Masakan Yordania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sepiring besar mezze Yordania di Petra, Yordania.

Masakan Yordania adalah persiapan makanan bergaya tradisional yang berasal dari atau yang biasa digunakan di Yordania, yang telah berkembang selama berabad-abad melalui perubahan sosial dan politik.

Ada berbagai teknik yang digunakan di masakan Yordania, mulai dari memanggang (kue), menumis dan memanggang (daging) hingga mengisi sayuran (wortel, daun, terong, dll.), daging, dan unggas. Selain itu dalam masakan Yordania juga terdapat teknik membakar atau mempersiapkan makanan dengan saus khusus.

Sebagai salah satu produsen terbesar buah zaitun di dunia,[1] minyak zaitun adalah minyak goreng utama di Yordania. Herbal, bawang putih, bawang bombai, saus tomat dan lemon merupakan rasa khas yang ditemukan di Yordania. Campuran rempah-rempah yang disebut za'atar[2] berisi herbal lokal bernama Sumac[3] yang tumbuh liar di Yordania. Yogurt biasanya disajikan bersama makanan dan merupakan bahan umum memasak, khususnya, jameed, berupa yogurt kering yang khas dalam masakan Yordania dan bahan utama dalam Mansaf[4][5] hidangan nasional dari Yordania[6][7] dan simbol kemurahan hati dalam kebudayaan Yordania.

Hidangan daging terkenal lainnya di Yordania Selatan terutama area Gurun Badui di Petra dan Wadi Rum adalah Zarb[8] yang disiapkan dalam oven yang disebut "taboon".

Makanan yang dikenal secara global yang merupakan makanan ringan harian di Yordania mencakup hummus, yakni kacang polong yang dihaluskan dan dicampur dengan tahini, lemon, bawang putih dan falafel. Mezze khas Yordania termasuk makanan seperti Kibbeh, labaneh, baba ghanoush, tabbouleh, zaitun dan acar. Roti, nasi, freekeh dan bulgur semua memiliki peran di masakan Yordania.

Makanan penutup populer mencakup baklava, knafeh, halva dan qatayef,  hidangan yang dibuat khusus saat bulan Ramadhan, selain buah-buahan musiman seperti semangka, buah ara dan kaktus pir yang disajikan di musim panas.[9]

Kopi Turki dan teh diberi mint atau sage hampir di seluruh Yordania. Kopi arab juga biasanya disajikan pada acara yang lebih formal.[10] Arak juga diminum bersama makanan.[11][12]

Tradisi dan budaya makanan[sunting | sunting sumber]

Masakan Yordania adalah bagian dari masakan Levantin dan berbagi banyak ciri-ciri dan kesamaan dengan masakan dari Lebanon, Palestina dan Suriah, sering dengan beberapa variasi lokal. Lebih umumnya, masakan Yordania dipengaruhi oleh hubungan historis dengan masakan Turki dan mantan Kekaisaran Utsmaniyah. Masakan Yordania juga dipengaruhi oleh masakan dari etnis-etnis yang telah tinggal di Yordania modern termasuk, Armenia, Sirkasia, Irak, Palestina, Suriah.[13][14]

Makanan adalah aspek yang sangat penting dari budaya Yordania. Di desa-desa, waktu makan merupakan acara komunitas dengan dihadiri oleh keluarga. Selain itu, makanan umumnya digunakan oleh bangsa Yordania untuk mengekspresikan keramahan dan kemurahan hati mereka. Orang Yordania melayani keluarga, teman, dan para tamu dengan penuh kebanggaan di rumah mereka; tidak peduli seberapa sederhana mereka. Bila diundang, anda diharapkan untuk tidak perlu membawa apa-apa dan menyantap segala yang disajikan.

