Curug Muara Jaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Curug Muara Jaya (aksara Sunda: ᮎᮥᮛᮥᮍ᮪ ᮙᮥᮃᮛ ᮏᮚ) terletak di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.

Curug Muara Jaya biasa juga dikenal sebagai Curug Apuy. Berada pada aliran Sungai Muara Jaya, tepat di lereng Gunung Ciremai.

Curug ini tergolong air terjun bertingkat atau Cascade. Dengan keseluruhan, tinggi terjunan air ini mencapai sekitar 73 meter. Terdapat 2 tingkat air terjun, tingkat yang pertama merupakan air terjun utama, tempat muasalnya aliran sungai jatuh dari ketinggian mencapai sekitar 60 meter di dinding tebing berbatu. Sementara tingkat yang kedua merupakan air terjun yang lebih pendek, tingginya hanya sekitar 13 meter.

Kawasan sekeliling Curug Muara Jaya memiliki udara yang sejuk. Tanahnya sangat subur, sehingga banyak ditemui hamparan kebun Palawija dan Sayur Mayur. Di wilayah ini juga ditumbuhi banyak Pohon Kesemek.

Setiap tahun, di objek wisata ini sering digelar upacara Pareresan [1], yang biasa dilakukan masyarakat setempat setelah melakukan panen raya.

Curug Muara Jaya Berjarak kurang lebih 54 km dari sisi barat daya Kota Cirebon, dan lebih dari 23 km dari arah tenggara ibu kota Kabupaten Majalengka. Serta dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat hingga sampai ke lokasi. Juga lokasi Kampung Apuy berdekatan dengan lokasi wisata Sayangkaak dan wisata Panorama Alam Panyaweuyan yang paling terkenal sebagai destinasi wisata paling favorit di Majalengka, dengan jarak kurang lebih hanya 1 kilometer saja dari Kampung Apuy.

Bila mengambil jalur dari pusat Kabupaten Majalengka, terlebih dahulu berkunjung di Maja yang merupakan kecamatan yang disebut sentra pasar sayuran di Kabupaten Majalengka. Dari sana lalu dilanjutkan menuju Desa Argalingga.

Sesampainya di Desa Argalingga, terdapat pertigaan yang jika ke kiri adalah 13 kilometer menuju ke arah Kecamatan Rajagaluh melalui Kecamatan Sindang (adalah alternatif jalan ke desa Argalingga jika tak melalui Maja), yang jika dari arah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon lebih cepat melalui jalan ini, yakni hanya memerlukan 45 kilometer saja jika dibandingkan melalui Kecamatan Maja yang memerlukan 53 kilometer jaraknya. Lalu perjalanan tak jauh berlanjut ke arah Kampung Apuy, Desa Argamukti. Meski medan jalan banyak berkelok dan dipenuhi tanjakan-turunan yang curam, namun Pemerintah Kabupaten Majalengka telah memperbaiki akses jalan aspalnya. Sehingga dapat mempermudah perjalanan dengan roda empat ataupun kendaraan yang lebih besar seperti Mikrobus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

[2] (https://alampriangan.com/wisata-curug-muara-jaya/)

Rujukan[sunting | sunting sumber]