Masakan Azerbaijan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Masakan Azerbaijan (bahasa Azerbaijan: Azərbaycan Mətbəxi, آذربایجان مطبخی) mengacu pada gaya memasak dan hidangan bangsa Azeri di Republik Azerbaijan dan Azerbaijan (Iran). Masakan negara ini memiliki banyak kesamaan dengan Masakan Iran dan Turki. Banyak makanan yang berasal dari Azerbaijan kini dapat dilihat dalam masakan negara tetangga. Bagi bangsa Azerbaijan, makanan merupakan bagian penting dari budaya mereka dan berakar dalam sejarah, tradisi dan nilai-nilai mereka.

Dari sebelas zona iklim yang dikenal di dunia, Azerbaijan memiliki sembilan iklim.[1] Hal Ini mempengaruhi kesuburan tanah yang ikut menghasilkan kekayaan masakan Azerbaijan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Negara ini dikenal dengan sayuran dan sayuran hijau yang digunakan secara musiman dalam hidangan. Rempah segar seperti mint, ketumbar, adas manis, kemangi, peterseli, tarragon, bawang prei, lokio, thyme, marjoram, daun bawang, dan selada air sangat populer dan sering menemani hidangan utama. Laut Kaspia adalah rumah bagi banyak spesies ikan yang dapat dimakan, termasuk ikan sturgeon, salmon Kaspia, kutum, sarden, mullet abu-abu, dan lain-lain. Kaviar hitam dari Laut Kaspia adalah salah satu dari makanan lezat yang terkenal dari Azerbaijan dan juga dicari di negara lain, termasuk negara-negara bekas Soviet.

Salah satu hidangan masakan Azerbaijan yang paling terkenal adalah plov dari nasi yang diberi kuma-kuma dan disajikan dengan berbagai bumbu dan sayuran, suatu kombinasi yang benar-benar berbeda dari yang ditemukan dalam plov masakan Uzbekistan. Masakan Azerbaijan mencakup lebih dari 40 resep plov berbeda. Hidangan lainnya mencakup berbagai macam kebab dan shashlik, termasuk kebab daging domba, sapi, ayam, bebek dan ikan (baliq). Sturgeon, ikan yang umum digunakan, biasanya ditusuk dan dipanggang sebagai shashlik, dan disajikan dengan saus delima yang disebut narsharab. Buah kering dan kacang kenari digunakan dalam berbagai hidangan. Bumbu tradisional antara lain ada garam, lada hitam, sumac, dan kuma-kuma yang tumbuh di dalam negeri di Semenanjung Absheron

Teh hitam adalah minuman nasional dan diminum setelah menyantap makanan. Minuman ini juga ditawarkan kepada para tamu sebagai tanda selamat datang, sering disertai dengan selai.[2]

Makanan ringan[sunting | sunting sumber]

Makanan ringan dari masakan Azerbaijan.

Masakan Azerbaijan memiliki sejumlah makanan ringan dan lauk untuk membuka atau menemani makanan utama: sepiring daun hijau aromatik hijau yang disebut goy, potongan chorek (roti), choban (salad tomat dan mentimun), dan kadang-kadang keju putih atau qatik (yogurt asam).

Makanan ringan dingin biasanya disajikan secara terpisah dari minuman.

Hidangan[sunting | sunting sumber]

Dushbara Azerbaijan (bahasa Azerbaijan: düşbərə)

Hidangan utama dapat mencakup pilihan berikut:

Daging[sunting | sunting sumber]

