Masakan Kirgizstan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Seorang wanita Kirgizstan dalam balutan pakaian nasional menyiapkan hidangan tradisional di Bishkek.
Beshbarmak

Masakan Kirgizstan atau Masakan Kirgiz mengacu pada kuliner khas bangsa Kirgiz yang merupakan penduduk mayoritas Kirgizstan. Masakan Kirgizstan menyerupai masakan negara tetangga mereka dalam banyak aspek, khususnya masakan Kazakhstan.

Makanan tradisional Kirgizstan berkisar pada daging domba, daging sapi dan daging kuda, serta berbagai produk susu. Teknik persiapan dan bahan utama masakan sangat dipengaruhi oleh cara hidup bangsa nomaden, salah satunya adalah teknik pengawetan makanan agar lebih awet dan tahan lama. Daging domba dan daging sapi merupakan daging favorit, meskipun di zaman modern ini banyak orang Kirgizstan tidak mampu membeli mereka secara rutin.

Kirgizstan adalah rumah bagi berbagai bangsa dan bermacam-macam masakan. Di kota-kota besar seperti Bishkek, Osh, Jalal-Abad dan Karakol, berbagai masakan nasional dan internasional dapat ditemukan. Masakan non-Kirgiz yang sangat umum dan populer di Kirgizstan antara lain masakan Uyghur, Dungan, Uzbekistan, dan Rusia yang mewakili minoritas terbesar di negara ini.

Hidangan daging[sunting | sunting sumber]

Daging selalu menjadi bagian penting dalam masakan Kirgiz. Hidangan daging  yang paling populer antara lain sosis daging kuda (kazy atau chuchuk), hati domba panggang, beshbarmak (hidangan yang berisi daging rebus dengan mie tipis), dan berbagai makanan lezat lainnya yang terbuat dari daging kuda.

Beshbarmak adalah hidangan nasional Kirgizstan, meskipun masakan ini juga umum di Kazakhstan dan di Xinjiang (yang disebut narin). Masakan ini terbuat dari daging kuda (dan kadang-kadang daging domba atau sapi) yang direbus dalam kaldunya sendiri selama beberapa jam dan disajikan di atas mie buatan sendiri lalu ditaburi peterseli dan ketumbar. Beshbarmak secara harfiah berarti "Lima Jari" dalam bahasa Kirgiz, disebut demikian karena hidangan ini biasanya dimakan dengan tangan, tanpa sendok dan garpu. Beshbarmak adalah yang paling sering dibuat saat pesta perayaan kelahiran anak baru, ulang tahun, atau saat adanya kematian dalam keluarga, baik saat pemakaman atau perayaan tahunan. Jika daging domba digunakan sebagai pengganti daging kuda, rebusan kepala domba ditempatkan di atas meja di depan tamu yang paling dihormati dan ia akan memotong bagian-bagian kepala tersebut dan menawarkannya kepada para tamu yang lain.[1]

Kuurdak merupakan salah satu hidangan daging utama.

Shashlik adalah potongan daging kambing yang ditusuk dan dipanggang di atas bara api bersama irisan bawang, makanan ini disajikan di restoran dan sering dijual di jalanan. Daging biasanya direndam selama berjam-jam sebelum dimasak. Shashlik juga bisa dibuat dari daging sapi, ayam, dan ikan.

Shorpo (atau sorpo) adalah sup daging.

Paloo[sunting | sunting sumber]

Memasak paloo

Paloo (bahasa Kirgiz: палоо: палоо atau күрүч/аш) adalah versi Kirgizstan dari plov pada masakan Asia Tengah. Masakan ini terdiri dari potongan daging (biasanya daging domba atau sapi, tapi kadang-kadang ayam) yang digoreng dalam qazan besar (kuali besi) dan dicampur dengan wortel parut goreng, jiucai (kucai) dan nasi. Hidangan kemudian dibubuhi bawang putih goreng dan paprika merah pedas. Uzgen paloo dibuat dengan beras yang ditanam lokal dari bagian selatan Distrik Uzgen di Kirgizstan. Shirin paloo, kerabat dekat dari shirin plov dalam masakan Azerbaijan, adalah hidangan vegetarian di mana daging diganti dengan buah-buahan kering seperti plum, aprikot dan kismis.

Paloo adalah sebutan bangsa Kirgiz untuk masakan pilaf yang diambil dari bahasa Persia, polow atau polo. Di Rusia, hidangan ini disebut plov (bahasa Rusia: плов), di Turki disebut pilav, dalam bahasa Turkik disebut abu, dan dalam bahsa Tajik disebut osh.

