Badam hijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pistacio)
Badam hijau
Pistacio dan buahnya
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
P. vera
Nama binomial
Pistacia vera

Badam hijau[1] atau pistasio (Pistacia vera L., Anacardiaceae) adalah sejenis tanaman penghasil biji-bijian yang dikenal sebagai kacang ketawa atau fustuk. Tumbuh sebagai perdu hingga setinggi 10 m, badam hijau biasa ditanam di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Bijinya yang hijau cerah digunakan penghias makanan. Selain dimakan sebagai camilan, kacang ini juga sering digunakan sebagai isi pai, biskuit, es krim atau kue-kue. Seperti halnya badam, badam hijau kaya akan protein dan potasium.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Pohon badam hijau dapat tumbuh setinggi 10 meter (33 kaki). Ia memiliki daun menyirip dan gugur dengan panjang 10–20 sentimeter (4–8 inci). Tanamannya bersifat dwirumah , dengan pohon jantan dan betina terpisah. Bunganya berbentuk apetalus dan berkelamin tunggal dan tumbuh di malai .

Buahnya berupa drupa, berisi biji memanjang , yang bagiannya bisa dimakan. Bijinya, yang biasa dianggap kacang, adalah kacang geluk , bukan kacang-kacangan sejati. Buahnya memiliki cangkang luar yang keras dan berwarna krem. Bijinya mempunyai kulit berwarna ungu muda dan daging buah berwarna hijau muda, dengan rasa yang khas. Saat buah matang, cangkangnya berubah dari hijau menjadi kuning/merah musim gugur dan tiba-tiba terbelah sebagian. Peristiwa ini dikenal sebagai dehisin dan terjadi dengan bunyi letupan yang terdengar. Pembelahan terbuka merupakan suatu sifat yang telah diseleksi oleh manusia. Kultivar komersial bervariasi dalam seberapa konsisten mereka membelah.

Setiap pohon badam hijau dewasa rata-rata menghasilkan sekitar 50 kilogram (110 pon) biji, atau sekitar 50.000, setiap dua tahun.

Sebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Badam hijau adalah tanaman gurun dan sangat toleran terhadap tanah asin . Telah dilaporkan tumbuh dengan baik jika diairi dengan air yang mengandung 3.000–4.000 ppm garam larut. Pohon badam hijau cukup kuat dalam kondisi yang tepat dan dapat bertahan pada suhu berkisar antara −10 °C (14 °F) di musim dingin dan 48 °C (118 °F) di musim panas. Mereka membutuhkan lokasi yang cerah dan tanah yang memiliki drainase yang baik. Pohon badam hijau tumbuh subur dalam kondisi kelembapan tinggi dan rentan terhadap busuk akar di musim dingin jika mendapat terlalu banyak air dan tanah tidak memiliki drainase yang cukup. Musim panas yang panjang dan terik diperlukan untuk pematangan buah yang tepat.

Budidaya[sunting | sunting sumber]

Pohon badam hijau bisa hidup hingga 300 tahun. Pohon-pohon tersebut ditanam di kebun buah-buahan , dan membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 10 tahun untuk mencapai produksi yang signifikan. Produksinya bersifat bergantian atau dua tahunan , yang berarti panen lebih banyak pada tahun-tahun bergantian. Puncak produksi dicapai sekitar 20 tahun. Pohon biasanya dipangkas sesuai ukuran agar lebih mudah dipanen. Satu pohon jantan menghasilkan serbuk sari yang cukup untuk 8 hingga 12 pohon betina yang menghasilkan buah berbiji. Pemanenan di Amerika Serikat dan Yunani sering kali dilakukan dengan menggunakan peralatan untuk melepaskan buah berbiji dari pohonnya. Setelah dikupas dan dikeringkan, badam hijau disortir berdasarkan cangkang mulut terbuka dan mulut tertutup, kemudian dipanggang atau diproses dengan mesin khusus hingga menghasilkan biji badam hijau.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Echols, John M.; Shadily, Hassan; Wolff, John U. (1989). An Indonesian-English Dictionary (dalam bahasa Inggris). Cornell University Press. ISBN 978-0-8014-2127-3.