Syawarma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Shawarma)
Syawarma
Syawarma
JenisDaging
Tempat asalLevant
DaerahTimur Tengah
Bahan utamaDaging: daging domba, daging ayam, daging kalkun, daging sapi
Roti isi: Daging syawarma atau shaorma falafel, pita atau roti wrap, potongan sayuran, bumbu
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Syawarma atau syawurma atau syawerma (Arab: شاورما / ALA-LC: shāwarmā;) adalah sebuah hidangan daging dari Arab Levantine,[1][2] dimana daging domba, ayam, kalkun, sapi, sapi muda, kerbau, atau daging lainya dimasukkan pada sebuah besi panjang (umumnya sebuah spit vertikal di restoran-restoran), dan dipanggang seharian dengan cara diputar didepan api. Syawarma biasanya disantap dengan roti arab yang berbentuk kantong/"Pita" dan juga bisa dengan tabbouleh, fattoush, roti taboon, tomat, dan mentimun. Topping-nya meliputi tahini, hummus, lobak asam, dan amba.

Hidangan serupa di kawasan tersebut (Mediterania) meliputi döner kebab dari Turki dan gyros dari Yunani.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Syawarma dalam roti Pita.

Meskipun memanggang daging di atas tusuk sate memiliki akar kuno di Mediterania Timur dengan bukti dari periode Mycenaean Greek dan Minoan,[4][5][6] memanggang irisan vertikal irisan daging yang tertumpuk dan memotongnya saat memasak dikembangkan pada abad ke-19 di Ottoman Bursa (Bursa modern, Turki) oleh seorang juru masak bernama Hadji Iskender;[7] Ini adalah döner kebab, yang merupakan asal mula syawarma, tacos al pastor dari Meksiko, dan salad gyros dari Yunani.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Syawarma adalah terjemahan bahasa Arab dari kata bahasa Turki çevirme [tʃeviɾˈme] (arti: diputar), mengacu pada sifat rotisserie-daging yang dipanggang, yang diputar di sekitar sumbu tempat daging diletakkan.[8] Konvensi penamaan serupa berlaku untuk döner dari Turki dan gyros dari Yunani, yang keduanya merujuk pada tindakan balik mekanisme memasak terkait.

Media populer[sunting | sunting sumber]

Menjelang akhir 2012 film superhero The Avengers, setelah pertempuran para superhero dengan tentara Chitauri, Iron Man mengungkapkan keinginannya untuk makan syawarma untuk merayakannya. Dalam adegan pasca-kredit, kelompok tituler terlihat lelah sambil makan syawarma di restoran lokal di New York City.[9] Menurut TMZ ini menyebabkan dorongan sementara peningkatan penjualan syawarma di Los Angeles saat film tersebut mulai ditayangkan.[10]

Di Indonesia hidangan ini sering disalah-namakan dengan "kebab", padahal Kebab adalah hidangan lain yang berupa daging campuran dengan beberapa sayuran ditusuk seperti sate. Kalau daging yang dibungkus dengan roti Pita (roti arab yang bulat), itu sebenarnya bernama "Syawarma", bukan kebab.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Philip Mattar (2004). Encyclopedia of the Modern Middle Eastern (edisi ke-Hardcover). Macmillan Library Reference. hlm. 840. ISBN 0028657713. Shawarma is a popular Levantine Arab specialty. 
  2. ^ John A La Boone III (2006). Around the World of Food: Adventures in Culinary History (edisi ke-Paperback). iUniverse, Inc. hlm. 115. ISBN 0595389686. Shawarma - An Arab sandwich similar to the gyro. 
  3. ^ Aglaia Kremezi and Anissa Helou, "What's in a Dish's Name", "Food and Language", Proceedings of the Oxford Symposium on Food and Cookery, 2009, ISBN 190301879X
  4. ^ "Ancient Greeks Used Portable Grills at Their Picnics". livescience.com. 
  5. ^ To Vima (in Greek), 6-2-2011 (picture 2 of 7)
  6. ^ Wright, Clifford A. (1999). A Mediterranean Feast. New York: William Morrow. pp. 333.
  7. ^ Kenneth F. Kiple, Kriemhild Coneè Ornelas, eds., Cambridge World History of Food, Cambridge, 2000. ISBN 0-521-40216-6. Vol. 2, p. 1147
  8. ^ Reporter, Mohammed N. Al Khan, Staff (31 Juli 2009). "Shawarma: the Arabic fast food". gulfnews.com. 
  9. ^ "'The Avengers': The story of the after-credits shawarma scene". ew.com. 
  10. ^ "'Avengers' Joke Skyrockets Shawarma Sales In Los Angeles". tmz.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait Shawarma di Wikimedia Commons