Lee Jordan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lee Jordan
Pemeran Luke Youngblood
Informasi
Jenis kelamin Laki-Laki

Lee Jordan adalah sahabat Fred dan George Weasley (dan merupakan teman satu angkatan. Ia seangkatan dengan Angelina Johnson dan Alicia Spinnet) dan komentator untuk setiap pertandingan Quidditch selama ia masih di Hogwarts. Komentar-komentarnya selalu berpihak pada Gryffindor, dan kadang-kadang agak melenceng dari pertandingan (misalnya mengomentari kecantikan Angelina Johnson, memberi pendapat tentang Firebolt, dan mengata-ngatai Slytherin yang curang). Dalam pertandingan ia selalu didampingi McGonagall yang seringkali menegurnya bila Lee menyumpah-nyumpah dan tidak mengomentari pertandingan. McGonagall bahkan mengancam akan menggantikan posisinya bila ia terus menyumpah-nyumpah. Namun Lee tetap menjadi komentator sampai ia lulus dari Hogwarts.

Dalam Harry Potter dan Orde Phoenix, ia bergabung dengan Laskar Dumbledore, membantu Fred dan George dengan mengetes produk-produk mereka, terutama untuk mengganggu Professor Umbridge dan antek-anteknya. Lee melepaskan 2 ekor Niffler melalui jendela Umbridge dan mengacaukan kantornya. Dan dia tampak lesu setelah Fred dan George meninggalkan sekolah dan tampaknya kehilangan sedikit rasa humornya.

Setelah Lee lulus, di buku keenam posisi komentator diisi oleh Zacharias Smith dan Luna Lovegood.

Di Harry Potter dan Relikui Kematian, ia adalah penyiar radio rahasia anti-Kementerian Sihir, Potterwatch (diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai Pantauan Potter), dengan nama rahasia River. Radio tersebut mendukung kegiatan Harry dan Orde Phoenix. Ia dan George berhasil menjatuhkan seorang Pelahap Maut, Yaxley di Pertempuran Hogwarts.

Peran Lee dalam film dimainkan oleh Luke Youngblood.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Di dalam film-film Harry Potter, komentar-komentar Lee yang lucu dan cenderung memihak tidak pernah dimunculkan.