Nama Deskripsi
Balıq Ikan, biasanya ikan sturgeon, ditusuk dan dipanggang seperti kebab, disajikan dengan saus plum asam.
Dolma Resep tradisional untuk daging domba cuncang yang dicampur dengan nasi dan dibumbui mint, adas, dan kayu manis, lalu dibungkus dengan daun anggur (yarpaq dolması) atau daun kubis (kələm dolması). Ada juga kubis dolma asam manis (turş şirin kələm dolması) dan dolma ikan (balıq dolması).
Badımcan Dolması Tomat, paprika, dan jagung diisi dengan daging domba cincang yang dicampur dengan buncis.
Dushbara Dumpling kecil diisi dengan daging domba cincang dan rempah-rempah, disajikan dalam kuah kaldu.
Lavangi Daging ayam atau ikan diisi dengan bawang bombay, kenari, kismis, albukhara dan bumbu alcha. Khas dari wilayah Talysh di selatan Azerbaijan.
Lyulya kabab Campuran daging kambing, bumbu, dan rempah-rempah segar sekitar tusuk sate dan panggang, sering disajikan dengan lavash (lembaran tipis yang tidak beragi).
Qutab Semacam panekuk yang diisi dengan daging domba cincang, keju, atau bayam.
Tika kabab Potongan daging domba direndam dalam campuran bawang bombai, cuka, dan jus delima, ditusuk pada tusuk sate besar dan dibakar di atas pemanggang. Dalam bahasa Rusia disebut sebagai шашлык dari bahasa Turki: shishlyk (secara harfiah, "tusuk sate").
Qovurma Potongan daging kambing atau domba pada tulang direbus dengan bawang bombai, tomat, dan kuma-kuma.[3] Ada juga sabzi qovurma, rebusan domba dengan bumbu.
Sogan dolmasi Istilah dolma meliputi berbagai sayuran isian, tersebar luas di Timur Tengah dan Mediterania. Dolma bawang adalah alternatif lezat pada musim dingin untuk terong, tomat, dan paprika.[4]
Bastirma Kata "Bastir" berasal dari bahasa Turki: bastırma et ("daging yang ditekan"), pastırma [pastɯɾˈma] dalam bahasa Turki modern. Maskan dimasak seperti kebab, tapi sebelumnya harus direndam dalam saus khusus dan rempah-rempah.

Sup[sunting | sunting sumber]

Nama Deskripsi
Piti Sup nasional Azerbaijan terbuat dari potongan-potongan daging domba pada tulang, dimasak dengan sayuran dalam kaldu; disiapkan dan disajikan dalam panci crock.
Kufta bozbash Sup ercis dengan bakso domba dan kentang rebus. Bakso di kufta bozbash berbentuk besar dan terbuat dari daging domba cincang dan nasi, terkadang dengan plum kering di dalamnya.
Sulu khingal Sup daging domba dengan mi.
Toyuq shorbasi Sup ayam
Dovga Sup berbahan dasar yogurt (matsoni) dengan sorrel, bayam, nasi, ercis kering dan bakso kecil terbuat dari daging domba; disajikan panas atau dingin tergantung pada musim.[5]
Ovdukh Sup dingin berbahan campuran air-matsoni yang dituang di atas irisan mentimun, daging rebus cincang, seperempat bagian telur rebus, dan sayuran (dill, ketumbar, basil, tarragon, dan kadang-kadang mint).[6]
Dogramach Sama seperti ovdukh, tapi tanpa daging.[6]
Bolva Dibuat dengan susu asam.

Jenis plov[sunting | sunting sumber]

Pilaf Azerbaijan. Kiri: gara (domba, aprikot dibelah dua, plum, biji aprikot). Kanan: nasi (sebagian diwarnai dengan kunyit)

Plov adalah salah satu hidangan yang tersebar luas di Azerbaijan dengan lebih dari 40 resep berbeda.[2] Plov memiliki nama yang berbeda tergantung pada bahan utama yang mendampingi nasi:

Nama Bahan-bahan
Kourma plov Plov daging domba dengan bawang bombai
Chilov plov Plov kacang dengan ikan
Sabzi Qovurma plov Plov daging domba
Toyug plov Plov ayam
Shirin plov Plov buah kering
Syudli plov Nasi yang dimasak dalam susu
Sheshryanch plov Plov enam warna[5]

