Curug Ngumpet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Curug Ngumpet
Curug Ngumpet
Gunung Bunder
Curug-ngumpet.jpg
AreaBogor.jpeg
LokasiDesa Gunungsari, Gunung Bunder, kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat
Koordinat6°41′47″S 106°41′20″E / 6.69639°S 106.68889°E / -6.69639; 106.68889Koordinat: 6°41′47″S 106°41′20″E / 6.69639°S 106.68889°E / -6.69639; 106.68889
Tipeair terjun
Tinggi total45 meter
Jumlah titik1

Curug Ngumpet merupakan kawasan wisata air terjun yang terletak di desa Gunungsari, kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Dan terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. Curug Ngumpet merupakan wisata air terjun yang masih belum diketahui oleh banyak orang, karena kawasannya yang memang kecil dan terletak di kawasan hutan lindung. Tapi meski begitu Curug Ngumpet yang terletak di kawasan hutan lindung ini menawarkan berbagai fasilitas yang cukup memadai, bagi yang suka udara segar di hutan rindang untuk para wisatawan dari daerah perkotaan, melakukan perkemahan, atau menjelajahi curug dengan hiking ringan atau hiking berat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Curug dalam kamus bahasa indonesia (KBI), yang artinya air terjun. Ngumpet dalam kamus bahasa Indonesia (KBI), yang artinya bersembunyi. jadi, Curug Ngumpet adalah air terjun yang bersembunyi. Dikatakan Curug Ngumpet, karena air terjunnya tersembunyi dibalik tebing-tebing pegunungan, dan air terjunnya yang tidak terlalu tinggi hanya berkisar 45 meter.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Berlokasi di Desa Gunungsari, Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan memiliki koordinat GPS pada peta yaitu: 6° 41' 47.65" S 106° 41' 20.18" E. Memiliki jarak 38 km dari Kota Bogor.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Curug Ngumpet merupakan salah satu serangkaian tempat wisata di kawasan Gunung Bunder, Pamijahan. Fasilitas yang tersedia di Curug Ngumpet, yaitu penginapan di sekitar Curug atau penginapan di kawasan Gunung Bunder, tempat perkemahan, dan outbound. Ada juga tempat makan, atau tempat ibadah yang memadai untuk para wisatawan.

Aksesibilitas[sunting | sunting sumber]

Untuk bisa mengunjungi Curug Ngumpet yang berada di kawasan wisata Gunung Salak Endah, bisa diakses dari 4 jalur. Curug Ngumpet berjarak 38 km dari Kota Bogor.

Rute pertama[sunting | sunting sumber]

Jalur (Cibungbulang – Pamijahan – Salak Endah).

Rute kedua[sunting | sunting sumber]

Jalur (Cikampak – Salak Endah).

Rute ketiga[sunting | sunting sumber]

Jalur (Cibatok – Salak Endah)

Rute keempat[sunting | sunting sumber]

Jalur (Taman Sari – Gunung Bunder – Salak Endah).

Curug Ngumpet merupakan salah satu dari serangkaian wisata di Gunung Salak Endah (GSE). Selain Curug Ngumpet, ada juga Curug Ngumpet 2, Curug Cigamea, Curug Seribu, dan berbagai curug lainnya.

Tiket dan Parkir[sunting | sunting sumber]

Untuk bisa masuk Curug Ngumpet, tiket masuknya Rp 10000 per orang. Sedangkan untuk masuk ke kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) tiket masuknya adalah Rp 7000 per orang termasuk untuk kendaraan roda dua.

Kasus[sunting | sunting sumber]

Pada 6 April 2016, ditemukan jasad seorang pelajar asal Jakarta Barat, Agung Reynaldi, yang tenggelam sejak sore hari sebelumnya, di tempat wisata Curug Ngumpet, Kampung Cimundak RT 03/RW 09, Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Menurut Kompol Roni, Korban meminta difoto sendirian di bawah air terjun. Korban berjalan mundur ke arah jatuhnya air terjun. Tapi kemudian korban malah tertarik, dan tenggelam ke bawah air air terjun.[1][2]

Foto[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]