Argapura, Majalengka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Argapura
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenMajalengka
Pemerintahan
 • CamatAmay Kamaludin, S.Sos.
Kepadatan565 jiwa/km²
Desa/kelurahan-

Argapura adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Namanya identik dengan nama salah satu Gunung di Papua dan Jawa Timur. Namun sebenarnya tidak memiliki keterkaitan apa-apa. Argapura menurut arti gramatikal, dari kata "Arga" yang berarti Gunung dan "Pura" yang berarti Kota. Jadi bisa diartikan sebagai kota yang berada di daerah Pegunungan. Benar begitu?

Mayoritas daerah di Kecamatan Argapura merupakan kawasan pertanian, perkebunan. Hasil bumi unggulannya adalah bawang daun, padi, boled (ubi ), bawang merah dan sebagainya. Memiliki objek wisata Curug Muara Jaya yang terletak di Desa Argalingga, yang cukup dikenal oleh masyarakat Majalengka maupun di luar itu. Selain itu, Kebon Pines di daerah yang sama juga sering dijadikan perkemahan. Disini baru memiliki 2 SLTP Negeri tanpa SMA, membuat anak-anak usia sekolah harus melanjutkan pendidikannya ke luar daerah, ke Kecamatan Maja atau Kecamatan Majalengka.

Bila tak memiliki Curug Muara Jaya, sebenarnya tidak ada yang bisa dikenal dari Kecamatan ini. Selain karena dinamika masyarakatnya yang cenderung stagnan, tenggelam oleh hiruk pikuk perekonomian yang bergeser dan berpusat di Kecamatan Maja. Aktivitas di pusat pemerintahan kecamatan yang berada di Desa Sukasari Kidul pun, sejatinya tak berbeda jauh dengan aktivitas di desa-desa lainnya di kecamatan ini. Tak ada inovasi, tak ada kegiatan yang bisa memberdayakan secara optimal potensi pertanian maupun wisata yang telah ada. Semuanya sederhana, apa adanya.

Akses transportasi maupun komunikasi sering dijadikan alasan sebagai penghambat pemberdayaan potensi ini. Hanya saja, hal itu kerap diimbangi dengan sikap acuh tak acuh dari pihak-pihak yang berwenang terhadap berbagai potensi yang sebenarnya ada disana.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Argalingga
  2. Argamukti
  3. Cibunut
  4. Cikaracak
  5. Gunungwangi
  6. Haurseah
  7. Heubeulisuk
  8. Mekarwangi
  9. Sadasari
  10. Sagara
  11. Sukadana
  12. Sukasari Kaler
  13. Sukasari Kidul
  14. Tejamulya

Potensi Pertanian[sunting | sunting sumber]

Wisata[sunting | sunting sumber]

Galery[sunting | sunting sumber]

Curug Apuy

Banyak yang keliru menyebut Curug (Air Terjun) ini adalah Curug Maja, tak terkecuali orang Majalengka sendiri. Mungkin hal ini disebabkan karena akses ke Curug tersebut melewati (Kecamatan) Maja. Padahal nama resminya adalah Curug Muara Jaya - meski penamaannya juga dipersoalkan[1]-, dan letaknya jelas di Kecamatan Argapura.


  1. ^ http://tatangmanguny.wordpress.com/bongkok-ciremay/curug-apuy-naha-make-diaranan-muara-jaya/