Masakan Thailand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kari makanan laut ala Thai
Tom yum kung (tom yum udang)

Masakan Thai atau masakan Thailand mencakup makanan dan minuman serta cara memasak khas Thailand. Ciri khas masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas.

Walaupun semuanya disebut masakan Thai, di Thailand terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga. Tidak seperti kari khas Thailand yang menggunakan rempah-rempah segar, kari Thailand Selatan memakai rempah-rempah kering yang digoreng seperti kari India.[1] Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah pemakaian santan dan kunyit segar. Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam. Nenek moyang mereka datang dari anak benua India lebih dari dua ribu tahun lampau sehingga masakan Thailand Selatan mirip dengan masakan India.[1] Masakan Thailand Timur Laut (Isan) sering memakai perasan limau, dan sangat dipengaruhi oleh masakan Laos. Sebagian besar makanan Thai yang dikenal sekarang merupakan adaptasi dari masakan Cina yang diperkenalkan di Thailand oleh orang Tio Ciu yang merupakan mayoritas orang Cina-Thai. Masakan yang mulanya berasal dari Cina, misalnya: jok, kwetiau rad na, khao kha moo (moo pa-loh), bamii (bahasa Thai: บะหมี่, mi kuah), dan khao mun gai

Bumbu dan rempah-rempah dipakai dalam keadaan segar (bukan rempah-rempah kering). Di antara bumbu-bumbu yang umum dalam masakan Thai adalah cabai rawit, cabai merah, santan, kecap ikan (nam pla), jahe, bawang putih, bawang merah, daun ketumbar, serai, terasi (kapi), gula jawa, dan asam jawa.

Cara penyajian[sunting | sunting sumber]

Jamuan makan nasi ketan di Udon Thani.

Berbeda dari hidangan utama dengan berbagai hidangan sampingan dalam masakan Barat, masakan Thai biasanya terdiri dari satu jenis makanan atau nasi (khao, bahasa Thai: ข้าว) dengan lauk pauk yang dihidangkan secara bersamaan dan dinikmati beramai-ramai.

Makanan Thai dimakan dengan sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri, namun secara tradisional, orang Thai makan dengan tangan. Hanya masakan mi atau sup berisi mi yang dimakan dengan sumpit dan sendok. Orang suku pedalaman di Thailand Utara dan Thailand Timur Laut memakan ketan dengan tangan. Sewaktu makan, ketan dicomot lalu dipulung menjadi bola kecil sebelum dicocol ke dalam lauk.

Nasi adalah makanan pokok orang Thai. Beras wangi Thai adalah beras kebanggaan Thailand. Ketan (khao niao, bahasa Thai: ข้าวเหนียว) adalah makanan pokok di Thailand Utara dan Thailand Timur Laut.

Nasi dimakan dengan kari, masakan tumis, dan hidangan lain yang biasanya memakai bumbu cabai, limau dan serai. Kari dan sayuran tumis dituangkan ke atas nasi untuk membuat hidangan yang disebut khao rad gang (bahasa Thai: ข้าวราดแกง). Hidangan ini dimakan sebagai makanan praktis ketika orang tidak memiliki waktu banyak untuk makan. Masakan Thailand Timur Laut dan Thailand Utara banyak dipengaruhi oleh masakan orang Lao.

Kwetiau (bahasa Thai: ก๋วยเตี๋ยว) adalah mi yang populer di Thailand, dimasak menjadi kwetiau goreng pad thai (bahasa Thai: ผัดไทย) atau kwetiau kuah. Masakan Cina yang diadaptasi menjadi masakan Thai misalnya kwetiau kuah asam pedas yang disebut kway teow rua (bahasa Thai: ก๋วยเตี๋ยวเรือ)

Nam prik (bahasa Thai: น้ำพริก) adalah sebutan untuk sambal atau saus cabai ala Thailand. Setiap daerah di Thailand memiliki ragamnya masing-masing. Dengan memakai cobek dan ulekan, cabai diulek bersama bahan-bahan lain seperti bawang putih dan terasi. Nam prik dimakan bersama sayuran sewaktu makan nasi, atau dimakan sebagai lauk untuk makan nasi. Selain nam prik, masakan Thai juga dimakan dengan cabai kering atau irisan cabai segar yang dicampur dengan cuka beras.

