Kremlin Moskwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Artikel ini membahas tentang Kremlin di Moskwa yang paling terkenal. Untuk penggunaan lain kata ini, lihat Kremlin (disambiguasi).
Kremlin Moskwa
Моско́вский Кремль
Kremlin Moskwa berlokasi di Central Moscow
Kremlin Moskwa
Pusat Moskow
LetakMoskwa, Rusia
Luas27,7 hektare (0,277 km2)
Dibangun1482–1495
Nama resmi: Kremlin dan Lapangan Merah, Moskwa
JenisBudaya
Kriteriai, ii, iv, vi
Ditetapkan1990 (sesi ke-14)
545
State PartyFederasi Rusia
KawasanEropa

Kremlin adalah benteng dan kompleks istana bersejarah di pusat kota Moskwa yang dibangun dari batu bata pada abad ke-15. Kremlin berbatasan dengan Sungai Moskow di selatan, Katedral Santo Basil dan lapangan merah di timur, dan Taman Alexander di barat. Panjang temboknya lebih dari 2 km, tingginya hingga 19 m, lebarnya 3,5 - 6,5 m, luasnya 27,5 ha.

Kremlin mempunyai 20 menara. Yang paling terkenal darinya ialah Menara Spasskaya (tingginya 67,3 m) dengan jam bergaris tengah 6 m. Di Kremlin ada peninggalan lama seperti gereja-gereja dengan tempat pemakaman tsar-tsar Rusia. Di sini juga terdapat balai senjata di mana terdapat bermacam-macam barang pusaka termasuk kereta kuda, mahkota, pakaian, perhiasan dan senjata kepunyaan tsar.

Di dalam Kremlin dibagi menjadi beberapa kompleks istana dan katedral seperti Istana Kremlin Besar, Istana Terem, Istana Poteshny, Senat Kremlin, Istana Negara, dan Museum Senjata.

Di Lapangan Gereja di mana dulu upacara penobatan raja diadakan dan sekarang pelantikan Presiden terletak Meriam Raja (dibuat dari perunggu pada abad ke-16, berat 40 ton, panjang 5 m, desain Chohov) dan Lonceng Raja (dibuat pada abad ke-18, berat 200 ton, tinggi 6 m, garis pusat 6,6 m).

Dahulu Kremlin ialah tempat kediaman tsar-tsar Rusia, namun sekarang merupakan kediaman resmi Presiden Rusia. Kediaman resmi tsar berada di Istana Kremlin Besar sedangkan Presiden berkantor di gedung Senat Kremlin yang terletak di sebelah timur.

Kegunaan lain kata "Kremlin"[sunting | sunting sumber]

Kata "Kremlin" juga dahulu kadang dipakai untuk merujuk kepada pemerintah Uni Soviet (kini juga digunakan untuk Rusia).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]