Konferensi Tingkat Tinggi Moskwa (1988)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konferensi Tingkat Tinggi Moskwa
Reagan dan Gorbachev meratifikasi Perjanjian INF di Istana Kremlin
Tuan rumah Uni Soviet
Tanggal29 Mei – 3 Juni, 1988
TempatIstana Kremlin
KotaMoskwa
PesertaUni Soviet Mikhail Gorbachev
Amerika Serikat Ronald Reagan
SebelumnyaKTT Washington (1987)
SelanjutnyaKTT Governors Island


Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Moskow adalah pertemuan puncak antara Presiden AS Ronald Reagan dan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet, Mikhail Gorbachev. Itu diadakan pada 29 Mei 1988 - 3 Juni 1988. Reagan dan Gorbachev menyelesaikan Traktat Angkatan Nuklir Jangka Menengah (INF) setelah Senat AS meratifikasi traktat tersebut pada Mei 1988. Reagan dan Gorbachev terus membahas isu-isu bilateral seperti Amerika Tengah, Afrika bagian Selatan, Timur Tengah dan penarikan pasukan Soviet yang tertunda dari Afganistan. Reagan dan Gorbachev melanjutkan diskusi mereka tentang hak asasi manusia.[1] Para pihak menandatangani tujuh kesepakatan tentang isu-isu yang lebih kecil seperti pertukaran pelajar dan hak memancing. Hasil yang signifikan adalah pemutakhiran buku-buku sejarah Soviet, yang mengharuskan pembatalan beberapa kelas sejarah di sekolah menengah Soviet.[2] Pada akhirnya, Reagan mengungkapkan kepuasannya atas konferensi tersebut.[3]

Reagan dan Gorbachev akhirnya mengeluarkan pernyataan bersama, yang kutipannya ditampilkan di sini:

Presiden dan Sekretaris Jenderal memandang KTT Moskow sebagai langkah penting dalam proses menempatkan hubungan AS-Soviet secara lebih produktif dan berkelanjutan. Diskusi mereka yang komprehensif dan terperinci mencakup agenda lengkap dari isu-isu yang disepakati kedua pemimpin selama pertemuan awal mereka di Jenewa pada November 1985 - sebuah agenda yang meliputi kontrol senjata, masalah hak asasi manusia dan kemanusiaan, penyelesaian konflik regional dan hubungan bilateral. Perbedaan serius tetap ada pada isu-isu penting; dialog terus terang yang telah dikembangkan antara kedua negara tetap penting untuk mengatasi perbedaan ini.

... Presiden dan Sekretaris Jenderal menggarisbawahi pentingnya sejarah pertemuan mereka di Jenewa, Reykjavik, Washington dan Moskow dalam meletakkan dasar untuk pendekatan yang realistis terhadap masalah penguatan stabilitas dan pengurangan risiko konflik. Mereka menegaskan kembali keyakinan serius mereka bahwa perang nuklir tidak dapat dimenangkan dan tidak boleh dilakukan, tekad mereka untuk mencegah perang apa pun antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, baik nuklir maupun konvensional, dan penolakan mereka atas niat apa pun untuk mencapai superioritas militer.

Kedua pemimpin yakin bahwa perluasan dialog politik yang telah mereka bangun merupakan cara yang semakin efektif untuk menyelesaikan masalah yang menjadi kepentingan dan perhatian bersama. Mereka tidak mengecilkan perbedaan nyata sejarah, tradisi dan ideologi yang akan terus mewarnai hubungan AS-Soviet. Tetapi mereka percaya bahwa dialog akan bertahan lama, karena didasarkan pada realisme dan terfokus pada pencapaian hasil yang nyata. ... Ini adalah proses yang dipercaya oleh Presiden dan Sekretaris Jenderal melayani kepentingan terbaik rakyat Amerika Serikat dan Uni Soviet, dan dapat berkontribusi pada dunia yang lebih stabil, lebih damai dan lebih aman.

Kontrol Senjata

Presiden dan Sekretaris Jenderal, setelah menyatakan komitmen kedua negara mereka untuk membangun kemajuan hingga saat ini dalam pengendalian senjata, menentukan tujuan dan langkah selanjutnya pada berbagai masalah di bidang ini. Ini akan memandu upaya kedua Pemerintah di bulan-bulan mendatang saat mereka bekerja satu sama lain dan dengan negara lain menuju kesepakatan yang adil dan dapat diverifikasi yang memperkuat stabilitas dan keamanan internasional.