Bahan-bahan[sunting | sunting sumber]

Sayuran dan rempah-rempah di Pasar Thanin, Chiang Mai, Thailand.
Bahan-bahan untuk kari hijau
Goreng kumbang air raksasa (mang da)

Masakan Thai banyak memakai daging babi dan daging ayam, dan tidak terdapat banyak ragam masakan dengan daging sapi. Ikan air tawar dan ikan air laut dimasak dengan cara digoreng atau dibuat sup. Selain ikan, makanan laut yang populer adalah udang, kepiting, dan cumi-cumi. Sayuran yang populer adalah terung dan kangkung. Thailand sangat kaya dengan buah-buahan tropis seperti semangka, pisang, durian, manggis, jeruk, nenas, rambutan, pepaya, jeruk bali, dan lengkeng. Selain dimakan segar, buah-buahan juga dibuat sari buah dan manisan. Pepaya muda dibuat menjadi salad pepaya yang disebut som tam.

Penyedap yang umum dipakai orang Thai adalah kecap ikan yang disebut nam pla (น้ำปลา) dan terasi. Dibuat dari fermentasi udang atau ikan-ikan kecil seperti anchovy, nam pla memiliki rasa asin dan aroma ikan yang kuat.

Masakan Thai Tengah dan Thai Selatan memakai daun jeruk purut (bai makrut, ใบมะกรูด). Daun jeruk purut dipakai dalam berbagai sup Thai (misalnya tom yam) dan berbagai kari dari Thai Tengah dan Thai Selatan. Bumbu masak yang umum dipakai adalah bawang putih, lengkuas, serai, kunyit, dan temu kunci (krachai) yang diulek dengan berbagai jenis cabai untuk membuat bumbu kari. Selain daun kemangi yang disebut grapow (kraphao), masakan Thai juga memakai daun kemangi thai untuk beberapa jenis masakan seperti kari hijau.

Di antara bahan-bahan khas untuk masakan Thai adalah pahk chee (daun ketumbar), rahk pahk chee (akar ketumbar), pasta kari, pong kah-ree (bubuk kari), see-ew dahm (kecap asin hitam), gung haeng (ebi), pong pa-loh (bubuk lima rempah), nahmahn hoi (saus tiram), nahm prik pao (pasta cabai), dan tepung beras serta tapioka.

Di Thailand Timur Laut, serangga adalah makanan lezat. Kumbang air raksasa (Lethocerus indicus) (mang da; bahasa Thai: แมงดา) adalah makanan yang sangat populer, digoreng utuh atau dijadikan bumbu penyedap.[2] Kumbang air raksasa merupakan bahan utama pembuat nam prik mang da (nam prik kumbang air raksasa).[3]

Makanan khas Thai[sunting | sunting sumber]

Pad thai

Hidangan pembuka[sunting | sunting sumber]

  • Tod man pla krai (bahasa Thai: ทอดมันปลา): gorengan pasta ikan.
  • Pad Pak-boong (bahasa Thai: ผัดผักบุ้ง): tumis kangkung.

Sarapan[sunting | sunting sumber]

Hidangan tunggal[sunting | sunting sumber]