Sebagian besar perayaan di Yordania sangat beragam dan meriah pada waktu yang sama. Setiap perayaan ditandai dengan hidangan masakan Yordania yang disebar dan disajikan kepada para tamu. Ada banyak pertemuan kecil tradisional di Yordania; bahkan dalam pertemuan tersebut makanan yang disajikan cukup banyak. Perayaan adat dengan perjamuan meliputi helatan pernikahan, kelahiran anak, pemakaman, ulang tahun dan acara keagamaan dan upacara nasional seperti Ramadhan dan hari kemerdekaan Yordania. Untuk merayakan kelahiran anak, Karawiya, puding rasa jintan biasanya disajikan untuk tamu.

Makanan Yordania[sunting | sunting sumber]

Hidangan utama[sunting | sunting sumber]

Freekeh dengan sayuran panggang


Name Deskripsi
Athan Al-Shayebm (أذان الشايب) Berarti 'telinga pria tua berambut abu' adalah pasta atau hidangan jiaozi. Setelah diisi dengan daging sapi giling dan rempah-rempah, adonan tipis terigu dimasak dalam Jameed dan disajikan panas dengan saus ini. Nama lainnya untuk hidangan ini adalah Shishbarak.
Bamya (بامية) Okra dimasak dengan saus tomat dan bawang bombay dan disajikan dengan nasi dan daging domba.
Burghul Ahmar (البرغل الأحمر) Bulgur dimasak dengan saus tomat dan disajikan dengan daging unggas.
Burghul Bzeit (برغل بالزيت) Bulgur dimasak dengan minyak zaitun dan disajikan dengan daging unggas.
Fasoulya Beyda (الفاصوليا البيضاء) Kacang navy dimasak dengan saus tomat dan disajikan dengan nasi.
Fasoulya Khadra (فاصوليا خضراء) Buncis dimasak dengan saus tomat dan disajikan dengan nasi..
Fatteh (الفتّه ) Tumpukan roti khubz, dibalur yogurt, kacang arab kukus dan minyak zaitun yang dihancurkan dan dicampur bersama-sama.
Freekeh (فريكة) Disajikan bersama daging unggas atau daging sapi. Daging digoreng dengan minyak lalu

dimasak dengan air, garam, dan kulit kayu manis. Kemudian ketumbar kering diaduk bersama freekeh dan dimasak.

Galayet Bandora (غالية بندورة) Tomat ditumis dan direbus dengan bawang putih, minyak zaitun, garam, dan di atasnya diberi kacang pinus, dapat disajikan dengan nasi tetapi lebih sering dimakan dengan roti di Yordania.
Kabsa (الكبسة) Terbuat dari campuran rempah-rempah, nasi (berbutir panjang, biasanya basmati), daging dan sayuran.
Kebab (كباب) Dipanggang atau dibakar: Juga dikenal sebagai Mashawi. Campuran daging panggang seperti Kebab dan Shish taouk.
Kofta b'bandoora (كفتة بالبندورة) Daging giling berbumbu yang dimasak dengan saus tomat dan disajikan dengan nasi.
Kofta b'tahini (كفتة الطحينة)

Daging giling berbumbu yang dipanggang di tahini, di atasnya diberi irisan tipis kentang dan kacang pinus dan disajikan dengan nasi.

Kousa Mahshi (كوسا محشي) Beras dan daging cincang diisi ke dalam zukini. Biasanya disajikan dengan ayam dan Wara 'Aynab (juga disebut Dawali).
Maftul (مفتول) Couscous besar seperti bola, kacang garbanzo dan potongan ayam dimasak dalam kaldu ayam.
Malfuf (ملفوف) Nasi dan daging cincang digulung dalam daun kubis.
Mansaf (المنسف) Hidangan nasional Yordania dan hidangan Yordania yang paling khas. Mansaf adalah hidangan tradisional yang terbuat dari domba dimasak dalam saus dari fermentasi yogurt kering disebut Jameed dan disajikan dengan nasi atau bulgur.
Maqluba (مقلوبة)

Kaserol yang terbuat dari lapisan nasi, sayuran dan daging. Setelah dimasak, panci diputar terbalik di atas piring saat disajikan, karenanya nama Maqluba diterjemahkan secara harfiah sebagai "terbalik".