Plot Azerbaijan terdiri dari tiga komponen berbeda yang disajikan secara bersamaan namun pada piring-piring terpisah: nasi (hangat, tidak panas), gara, daging goreng, buah kering, telur, atau ikan disiapkan sebagai pelengkap untuk nasi, dan rempah-rempah aromatik. Nasi tidak dicampur dengan komponen lain bahkan ketika memakan plov.[7]

Makanan penutup[sunting | sunting sumber]

Hidangan penutup khas Azerbaijan berupa pastri lengket seperti pakhlava dan Shaki Halva. Pastri tradisional lainnya seperti shakarbura (berbentuk bulan sabit dan diisi dengan kacang-kacangan), peshmak (permen berbentuk tabung yang terbuat dari nasi, tepung, dan gula), dan girmapadam (kue yang diisi dengan kacang cincang).

Manisan umumnya dibeli dari toko kue dan dimakan di rumah atau pada acara-acara khusus seperti pernikahan. Di restoran disajikan sepiring buah segar yang sedang musim, seperti plum, ceri, aprikot, atau anggur.

Nama Deskripsi
Samani halva Samani halva terbuat dari gandum, dan memiliki rasa pedas, lengket, kenyal. Satu tradisi samani halva di Azerbaijan adalah dengan membuat kue bersama-sama dan menggunakan tepung dari tujuh rumah yang berbeda.[8]
Shekerbura Shekerbura (şəkərbura) adalah pastri manis populer dari Azerbaijan yang diisi dengan almond, kacang hazel, atau kenari cincang.

Shekerbura, shor gogal, dan pakhlava semua dimakan di Baku pada liburan musim semi Novruz.[9]

Roti[sunting | sunting sumber]

Salyan çörəyi (roti tandoor)

Roti tandoor adalah jenis roti yang dipanggang dalam oven tanah liat bernama tandoor.[10][11]

Minuman[sunting | sunting sumber]

Ayran di pinggir jalan
Teh hitam adalah minuman nasional Azerbaijan

Teh hitam adalah minuman nasional Azerbaijan.

Ayran adalah minuman yogurt dingin yang dicampur dengan garam.

Serbat Azerbaijan (bahasa Azerbaijan: şərbət) adalah minuman dingin manis yang terbuat dari campuran jus buah atau direbus dengan gula, sering diberi wewangian dengan air mawar. Serbat (jangan terkecoh dengan es sorbet) berasal dari Iran dan mereka mungkin sangat berbeda dalam konsistensi, dari yang sangat kental dan seperti selai (seperti dalam masakan Tajikistan) hingga sangat cair dan encer, seperti di Azerbaijan.[12]

Merek air minum kemasan lokal antara lain:

Merek Asal Berasal dari daerah
Aysu
Badamlı Badamli, Nakhchivan
Sirab Sirab, Nakhchivan
Shollar Desa Shollar Timur laut
Tamiz gazh su
Qax Distrik Qakh
Utara
Kakh

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Climate zones of Azerbaijan
  2. ^ a b Based on the book Azerbaijani Cooking, Ishyg Publ. House, Baku (Rusia)
  3. ^ Kourma recipe
  4. ^ [1]
  5. ^ a b Azerbaijan cookery by category of dishes, a section of Large Guide to Home Cooking (Rusia)
  6. ^ a b Dogramach and ovdukh. Recipes for Azerbaijani soups (Rusia).
  7. ^ Interview with Jabar Mamedov, Head Chef at the "Shirvan Shah" Azerbaijani restaurant in Kiev, 31 January 2005.
  8. ^ [2]
  9. ^ [3]
  10. ^ http://kabobcentral.com/tandoorbpage.html
  11. ^ http://www.malatyahaber.com/haberler/templates/malatya-new.asp?articleid=15738&zoneid=7&y=
  12. ^ Azerbaijani sherbets

Pranala luar[sunting | sunting sumber]