Khao mun gai (nasi ayam)
  • Khao pad (bahasa Thai: ข้าวผัด): nasi goreng ala Thailand, bisa memakai daging ayam, daging sapi, daging babi, udang, kepiting, kelapa, dan nenas.
  • Pad thai (bahasa Thai: ผัดไทย): kwetiau goreng isi daging ayam atau makanan laut dengan bumbu nam pla.
  • Rad na (bahasa Thai: ราดหน้า): kwetiau lebar yang digoreng daging sapi, daging ayam, udang, atau makanan laut.
  • Khao pad naem (bahasa Thai: ข้าวผัดแหนม): nasi goreng dengan sosis hasil fermentasi (makanan khas Thailand Timur Laut)
  • Pad see ew (bahasa Thai: ผัดซีอิ๊ว): mi goreng daging ayam/babi dengan kecap manis kental (see ew dum) dan nahm pla.
  • Pad kee mao (bahasa Thai: ผัดขี้เมา, mi mabuk): mi goreng dengan daun kemangi thai.
  • Khao khluk kapi (bahasa Thai: ข้าวคลุกกะปิ): nasi goreng terasi, dihidangkan dengan babi manis dan sayuran.
  • Khanom chin namya (bahasa Thai: ขนมจีนน้ำยา): mi dengan bumbu kecap ikan, dan dimakan dengan sayuran segar.
  • Khao soi (bahasa Thai: ข้าวซอย): mi garing yang dihidangkan di dalam sup kari ayam yang rasanya manis (masakan khas Thailand Utara.)
  • Khao pad gai (bahasa Thai: ข้าวผัดไก่): nasi goreng ayam.
  • Khao mun gai (bahasa Thai: ข้าวมันไก่): nasi yang ditanak dengan bawang putih, ayam rebus, dan kaldu ayam, dihidangkan dengan saus cocol.
  • Gai pad grapao (bahasa Thai: ไก่ผัดกะเพรา): daging ayam cincang dengan bawang putih, cabai, dan daun kemangi.
  • Gai pad med mamoung himaphan (bahasa Thai: ไก่ผัดเม็ดมะม่วงหิมพานต์): potongan daging ayam dengan kacang mete dan cabai.

Makanan asal Thailand Tengah[sunting | sunting sumber]

Tod man pla krai, gorengan pasta ikan dengan saus cocol.
  • Tom yam (bahasa Thai: ต้มยำ): sup asam pedas berisi daging. Bila berisi udang disebut tom yam goong (tom yam kung, bahasa Thai: ต้มยำกุ้ง). Tom yam berisi makanan laut (udang, cumi-cumi, dan ikan) disebut tom yam talae (bahasa Thai: ต้มยำทะเล), sementara tom yam daging ayam disebut tom yam gai (bahasa Thai: ต้มยำไก่).
  • Gai Pad Khing (bahasa Thai: ไก่ผัดขิง): tumis ayam dengan potongan jahe.
  • Tom kha gai (bahasa Thai: ต้มข่าไก่): sup asam pedas berisi daging ayam dan santan.
  • Sate (bahasa Thai: สะเต๊ะ): sate daging babi atau daging ayam. Sate adalah masakan Indonesia yang populer sebagai jajanan di Thailand.
  • Kari merah (gaeng phet, bahasa Thai: แกงเผ็ด): kari pedas dengan bumbu cabai merah kering.
  • Kari hijau (gaeng khiew-waan, bahasa Thai: แกงเขียวหวาน): kari dengan bumbu cabai hijau segar dan daun kemangi thai. Daging yang dipakai bisa daging ayam atau bakso ikan. Kari hijau sering dianggap sebagai kari terpedas dalam masakan Thai.
  • Kari massaman curry (bahasa Thai: แกงมัสมั่น): kari gaya India yang biasanya dibuat oleh orang Islam Thai. Kari jenis ini memakai rempah-rempah kering yang dihaluskan seperti biji ketumbar.
  • Pad prik (bahasa Thai: ผัดพริก): daging sapi yang ditumis dengan cabai, dan juga disebut neua pad prik (bahasa Thai: เนื้อผัดพริก)
  • Pad kraphao (bahasa Thai: ผัดกะเพรา): daging babi, daging sapi, atau daging ayam yang ditumis dengan daun kemangi thai.
  • Pad pak ruam (bahasa Thai: ผัดผักรวม): tumis berbagai jenis sayuran.
  • Phanaeng curry (bahasa Thai: พะแนง): kari kental berisi daging sapi (phanaeng nuea, bahasa Thai: พะแนงเนื้อ), daging ayam, atau daging babi. Seperti halnya kari massaman, kari jenis ini juga memakai rempah-rempah kering yang dihaluskan.
  • Tod man (bahasa Thai: ทอดมัน): gorengan pasta ikan (tod man pla krai, bahasa Thai: ทอดมันปลากราย) atau pasta udang (tod man kung, bahasa Thai: ทอดมันกุ้ง)
  • Boo Jah (bahasa Thai: ปูจ๋า): gorengan pasta kepiting dicampur daging babi, bawang putih, dan merica. Makanan ini dimakan dengan saus pedas seperti saus Sri Rachaa, saus bawang putih pedas manis, saus nahm prik pao (pasta cabai yang digoreng), atau pasta kari merah dan irisan daun bawang.
  • Choo-Chee Plah Ga-Pong (bahasa Thai: ฉู่ฉี่ปลากระพง): ikan saus kari choo-chee.