Mujaddara (مجدرة) Lentil dan kaserol nasi ditaburi bawang bombay bakar.
Musaqa'h (مسقعة)

Berbagai variasi Levantin dari hidangan Mediterania yang dimasak di Yordania.

Mulukhiyah (ملوخية)

Daun spesies Corchorus yang digunakan sebagai sayuran.

Musakhan (مسخّن) Hidangan yang terdiri atas ayam bakar yang dipanggang dengan bawang, sumac, merica Jamaika, saffron dan kacang pinus goreng yang disajikan di atas roti taboon . Hidangan ini juga dikenal sebagai Muhammar (Arab: محمر).
Al-rashoof (الرشوف) Hidangan musim dingin yang terdiri dari tepung gandum kasar, lentil dan yogurt, populer di utara Yordania.
Stuffed Baby Lamb (محشوة الضأن الرضيع) Hidangan populer di Yordania, orang-orang menikmatinya sebagai makanan berat. Makanan ini terdiri dari daging domba panggang yang diisi nasi, bawang cincang, kacang-kacangan dan kismis.
Wara' Aynab/Dawali (Dolma) (ورق العنب) Daun anggur yang diisi dengan sayuran cincang berbumbu, daging dan nasi, dimasak dengan minyak zaitun. Kadang-kadang disebut Dawali.
Zarb (زارب) Barbekyu suku Badawi. Daging dan sayuran dimasak di lubang bawah tanah yang besar.

Mezze[sunting | sunting sumber]

Hummus, falafel, salad, acar dan khubz (pita). Sarapan khas Yordania, Ajloun, 2009.

Sejauh ini merupakan yang paling dominan dari gaya makan di Yordania, mezze adalah seleksi hidangan kecil yang disajikan sebagai makanan utama atau makanan penutup sebelum hidangan utama. Piring Mezze biasanya dikeluarkan sebelum hidangan utama.[15]

Dalam mezze khas Yordania, anda mungkin menemukan kombinasi hidangan berikut:

Nama Deskripsi
Salad Arab (سلطة عربية) Kombinasi berbagai bumbu dan sayuran.
Bagdonsyyeh (بجد نصيه) Peterseli dicampur dengan tahini dan sari lemon, biasanya disajikan dengan makanan laut.
Falafel (فلافل) Bola tepung kacang arab goreng dan rempah-rempah Timur Tengah. Dicelupkan dalam setiap mezze, khususnya hummus. Bola falafel Yordania dibuat dalam ukuran yang lebih kecil.
Ful medames (فول مدمس)

kacang kara yang dihancurkan, disajikan dengan berbagai macam topping seperti minyak zaitun, sari lemon, peterseli, cabai, sumac dan banyak lagi.

Fattoush (فتوش)

Salad yang terbuat dari potongan roti pita yang dipanggang atau digoreng, dikombinasikan dengan campuran sayuran hijau dan sayuran lainnya, seperti selada, lobak dan tomat.

Hummus (الحمص) Kacang arab direbus dan dilumat dengan pasta tahini, bawang putih, minyak zaitun, sari lemon dan mungkin atasnya diberi sedikit peterseli.
Halloumi (حلوم) Keju putih agak lembut. Tidak seasin dan sekering keju feta, namun mirip.
Khobbeizeh (خبزه) Malva kecil dimasak dengan minyak zaitun.
Kibbeh blabaniyyeh (كبه لبنيه) Campuran daging cincang dan bulgur yang mirip dengan kubbeh, tetapi direbus dalam Jameed Yordania.
Kibbeh Nayyeh (كبة نيئة) Campuran daging cincang dan bulgur yang mirip dengan kubbeh, namun dagingnya disajikan mentah.
Kibbeh (كبة) Daging cincang yang dibumbui kemudian dibungkus dengan bulgur dan digoreng.
Labaneh Jarashyyeh (لابنه جرشيه) Yogurt  lembut. Bertekstur kental sehingga dapat dioles di atas roti datar untuk membuat roti lapis.
Makdous (مكدوس) Terong berisi acar, untuk meningkatkan selera makan.
Manakish (مناقيش)

