Pantai Kejawanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pantai Kejawanan Cirebon dalam mode tiny planet tahun 2014

Pantai Kejawanan Cirebon adalah salah satu dari pantai yang berada di wilayah Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Lokasi Pantai Kejawanan Cirebon dapat diakses oleh masyarakat umum. Pantai Kejawanan Cirebon dimanfaatkan sebagai pelabuhan, tempat pelelangan ikan dan wisata pantai.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pantai Kejawanan secara administratif terletak di Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.[1] Lokasi Pantai Kejawanan terletak di sebelah Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan. Kota Cirebon. Pantai Kejawanan memiliki topografi yang landai dan menjadi bagian dari Teluk Cirebon. Perairan di sekelilingnya tenang karena ombak yang terbawa angin hanya berukuran kecil.[2]

Peruntukan[sunting | sunting sumber]

Pantai Kejawanan merupakan satu-satunya pantai di Kota Cirebon yang dapat diakses oleh masyarakat umum.[3] Sebelum tahun 2000, Pantai Kejawanan hanya dimanfaatkan sebagai pelabuhan dan tempat pelelangan ikan oleh para nelayan Kota Cirebon. Namun pada tahun 2000, Pantai Kejawanan mulai dijadikan pula sebagai objek wisata pantai dan terapi penyakit dengan berendam di air laut.[1]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Foto 360 derajat
Berkas info • Tampilkan sebagai foto 360° derajat

Di Pantai Kejawanan pemandangan matahari terbit dapat disaksikan dengan posisi yang bagus, yaitu tepat di tengah-tengah pantai. Di sana juga kita bisa berwisata keliling pantai dengan menggunakan perahu motor milik nelayan, dengan tarif yang cukup murah yaitu seharga lima ribu Rupiah saja per orang, yang bahkan bisa di tawar hingga sebesar tiga ribu rupiah saja. Selain itu, di sana juga banyak disewakan perahu karet dengan tarif mulai seharga lima ribu Rupiah hingga sepuluh ribu Rupiah per perahu setiap satu jamnya,saat libur lebaran/jika sedang beruntung kita bisa melihat kapal nelayan/kapal tunda karena letaknya dekat dengan Pelabuhan Cirebon dan kita bisa berfoto di atas perahu dan melihat nelayan membawa hasil laut.

Kondisi Pantai Kejawanan yang landai dan dangkal menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung, terutama anak-anak. Karena mereka dapat bermain air hingga agak ketengah pantai. Walaupun demikian, pengunjung juga tetap dituntut untuk selalu berhati-hati. Jika Kita Lapar dipinggir pantai kita bisa makan seafood dengan view ke arah laut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Widagdo, Ridwan (2015). "Peran PPN Kejawanan dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kota Cirebon". Al-Mustashfa. 3 (1): 45. 
  2. ^ Sudirman, N., Husrin, S., dan Ruswahyuni (Januari 2014). "Kondisi Pantai Kejawanan Berdasarkan Kesesuaian Baku Mutu dan Indeks Pencemaran Untuk Kawasan Wisata Bahari" (PDF). Jurnal Ilmu Dasar. 15 (1): 43. 
  3. ^ Wiryadi, J., dan Laurens, J. M. (2019). "Fasilitas Wisata Pasar Ikan Kejawanan di Kota Cirebon". Jurnal e-Dimensi Arsitektur. VII (1): 954.