Makanan asal Thailand Timur Laut[sunting | sunting sumber]

Masakan Thailand Timur Laut mirip dengan masakan Laos. Orang Isan yang tinggal di Thailand Timur Laut merupakan keturunan orang Lao. Bahasa mereka juga mirip dengan bahasa Lao.

Som tam (salad pepaya), gai yang (ayam panggang), dan khao niao (nasi ketan) adalah kombinasi yang sangat populer.
  • Som tam (bahasa Thai: ส้มตำ, IPA: som ɗam) atau disebut dalam bahasa Lao/Isan sebagai ตำมักหุ่ง (IPA: ɗam mak huŋ) adalah salad pepaya parut yang ditumbuk di cobek dan ulekan. Ada tiga variasi som tam yang umum: som tam poo (bahasa Thai: ส้มตำปู) dengan kepiting hitam asin, som tam thai (bahasa Thai: ส้มตำไทย) dengan kacang tanah, ebi, dan gula jawa, serta som tam plara (bahasa Thai: ส้มตำปลาร้า) dari Thailand Timur Laut, dicampur ikan gurami asin, terung putih, kecap ikan, dan kacang panjang.
  • Larb (bahasa Lao: ລາບ, bahasa Thai: ลาบ): salad masam yang dibuat dari daging, bawang bombay, cabai, tepung beras sangrai, dan dihiasi dengan daun mint.
  • Nam tok (bahasa Thai: น้ำตก): salada daging yang mirip dengan larb, namun daging dipotong memanjang dan tidak dicincang.
  • Yam (bahasa Thai: ยำ): nama umum untuk berbagai salad yang rasanya masam, antara lain dibuat dari sohun (yam wun sen bahasa Thai: ยำวุ้นเส้น) atau makanan laut (yam talae, bahasa Thai: ยำทะเล).
  • Tom saep (bahasa Thai: ต้มแซบ): sup pedas dan masam ala Thailand Timur Laut.
  • Gai yang (bahasa Thai: ไก่ย่าง): ayam panggang
  • Suea Rong Hai (bahasa Thai: เสือร้องไห้): daging sapi (sandung lamur) panggang
  • Khao niao (bahasa Thai: ข้าวเหนียว): sebutan untuk ketan yang ditanak sebagai makanan pokok orang Thailand Utara dan Thailand Timur Laut.
  • Nam prik num (bahasa Thai: น้ำพริกหนุ่ม): saus cocol yang dibuat dari terung asam, cabai hijau, dan bawang putih.

Hidangan penutup dan minuman[sunting | sunting sumber]

Mo geng, kue dari telur
  • Kao niao ma muang (bahasa Thai: ข้าวเหนียวมะม่วง): ketan dan irisan mangga matang
  • Lod chong nam ka ti (bahasa Thai: ลอดช่องน้ำกะทิ): mi beras beraroma pandan yang dimasak dengan santan.
  • Kanom tan (bahasa Thai: ขนมตาล): kue kelapa.
  • Ruam mit (bahasa Thai: รวมมิตร): buah berangan yang dihidangkan bersama nangka, biji sagu, dan santan.
  • Kanom chun (bahasa Thai: ขนมชั้น): kue lapis ketan aroma pandan
  • Kanom bua loy (bahasa Thai: ขนมบัวลอย): bola-bola talas dalam santan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]