Adonan roti datar biasanyadi  atasnya diberi campuran Za'atar dan minyak zaitun.

Moutabal (متبل) Kentang atau terong bakar dengan bawang putih.
Minyak zaitun (زيت الزيتون) Salah satu pilar dari makanan Yordania. Untuk sarapan, orang Yordania mencelupkan roti datar ke dalam minyak zaitun, kemudian ke Za'atar..
Sayuran acar (خضروات مخللة)

Orang Yordania menikmati acar apa saja - wortel, lobak, mentimun, kembang kol, dan sayuran apapun yang laik untuk dijadikan acar.

Samosa (ساموسا) Bola adonan yang digoreng dan diisi dengan daging, kacang pinus dan bawan bombay.
Wara' Aynab (أوراق العنب)

Daun anggur diisi dengan sayuran dan daging cincang dan nasi.

Tabbouleh (تبولة) Hidangan vegetarian tradisional yang terbuat dari tomat, peterseli cincang halus, mint, bulgur dan bawang bombay yang dibumbui dengan minyak zaitun, sari lemon, dan garam. Beberapa variasi menambahkan bawang putih atau selada, atau menggunakan couscous bukan bulgur.
Za'atar (زعتر)

Campuran thyme dan biji wijen. Oregano, sage, atau sumac juga bisa dicampur ke dalamnya.

Zaitun (زيتون) Zaitun.
Baba ghanoush (بابا غنوج) Terong dicampur dengan bawang, tomat, minyak zaitun dan berbagai bumbu.
Yalanji (يعلنج)

Daun anggur yang diisi dengan nasi.

Tursu atau (Mokhalal) (طرشي)

Alkhdharat direndam dalam air dan garam dalam panci dan didiamkan di udara selama seminggu seperti: mentimun dan kubis, bunga terung, wortel, lobak, bawang, lemon, buah zaitun, cabai dan kacang.

Salad[sunting | sunting sumber]

Tabbouleh
Nama Deskripsi
Salad Arab (سلطة العربية) Salad yang terbuat dari tomat, mentimun, bawang merah, mint, minyak zaitun dan sari lemon.
Babba ghanoush (بابا غنوج) Terong bakar, dipotong-potong dan diberi tomat dan bawang bombay.
Fattoush (فتوش) Salad sayur cincang (misalnya tomat, mentimun, lobak, dll.) yang diberi roti datar goreng atau kering dan dibumbui dengan minyak zaitun, sari lemon dan sumac.
Olive salad (سلطة الزيتون) Wortel, paprika hijau, cabai dipotong dan diberi minyak zaitun.
Rocket salad (سلطة الصاروخية) Daun rucola (arugula, roket) di Yordania cukup besar, diberi dengan minyak zaitun dan lemon.
Tabbouleh (تبولة) Salad peterseli cincang halus dan mint yang diberi selada, tomat, bawang bombay dan dibumbui dengan minyak zaitun dan sari lemon.

Sup[sunting | sunting sumber]

Di Yordania, waktu makan biasanya dimulai dengan sup. Sup Yordania biasanya diberi nama setelah bahan utama seperti:

Nama Deskripsi
Sup adas (شوربة عدس) Disajikan panas. Lentil hijau, merah atau coklat dimemarkan dengan kaldu ayam atau daging dan beberapa jenis rempah-rempah. Bahan-bahan lain dapat meliputi sayuran seperti wortel, kentang, seledri, peterseli, dan bawang bombay.
Sup Freekeh (شوربة فريكة) Disajikan panas. Sup dengan Freekeh (gandum hijau), kaldu ayam atau daging dan beberapa jenis rempah-rempah.