Mie dan dumpling[sunting | sunting sumber]

Banyak restoran di Bishkek yang mengiklankan "masakan Dungan" (Дунганская кухня)

Manti adalah dumpling kukus berisi daging sapi dan bawang merah.

Samsa adalah pastri goreng berisi daging dan sayuran yang sangat mirip dengan samosa India. Mereka paling sering diisi dengan daging domba, tetapi juga dibuat dengan daging ayam, keju, kubis, daging sapi, dan bahkan labu. Masakan ini dapat dibeli hampir di setiap pasar atau di sudut-sudut jalan di kota-kota besar.

Lagman (atau laghman) adalah hidangan mie yang sangat terkenal. Masakan ini terdiri dari mie tebal yang dibuat dari adonan tepung sederhana, kemudian ditaburi paprika cincang dan sayuran lainnya, serta disajikan bersama saus asam pedas. Lagman disajikan di mana-mana di Kirgizstan, namun dianggap sebagai hidangan Dungan atau Uyghur.

Roti dan teh[sunting | sunting sumber]

Naan di sebuah pasar di Osh

Jenis roti umum (bahasa Kirgiz: нан [nɑn]) yang tersedia di Kirgizstan mencakup roti datar Asia Tengah (naan) dan  roti tebal khas Rusia. Roti datar Asia Tengah dimasak di atas bara api dalam oven tandoori (bahasa Kirgiz: тандыр [tɑndɯr]), berbentuk lebih bulat dan relatif datar.

Produk roti tradisional lainnya termasuk qattama dan boorsoq, dua jenis roti yang digoreng.

Orang Kirgiz sering makan aneka roti dengan mencelupkannya dalam selai, kaymak, mentega (atau sary may) dan lain-lain. Boorsoq kadang-kadang dimakan bersama teh atau dicelupkan ke dalam madu.

Roti dihargai dan dianggap suci dalam budaya Kirgizstan, tuan rumah yang baik setidaknya selalu menawarkan roti kepada tamunya (biasanya dengan teh), bahkan jika tamu hanya datang sebentar.

Minuman[sunting | sunting sumber]

Susu kuda digunakan untuk membuat kymyz

Minuman Kirgizstan yang terkenal adalah kymyz (bahasa Kirgiz: кымыз [qɯmɯz]), minuman sedikit beralkohol yang dibuat melalui fermentasi susu kuda. Minuman ini dianggap sebagai minuman khas dari budaya nomaden Euroasia sehingga juga dikonsumsi di Kazakhstan dan Mongolia. Kymyz segar hanya tersedia pada musim panas dari bulan Mei sampai Agustus yang biasanya dapat dibeli di pinggir jalan di daerah pegunungan. Kymyz botolan juga tersedia sepanjang tahun di sebagian besar toko-toko makanan di negara ini. Ada banyak minuman yang dapat dianggap sebagai  minuman tradisional Kirgizstan. Salah satu minuman non-alkohol yang sangat populer (terutama di musim panas) adalah maksym, minuman sedikit bersoda yang dibuat melalui fermentasi biji-bijian. Maksym secara tradisional dibuat dalam jumlah kecil oleh wanita untuk konsumsi keluarga; namun di Bishkek, minuman ini diperkenalkan sebagai produk komersial oleh perusahaan 'Shoro', sehingga minuman ini pun dapat tersedia secara luas di seluruh Kirgizstan. Maksym biasanya terbuat dari malt, tetapi jenis biji-bijian lain juga dapat digunakan. Ada berbagai metode dan resep yang berbeda di setiap wilayah. Minuman ini dibuat dengan merebus malt atau sereal dalam air. Setelah mencapai keadaan tertentu, rebusan didinginkan dan kemudian mengalami proses fermentasi yang disebabkan oleh ragi. Maksym biasanya dikonsumsi dingin.

Jarma adalah sejenis minuman yang berasal dari sereal. Minuman ini dibuat dengan cara yang hampir sama seperti maksym, namun Jarma tidak difermentasi, melainkan dicampur dengan ayran untuk membuatnya sedikit bersoda.

Minuman bersoda lainnya yang terbuat dari ayran adalah chalap (kadang-kadang disebut sebagai Tan). Minuman tradisional lainnya adalah susu domba dan produk-produknya (seperti qurut) dan susu unta. Dua perusahaan utama yang secara komersial menghasilkan minuman nasional Kirgizstan adalah Shoro dan Enesay.

Bozo adalah minuman sedikit beralkohol yang dibuat dari gandum.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kyrgyztan (sic) Cuisine". kyrzygstan.net.my. Diakses tanggal 16 Februari 2015. 
  2. ^ Boza
  3. ^ http://www.advantour.com/kyrgyzstan/cuisine/drinks.htm

Pranala luar[sunting | sunting sumber]