Roti bakar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Roti bakar
Roti bakar rasa strawberry lan coklat.jpg
Sepiring roti bakar.
JenisRoti lapis
SajianSarapan, makanan ringan
Tempat asalIndonesia
DaerahSeluruh negeri
Dibuat olehIndonesia

Roti bakar adalah sebuah roti lapis khas Indonesia yang dibakar, yang terdiri dari dua potong roti dan isian, seperti gula, margarin, mentega, meses, selai coklat, keju, selai kacang, selai stroberi, serikaya atau nutella. Hidangan tersebut dijadikan sebagai sarapan cepat alternatif dan umum dikenal sebagai makanan jalanan. Saat ini, roti bakar memiliki berbagai ragam dan bentuk.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Belanda datang ke Indonesia pada abad ke-16 dalam mencari rempah-rempah. Saat Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) mengalami bangkrut pada 1800, Indonesia menjadi koloni Belanda.[1] Sepanjang masa kolonialisme, bangsa Eropa memperkenalkan roti. Roti bakar diciptakan pada era kolonial dengan pengaruh Belanda.

Setelah kemerdekaan Indonesia, roti bakar mulai berkembang dan memiliki berbagai ragam rasa, seperti roti bakar yang diisi dengan meses.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Guide to Dutch Indonesian Cuisine". Awesome Amsterdam. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 July 2014. Diakses tanggal 15 August 2014. 
  2. ^ Senja, Anggita (October 11, 2018). "Sejarah Roti Bakar di Indonesia, Awalnya dari Roti yang Tak Segar". travel.kompas.com.