Taman Wisata Matahari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah Objek wisata keluarga yang berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Meskipun berada di jalur wisata Puncak Pass yang rawan kemacetan lalu lintas[1], namun Taman Wisata Matahari cukup diminati Wisatawan domestik maupun mancanegara khususnya anak-anak dan remaja karena selain lokasinya yang relatif dekat dari Jakarta, harga tiket masuknya juga relatif murah. Dengan membeli Tiket Masuk Rp 20.000 di hari biasa atau Rp. 25.000 per orang di akhir pekan, pengunjung sudah bisa menikmati wahana water park, perahu kayak, perahu naga dayung dan perahu karet.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Taman Wisata Matahari didirikan di atas lahan seluas 16,5 hektar pada tahun 2007 oleh Hari Darmawan[2] dengan konsep Recreation and Education Park[3]

Pendirian Taman Wisata Matahari adalah bentuk pengabdian beliau sebagai anak bangsa yang mencintai tanah airnya. Beliau yang mengaku telah bertempat tinggal di daerah Cilember sejak  1975. Menurut Hari Darmawan, kawasan Taman Wisata Matahari sebelumnya merupakan kebun sayuran dan buah, lahan sayuran dan buah itu sampai sekarang tetap dipertahankan sebagai daya tarik untuk pengunjung dilengkapi dengan berbagai wahana permainan.

Keberadaan Taman Wisata Matahari sebagai objek wisata berbasis lingkungan memang telah membawa dampak positif secara ekonomi[4] terhadap kehidupan masyarakat di desa Cilember dan sekitarnya

Fasilitas dan Wahana[sunting | sunting sumber]

Tersedianya fasilitas dan wahana permainan yang cukup lengkap, pemandangan alam dan udara yang sejuk merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk menikmati liburan di Taman Wisata Matahari.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Dengan lahan seluas kurang lebih 40 hektar, Taman Wisata Matahari dapat menampung hingga sekitar 100.000 pengunjung. Untuk kenyamanan pengunjung, Taman Wisata Matahari telah dilengkapi fasilitas akomodasi berupa barak, villa dan hotel, lapangan, aula, saung dan gazebo. Selain itu Taman Wisata Matahari juga dilengkapi fasiltas penunjang seperti tempat parkir, toilet, mushola dan anjungan tunai mandiri.

Wahana[sunting | sunting sumber]

Taman Wisata Matahari yang mengusung konsep Recreation and Education Park menyajikan lebih dari 40 wahana permainan[5] yaitu:

  1. Wahana Wisata Edukasi:[6] Agro Sawah, Agro Sayur, Fun Games, Taman Satwa dan Wahana Penerbangan
  2. Wahana Wisata Air: sepeda air, bomber boat, perahu dayung, perahu motor, paddle boat, perahu naga, bola gila dan lain-lain
  3. Wahana Permainan: Matahari Fantasi, Dino Park, Wahana Padamoto, Citra PlayLand dan Trampolin Park.
  4. Wahana Petualangan: flying fox, motor ATV, oubound, wall climbing, arung jeram dan lain-lain

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Liputan6.com. "Jumlah Kendaraan Menuju Puncak Meningkat 50 Persen". liputan6.com. Diakses tanggal 2016-10-09. 
  2. ^ "Sejarah Taman Wisata Matahari". www.tamanwisatamatahari.id. Diakses tanggal 2016-10-08. 
  3. ^ "Rekreasi Sambil Belajar di Taman Wisata Matahari | Republika Online". Republika Online. Diakses tanggal 2016-10-09. 
  4. ^ Wulan, Septianti, Nurul (2013-01-01). "Estimasi dampak ekonomi kawasan Taman Wisata Matahari Cilember, Kabupaten Bogor terhadap masyarakat sekitar". 
  5. ^ "Liburan, Taman Wisata Matahari Ramai Pengunjung". Poskota News. 2015-12-31. Diakses tanggal 2016-10-09. 
  6. ^ Media, Mediani Dyah Natalia-Solopos Digital. "WISATA BOGOR : Taman Wisata Matahari, Rekreasi Asik Sambil Belajar". SOLOPOS.com. Diakses tanggal 2016-10-09. 

Pranala[sunting | sunting sumber]

  1. Website resmi www.tamanwisatamatahari.id

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  1. Taman Safari Indonesia
  2. Taman Bunga Nusantara