bagi Jamil untuk menambah beban hidupnya dengan mengurus Yati, tapi Jamil tak bisa lepas tangan begitu saja karena Yati adalah penumpangnya. Ia merasa bertanggung jawab atas Yati. Jamil yakin jika ia tak memperdulikan Yati, niscaya Sodikin akan mendekati Yati untuk dijadikan istri ketiga.

Rustam adalah orang yang selalu mengukur semuanya berdasarkan untung dan rugi. Ketika Jamil dan Sodikin bermaksud membantu Yati, Rustam tak tertarik sedikitpun. Tapi ketika Jamil mengatakan, “Gimana kalau bapak bayi Yati itu adalah pejabat tinggi? Orang penting? Orang kaya?." Rustam pun tergoda, ia melihat peluang untung dengan membantu Yati.

Akhirnya Sodikin, Jamil, dan Rustam bergotong royong membantu Yati untuk tujuan mereka masing-masing.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Rifky Balweel Jamil
Julian Kunto Sodikin
Ence Bagus Rustam
Rini Mentari Nunik
Shinta Putri Wulan
Kenya Nindia Neneng
Albian Oxa Saddam
Asha Assuncao Nabila
Joshua Ottay Rudi
Roby Tremonti Togop
Josephine Firmstone Yati
Mat Rozi Toyib
Elly Sugigi Ella
Fiki Alman Rambo
Lenny Charlotte

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Muntinanto, Wahyu. "Sinetron Ogah Rugi: Balada Sopir Angkot dan Gempuran Teknologi". Okezone.com. Diakses tanggal 27 Desember 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]