Pembicaraan Nuklir dan Luar Angkasa

Kedua pemimpin mencatat bahwa rancangan teks bersama dari perjanjian tentang pengurangan dan pembatasan senjata ofensif strategis telah diuraikan. ... Sementara pekerjaan tambahan yang penting diperlukan sebelum perjanjian ini siap untuk ditandatangani, banyak ketentuan utama yang dicatat dalam teks draf bersama dan dianggap disetujui, tunduk pada penyelesaian dan ratifikasi perjanjian.

Mempertimbangkan perjanjian tentang senjata ofensif strategis, kedua belah pihak melanjutkan negosiasi untuk mencapai kesepakatan terpisah mengenai pembangunan perjanjian ABM berdasarkan bahasa pernyataan bersama Konferensi Washington tertanggal 10 Desember 1987. Kemajuan dicatat dalam menyiapkan draf teks bersama dari protokol terkait.

Rancangan perjanjian bersama tentang pengurangan dan pembatasan senjata ofensif strategis mencerminkan pemahaman sebelumnya tentang penetapan plafon tidak lebih dari 1.600 sistem pengiriman ofensif strategis dan 6.000 hulu ledak serta kesepakatan tentang subceilings 4.900 pada agregat hulu ledak ICBM dan SLBM dan 1.540 hulu ledak pada 154 rudal berat.

Rancangan perjanjian juga mencatat kesepakatan kedua belah pihak bahwa sebagai hasil dari pengurangan, berat lemparan agregat ICBM dan SLBM Uni Soviet akan dikurangi ke tingkat sekitar 50 persen di bawah tingkat yang ada dan tingkat ini tidak akan terlampaui.

Selama negosiasi, kedua belah pihak juga telah mencapai pemahaman bahwa dalam pengerjaan perjanjian di masa mendatang, mereka akan bertindak berdasarkan pemahaman bahwa pada ICBM dan SLBM yang dikerahkan dari jenis yang ada, aturan penghitungan akan mencakup jumlah hulu ledak yang dirujuk dalam pernyataan bersama tanggal 10 Desember 1987, dan jumlah hulu ledak yang akan dikaitkan dengan setiap rudal balistik jenis baru akan dinegosiasikan.

Selain itu, kedua belah pihak menyetujui aturan penghitungan untuk persenjataan pembom berat yang menurutnya pembom berat yang hanya dilengkapi dengan bom gravitasi nuklir dan SRAM akan dihitung sebagai satu kendaraan pengiriman dengan batas 1.600 dan satu hulu ledak melawan batas 6.000.

Delegasi juga telah menyiapkan naskah draf bersama tentang protokol inspeksi, protokol konversi atau eliminasi, dan nota kesepahaman tentang data, yang merupakan bagian integral dari perjanjian. Dokumen-dokumen ini dibangun di atas ketentuan-ketentuan verifikasi perjanjian INF, memperluas dan menguraikannya seperlunya untuk memenuhi persyaratan-persyaratan Start yang lebih menuntut. Langkah-langkah verifikasi Mulai, minimal, akan mencakup

A. Pertukaran data, termasuk deklarasi dan pemberitahuan yang sesuai tentang jumlah dan lokasi sistem senjata yang dibatasi oleh Start, termasuk lokasi dan fasilitas untuk produksi, perakitan akhir, penyimpanan, pengujian, perbaikan, pelatihan, penyebaran, konversi, dan penghapusan sistem tersebut. Deklarasi tersebut akan dipertukarkan antara pihak sebelum perjanjian ditandatangani dan diperbarui secara berkala.

B. Inspeksi dasar untuk memverifikasi keakuratan deklarasi ini.

C. Pengamatan di lokasi penghapusan sistem strategis yang diperlukan untuk memenuhi batas yang disepakati.

D. Pemantauan terus-menerus di lokasi terhadap perimeter dan portal fasilitas produksi penting untuk memastikan produksi senjata dibatasi.

E. Inspeksi singkat di tempat:

I. Lokasi yang diumumkan selama proses pengurangan ke batas yang disepakati; II. Lokasi di mana sistem yang dicakup oleh perjanjian ini tetap ada setelah mencapai batas yang disepakati; dan III. Lokasi di mana sistem tersebut telah berada (sebelumnya fasilitas yang dinyatakan).

F. Inspeksi singkat, sesuai dengan prosedur yang disepakati, lokasi di mana salah satu pihak menganggap penyebaran rahasia, produksi, penyimpanan atau perbaikan senjata ofensif strategis dapat terjadi.

G. Larangan penggunaan penyembunyian atau kegiatan lain yang menghalangi verifikasi dengan sarana teknis nasional. Ketentuan tersebut akan mencakup larangan enkripsi telemetri dan akan memungkinkan akses penuh ke semua siaran informasi telemetri selama penerbangan rudal.

H. Prosedur yang memungkinkan verifikasi jumlah hulu ledak pada rudal balistik yang dikerahkan dari setiap jenis tertentu, termasuk inspeksi di tempat.