Roti lapis[sunting | sunting sumber]

Nama Deskripsi
Ara ya (العرايس) Secara harfiah berarti pengantin, ara'yes adalah sandwich roti datar yang dipanggang dan berisi daging cincang berbumbu.
Falafel (فلافل) Roti tawar diisi atau dibungkus dengan falafel, hummus, tomat dan acar.
Managish (مناقيش) Roti taboon dengan bagian atas berupa za'atar dan minyak zaitun.
Mo'ajanat (ماجنة) Kue pai yang diisi dengan keju, bayam, za'atar atau daging sapi.
Sambusak (ساموسا) Bakso goreng yang diisi dengan keju atau daging dengan kacang pinus dan bawang bombay.
Sfiha (صفيحة) Roti datar yang diatasnya diberi daging sapi dan paprika merah.
Shawarma (الشاورما) Ayam atau daging berbumbu yang dicincang menjadi potongan-potongan kecil dan dibungkus dalam roti datar dan disajikan dengan sayuran, tahini dan saus pedas.

Roti[sunting | sunting sumber]

  • Abud: Roti tidak beragi dari suku Badawi Yordania yang dipanggang langsung di atas bara api.
  • Ka'ak: roti tradisional Yordania yang dibuat di daun besar atau berbentuk cincin dan dibubuhi biji wijen.
  • Karadeesh: roti tradisional Yordaniayang terbuat dari jagung.
  • Khubz (Pita): roti dengan kantong.
  • Taboon: roti datar yang digunakan dalam banyak masakan. Secara tradisional dipanggang dalam oven Taboon  dan dimakan dengan isian yang berbeda. Roti taboon, juga dikenal sebagai roti laffa, dijual sebagai makanan jalanan, diisi dengan hummus atau falafel.
  • Shrak: roti tradisional suku Badawi yang populer di Yordania. Roti dibuat sangat tipis sebelum dimasukkan ke wajan besi panas bernama Saj yang berbentuk seperti wok terbalik. Juga dikenal sebagai markook.[16]

Permen[sunting | sunting sumber]

  • Baklava: makanan penutup yang dibuat dengan lapisan tipis pastri filo yang diisi dengan kacang cincang dan dicelup dalam madu atau sirup.
  • Halva: Manisan Timur Tengah yang terbuat dari tepung wijen  dan susu yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya, biasanya dibuat dengan pistachio.
  • Knafeh: pastri keju dari filo yang direndam dalam sirup gula.
  • Qatayef: dumpling manis yang diisi dengan krim dan pistachio. Dikonsumsi selama bulan Ramadhan.

Minuman[sunting | sunting sumber]

  • Kopi arab (Gahwa Sada): berasal dari suku Badawi, terdiri dari kacang kopi yang dibakar di tanah dan kapulaga yang diiris tipis dan disajikan dalam porsi seukuran espresso.
  • Ereq Soos: dikenal sebagai Sus.
  • Jus jeruk nipis-mint: derdiri dari Lemon dan mint.
  • Qamar Eddine: jus aprikot. Biasanya disajikani pada bulan Ramadhan.
  • Sahlab: susu rebus dengan pati, ditaburi remah kelapa dan kayu manis.
  • Shaneeneh (شنينة): minuman menyegarkan khas Yordania, terdiri dari yogurt susu kambing. Disajikan dingin.
  • Tamar Hindi: jus tamarin.
  • Teh: Dibumbui na'na atau meramiyyeh.
  • Kopi bergaya Turki: Minuman ini lebih lebih tajam dari kopi arab.
  • Arak: Minuman beralkohol dari Levantin yang terbuat dari anggur.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]