Jugal Hansraj

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jugal Hansraj (lahir 26 Juli 1972 ) adalah seorang aktor dan sutradara India, yang berbasis di Mumbai .

Hansraj memulai kariernya sebagai seorang anak pada tahun 1983 Film Masoom, yang dibintangi Naseeruddin Shah dan Shabana Azmi . Film ini adalah tentang seorang anak 9 tahun yang ibu tiri itu tidak mau menerima dia ke keluarga karena ia lahir dari hubungan di luar nikah . Masoom didasarkan pada Man ​​, Perempuan dan Anak, novel karya Erich Segal . Film ini memiliki respon yang positif dan meluncurkan karier Hansraj itu . Kemudian, ia melanjutkan kariernya sebagai aktor anak di Karma dan Sultanat . Hansraj juga tampil sebagai model untuk TV dan media cetak sebagai seorang anak . Dia muncul dalam kampanye iklan terkemuka seperti Vicks VapoRub, Saffola, Nutramul .

Dia mulai berkarier sebagai orang dewasa dengan Aa Gale Lag Jaa pada tahun 1994, di mana ia dipasangkan dengan Urmila Matondkar, yang notabene bermain adiknya dalam film pertamanya Masoom . Film kedua adalah Papa kehte Hai pada tahun 1995 berlawanan Mayuri Kango . Film ini juga dibintangi Anupam Kher . Tahun 2000 film Mohabbatein, yang juga menampilkan Shahrukh Khan dan Amitabh Bachchan, adalah film yang terobosan dewasanya . Dia kemudian memainkan peran kecil dalam sukses 2001 multi- dibintangi Kabhi Khushi Kabhie Gham ; 2005 hit Salaam Namaste ; dan film 2007 comeback Madhuri Dixit itu, Aaja Nachle .

Ia menjabat sebagai penulis dan sutradara untuk 2008 animasi komputer Film Roadside Romeo . Diproduksi bersama oleh Yash Raj Films dan Walt Disney Studios, dibintangi suara Saif Ali Khan, Kareena Kapoor dan Javed Jaffrey . Ini memenangkan National Film Award dari Presiden India sebagai Sutradara Terbaik ( Animasi Film ), Film Terbaik ( Film Animasi ) dan Penghargaan Teknis untuk Best Animation . Hal ini juga memenangkan Best Animation Film di Cairo International Film Festival, dinilai oleh juri internasional dari anak-anak . Urutan lagu dari film ini juga dinominasikan untuk Visual Effects Masyarakat Awards di Los Angeles untuk Best Animated Urutan bersama urutan dari Wall- E dan Kung Fu Panda . Hal ini juga memenangkan penghargaan untuk Best Animation Film dan Sutradara Terbaik ( Film Animasi ) pada Awards Screen, India dan pada Frames FICCI . Pada bulan Juni 2012, Hansraj diundang oleh Film Victoria untuk menjadi tuan rumah sesi Master Class di Indian Festival Film Melbourne . Sesi ini adalah tentang masalah animasi di India dan pengalamannya dalam membuat fitur animasi pertama di India, dan kemungkinan co - produksi antara India dan Victoria Negara untuk fitur animasi .

Film kedua sebagai sutradara adalah sebuah komedi romantis Pyaar Impossible ( Januari 2010) . Ini diproduksi oleh Yash Raj Films dan membintangi salah satu bintang utama wanita Priyanka Chopra bersama Uday Chopra .

Filmography[sunting | sunting sumber]

Year Film Role Other notes
1983 Masoom Rahul D. Malhotra
1984 Jhutha Sach Bhisan "Binny
1986 Sultanat Young Boy who joined Sultan
1986 Karma Rana's Son
1987 Loha Nawab Hassan Ali
1994 Aa Gale Lag Jaa Suraj Debut in a leading role.
1995 The Don Vijay
1996 Papa Kehte Hai Rohit Dixit
1997 Gudgudee Singer
2000 Mohabbatein Sameer
2001 Kabhi Khushi Kabhie Gham... Rohan's Friend Guest Appearance
2002 Hum Pyar Tumhi Se Kar Baithe Vishwas
2003 Karishma - The Miracles of Destiny Kunal TV mini series
2005 Soggadu Chandu
Salaam Namaste Jignesh
2007 Aaja Nachle Sanjay Mehra
2008 Yahan Ke Hum Sikandar Post production
2010 Pyaar Impossible Cameo Role
2013 Yeh Hai Aashiqui Saurab TV mini series

Director[sunting | sunting sumber]

Year Film
2008 Roadside Romeo
2010 Pyaar Impossible