I. Pengamatan yang ditingkatkan terhadap kegiatan yang terkait dengan pengurangan dan pembatasan senjata ofensif strategis dengan sarana teknis nasional. Ini akan mencakup pajangan terbuka barang-barang yang dibatasi perjanjian di pangkalan rudal, pangkalan pembom, dan pelabuhan kapal selam di lokasi dan waktu yang dipilih oleh pihak yang menginspeksi.

Kedua belah pihak juga mulai bertukar data tentang kekuatan strategis mereka.

Selama pertemuan di Moskow ini, pertukaran di Start menghasilkan pencapaian landasan bersama tambahan yang substansial, khususnya di bidang ALCM dan upaya untuk mengembangkan dan menyepakati, jika mungkin, pada solusi untuk masalah verifikasi seluler ICBM.

Para pihak juga membahas pertanyaan tentang pembatasan SLCM bersenjata nuklir jarak jauh.

Ronald Reagan dan M.S. Gorbachev menyatakan keyakinan bersama mereka bahwa kerja ekstensif yang dilakukan memberikan dasar untuk menyimpulkan perjanjian tentang pengurangan dan pembatasan senjata ofensif strategis yang akan meningkatkan stabilitas strategis dan memperkuat keamanan tidak hanya rakyat Uni Soviet dan Amerika Serikat, tetapi juga dari seluruh umat manusia.

Dipandu oleh perjanjian mendasar ini ... delegasi kedua negara telah diperintahkan untuk kembali ke Jenewa pada tanggal 12 Juli 1988. Telah disepakati sebagai prinsip bahwa, setelah masalah yang tersisa diselesaikan dan perjanjian serta yang terkait dokumen disetujui, mereka akan ditandatangani tanpa penundaan.

Pengujian Nuklir

Para pemimpin menegaskan kembali komitmen kedua belah pihak untuk melakukan negosiasi skala penuh tahap demi tahap dalam satu forum tentang masalah yang berkaitan dengan uji coba nuklir. Dalam negosiasi ini, kedua belah pihak sebagai langkah pertama akan menyepakati langkah-langkah verifikasi yang efektif yang akan memungkinkan untuk meratifikasi Perjanjian Pelarangan Uji Ambang Amerika Serikat-Uni Soviet tahun 1974 dan Perjanjian Ledakan Nuklir Damai tahun 1976, dan melanjutkan untuk menegosiasikan pembatasan menengah lebih lanjut pada pengujian nuklir yang mengarah ke tujuan akhir penghentian total pengujian nuklir sebagai bagian dari proses perlucutan senjata yang efektif. Proses ini, antara lain, akan mengejar, sebagai prioritas pertama, tujuan pengurangan senjata nuklir dan akhirnya, penghapusannya. Dalam melaksanakan tujuan pertama dari negosiasi ini, kesepakatan atas langkah-langkah verifikasi yang efektif untuk Perjanjian Pelarangan Uji Ambang AS-Uni Soviet tahun 1974, kedua belah pihak sepakat untuk merancang dan melakukan percobaan verifikasi bersama di lokasi pengujian masing-masing.

Para pemimpin ... juga mencatat kemajuan substansial pada protokol baru untuk Perjanjian Ledakan Nuklir Damai dan mendesak negosiasi konstruktif yang berkelanjutan tentang langkah-langkah verifikasi yang efektif untuk Perjanjian Pelarangan Uji Ambang Batas.

Menyatakan keyakinan mereka bahwa kemajuan yang dicapai sejauh ini membentuk dasar yang kuat untuk melanjutkan kemajuan dalam isu-isu yang berkaitan dengan uji coba nuklir, para pemimpin menginstruksikan para negosiator untuk segera menyelesaikan persiapan protokol untuk Perjanjian Ledakan Nuklir Damai dan menyelesaikan persiapan protokol. ke Threshold Test Ban Treaty sesegera mungkin setelah eksperimen verifikasi bersama dilakukan dan dianalisis. Mereka menegaskan pemahaman mereka bahwa langkah-langkah verifikasi untuk TTBT akan, sejauh sesuai, digunakan dalam perjanjian pembatasan uji coba nuklir lebih lanjut yang selanjutnya dapat dicapai.[4]

Perjalanan Presiden Reagan ke Uni Soviet, Berjalan di Lapangan Merah bersama Mikhail Gorbachev, Moskow, 31 Mei 1988

Salah satu contoh ironis dari KTT itu adalah ketika Reagan memberi Gorbachev salinan film Friendly Persuasion, yang penulis skenarionya Michael Wilson masuk daftar hitam pada 1950-an karena dicurigai sebagai simpatisan komunis.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]