Nutella

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nutella
Logo Nutella.svg
Nutella Jar
Jenisolesan roti
Tempat asalItalia
Dibuat olehFerrero SpA
Bahan utamagula, minyak kelapa sawit, hazelnut, kakao

Nutella adalah merek dagang dari pasta manis berbasis hazelnut yang diciptakan pada 1949 oleh perusahaan Italia Ferrero.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendahulu[sunting | sunting sumber]

Meskipun Nutella pertama kali dipasarkan pada 1964, pendahulunya, olesan roti yang bernama "Supercrema", telah dipasarkan oleh Ferrero sejak 1951. Pada gilirannya ia merupakan turunan dari produk sebelumnya yang dikenal sebagai "Giandujot". Produk ini adalah sebuah kotak keras (bukan olesan) yang diciptakan oleh Pietro Ferrero, pendiri merek ini. Unsur utamanya, hazelnut, adalah produk tanaman khusus dari Langhe, wilayah Piedmont tempat asal keluarga Ferrero (Pietro mempunyai patisserie di Alba, Provinsi Cuneo). Produk-produk ini semuanya adalah dasar dari gianduja, sebuah campuran cokelat dengan hazelnut yang dikembangkan di Italia setelah pajak yang sangat tinggi atas biji kokoa menghalangi pembuatan cokelat biasa.

Nutrisi[sunting | sunting sumber]

Nutella mengandung 10,4 persen lemak jenuh dan 58% gula olahan menurut beratnya. Porsi dua sendok makan (37 gram) Nutella mengandung 200 kalori, termasuk 99 kalori dari 11 gram lemak (3,5 g di antaranya jenuh) dan 80 kalori dari 21 gram gula. Spread juga mengandung 15 mg sodium dan 2 g protein per porsi (untuk referensi ukuran porsi Kanada adalah 1 sendok makan atau 19 gram).[1]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Gnutella, sebuah protokol untuk berbagi arsip. Namanya dibuat sebagai permainan kata dari 'Nutella' dan skema perizinan GNU. Pengucapannya sama dengan pengucapan "Nutella" oleh orang yang berbahasa Inggris.
  1. ^ "Nutella settles lawsuit from angry mom, drops health claims". CTVNews (dalam bahasa Inggris). 2012-04-27. Diakses tanggal 2022-03-14.