Gyro (makanan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gyro
Pita giros.JPG
Roti lapis Gyro ala Yunani, dengan daging, bawang, tomat, dan saus tzatziki dalam gulungan roti pita
Nama lainGyros
JenisDaging atau roti lapis
SajianMakanan utama
Tempat asalYunani
Suhu penyajianPanas
Bahan utamaDaging: Sapi, sapi muda, kambing atau domba, babi, atau ayam

Gyro atau Gyros (Pengucapan Yunani: [ˈʝiros][note 1]) (bahasa Yunani: γύρος, gyros, secara harfiah berarti diputar) adalah hidangan Yunani yang terbuat dari daging yang dimasak dengan rotisserie (pemanggang) vertikal, biasanya daging babi, atau ayam, dan di luar Yunani dengan daging sapi, sapi muda atau domba, dan biasanya disajikan dibungkus dengan roti gulung seperti pita, dengan saus tomat, bawang merah, dan saus tzatziki.

Untuk membuat gyro, potongan daging ditempatkan pada rotisserie vertikal tinggi, berbentuk kerucut terbalik, yang diputar perlahan di depan sumber panas, biasanya merupakan panggangan elektrik. Jika dagingnya tidak cukup berlemak, potongan lemak ditambahkan sehingga daging panggang selalu tetap lembab dan garing. Tingkat pemanggangan dapat disesuaikan dengan memvariasikan kekuatan panas dan jarak antara panas dan daging, membiarkan si juru masak menyesuaikan diri dengan berbagai tingkat konsumsi. Bagian luar daging diiris secara vertikal dalam serutan tipis dan garing saat selesai. Hal ini umumnya disajikan dalam sepotong roti bakar ringan, yang diminyaki dan digulung dengan irisan tomat, bawang merah cincang, kentang goreng, dan tzatziki. Gyro merupakan bagian dari keluarga roti lapis dan dibedakan dari makanan semi dilipat tangan lainnya dengan lipatan bungkusnya yang lengkap namun tidak terlipat utuh di bagian bawah.[1]

Nama[sunting | sunting sumber]

Sepiring Gyro

Nama itu berasal dari bahasa Yunani γύρος (diputar);[2] itu awalnya disebut ντονέρ (diucapkan [do'ner]) dalam bahasa Yunani, dari hidangan döner kebab asal Turki.[3] Kata 'ντονέρ' dikritik di Yunani karena menjadi kata bahasa Turki,[4] dan kata gyros diciptakan untuk menggantikannya.[3]

Pengejaannya dalam bahasa Yunani yaitu [ˈʝiros], tetapi dalam pengejaan bahasa Inggris seringkali dieja /ˈr/ atau, secara tidak langsung /ˈɡɪəroʊ/ atau /ˈjɪəroʊ/.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Foto terbaru yang memperlihatkan metode memasak daging pada rotisserie (pemanggang) vertikal atau Döner, oleh James Robertson, 1855, Kesultanan Utsmaniyah.

Meskipun memanggang daging di atas tusuk sate memiliki akar kuno di Mediterania Timur dengan bukti dari periode Mycenaean Greek dan Minoan,[6][7][8] memanggang vertikal irisan daging yang tertumpuk dan memotongnya saat dimasak dikembangkan di Bursa[9] oleh orang Turki di Kesultanan Utsmaniyah abad ke-19.

Pada tahun 1971, gyro sudah populer di Athena dan di New York City.[10] Pabrik produksi daging gyros Amerika yang paling awal dikenal dibuka oleh "John Garlic" di Milwaukee. Dia kemudian menjual minatnya terhadap bisnis Gyros, Inc. dari Chicago, yang bersama dengan Gyros Wholesale Central, dan Kronos Foods, Inc. juga dari Chicago, memulai produksi berskala besar di pertengahan tahun 1970-an.

Penyajian[sunting | sunting sumber]

Gyros dimasak pada pemanggang vertikal, sebelumnya menggunakan arang dalam "kandang", sekarang baik gas atau listrik. Saat bagian kerucutnya masak, bagian bawahnya dilumuri dengan cairan yang mengalir dari bagian atas.

Secara tradisional, di Yunani, daging yang digunakan adalah daging babi atau ayam, sedangkan di restoran di luar Yunani, daging domba dan sapi juga biasa digunakan. Daging dipotong kira-kira bulat, tipis, irisan datar, yang kemudian ditumpuk pada palang pemanggang dan dibumbui. Lumuran lemak biasanya ditambahkan.

Rempah campuran umumnya meliputi garam, paprika pedas dan manis, lada putih dan hitam, peterseli kering, bubuk bawang putih, dan oregano. Bumbu tambahan kadang ditambahkan (misalnya kayu manis, pala, jinten, adas manis, ketumbar, adas, allspice, sumac).

Tingkat memasak dapat diubah dengan mengubah intensitas api, kedekatan daging dengan sumber panas, dan kecepatan putaran palang pemanggang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kata ini secara umum memiliki beberapa versi dalam pengucapan Bahasa Inggris, termasuk: /ˈr/, /ˈɪər/, /ˈjɪər-/, /ˈʒɪər-/, or /ˈɡɪər/.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kenneth F. Kiple, Kriemhild Coneè Ornelas, eds., Cambridge World History of Food, Cambridge, 2000. ISBN 0-521-40216-6. Vol. 2, p. 1026
  2. ^ Babiniotis, Λεξικό της Ελληνικής Γλώσσας
  3. ^ a b Aglaia Kremezi and Anissa Helou, "What's in a Dish's Name", "Food and Language", Proceedings of the Oxford Symposium on Food and Cookery, 2009, ISBN 190301879X
  4. ^ Γιάκωβος Σ. Διζικιρικής, Να ξετουρκέψουμε τη γλώσσα μας 'Let Us De-Turkify our Language', Athens 1975, p. 62, proposes substituting 'γυριστό' for 'ντονέρ', but The New York Times was already using the word gyro in English in 1971 (4 Sept. 23/1) according to the OED, 1993 online edition, s.v.
  5. ^ "Jack in the Box rolls Greek gyro in 600 units", Nation's Restaurant News, December 21, 1992. article
  6. ^ Ancient Greeks Used Portable Grills at Their Picnics
  7. ^ To Vima (in Greek), 6-2-2011 (picture 2 of 7)
  8. ^ Wright, Clifford A. (1999). A Mediterranean Feast. New York: William Morrow. pp. 333.
  9. ^ Kenneth F. Kiple, Kriemhild Coneè Ornelas, eds., Cambridge World History of Food, Cambridge, 2000. ISBN 0-521-40216-6. Vol. 2, p. 1147
  10. ^ "The Gyro, a Greek Sandwich, Selling Like Hot Dogs". The New York Times. September 4, 1971. hlm. 23. Diakses tanggal 22 Februari 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]