Shiva (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Shiva (serial animasi))

Shiva
GenreAksi
Petualangan
Komedi
Ditulis olehNiraj Vikram
Penggubah lagu temaSajid–Wajid
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
English
Tamil
Telugu
Bengali
Gujarat
Kannada
Indonesia
Malaysia
Marathi
Malayalam
Sinhala
Jmlh. musim7
Jmlh. episode411
Produksi
Durasi20 menit untuk beberapa episode di season 1-5 (12 menit untuk beberapa episode di season 5 hingga season 7 (sekarang))
Rumah produksi
  • Cosmos Entertainment
  • Maya Digital Studios
  • Viacom 18
  • Hi-Tech Animation
Rilis asli
Jaringan
  • Nickelodeon India (2016-2017)
    (2018-2020)
  • Nickelodeon Sonic (2016-2019) (2021)[1]
Format audioDolby Digital
Rilis09 November 2015 (2015-11-09) –
sekarang

Shiva adalah serial televisi aksi animasi India yang ditayangkan di Nickelodeon.[2] Serial yang diproduksi oleh Cosmos-Maya dan Viacom18. Ini adalah salah satu acara televisi dengan rating tertinggi di India. Acara ini juga populer di Bangladesh dan banyak negara-negara di Asia

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Shiva adalah seorang anak kecil yang tinggal bersama kakek dan neneknya di sebuah kota fiksi bernama Kota Vedas, kota yang setiap hari ada penjahat di India. Walau dirinya masih kecil, Shiva sudah menjadi superhero yang banyak mengalahkan penjahat yang ingin menghancurkan kedamaian di kotanya. Shiva menghadapi banyak penjahat yang mencoba menyakiti atau merusak kedamaian setiap orang, harta benda maupun pemilik kota itu. Shiva berkelahi dengan penjahat menggunakan sepeda teknisnya yang bisa terbang dan mengapung di atas air layaknya speedboat. Dia sering menjalankan menggunakan remote saat jatuh atau saat berkelahi.

Shiva dibantu dengan 3 orang temannya dan juga dibantu dengan seorang inspektur yang bernama Ladoo Singh untuk membantu dalam pertarungannya tapi selalu kalah. Setelah penjahat kalah, penjahat tersebut dimasukkan ke dalam penjara oleh inspektur Ladoo Singh. Berkat keberanian Shiva dan kawan-kawannya, mereka selalu diberi penghargaan dari Pemerintah India.

Shiva memiliki motto yaitu "Jangan panggil aku anak kecil, Paman. Aku Shiva, Namaku adalah Shiva".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nickelodeon strengthens Sonic with 'Shiva'; plans 70-80 hrs of original content". Indian Television Dot Com. 21 April 2016. 
  2. ^ "Nickelodeon's 'Shiva' is highest rated kids show in India". Indian Television Dot Com. 13 December 2015. Diakses tanggal 16 November 2016.