Curug Cimarinjung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Curug Cimarinjung
Curug Cimarinjung di Indonesia
Curug Cimarinjung
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Negara Indonesia
Koordinat 7°10′12″S 106°28′30″E / 7.169973°S 106.474924°E / -7.169973; 106.474924Koordinat: 7°10′12″S 106°28′30″E / 7.169973°S 106.474924°E / -7.169973; 106.474924
Pengelola Pemerintah Desa Ciwaru
Jenis objek wisata Air terjun

Curug Cimarinjung adalah air terjun berketinggian sekitar 50 meter yang berada di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Curug Cimarinjung terletak di kawasan Taman Bumi Ciletuh-Palabuhanratu dan berjarak beberapa kilometer dari pesisir Pantai Palangpang. Pemandangan curug sudah dapat dilihat dari pintu masuk ke kawasan Desa Ciemas, dengan panorama yang membentang seperti persawahan dan pedesaan [1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Curug Cimarinjung terletak di perbatasan Desa Ciwaru dan Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.[2] Rekomendasi rute terdekat adalah dari Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru. Sesuai dengan namanya, Curug Cimarinjung berada di aliran Sungai Cimarinjung pada ketinggian 100 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Sungai Cimarinjung merupakan sungai yang bermuara ke Teluk Ciletuh di Samudra Hindia.

Panorama[sunting | sunting sumber]

Panorama Curug Cimarinjung berupa suasana alam dipadu dengan curahan airnya yang sangat deras. Dan yang lebih memesona adalah tebing-tebing batuannya yang sangat menakjubkan. Tebing berwarna merah kecoklatan ditambah dengan tumbuhan hijau yang menempel di tebing membuat Curug Cimarinjung kian indah. Tak hanya itu, lokasi Curug Cimarinjung pun semakin indah dengan adanya dua bongkah batu berukuran besar yang mengapit aliran air sebelum turun ke bawah. Terdapat beberapa fasilitas penunjang wisata di area air terjun ini.

Aksesbilitas[sunting | sunting sumber]

Curug Cimarinjung berada sekira 99 Km dari pusat Kabupaten Sukabumi atau berkendara lebih dari 4 jam. Untuk mengakses Curug Cimarinjung dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, namun disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusat Kabupaten Cianjur, ambilkan rute jalan raya Sukabumi-Pelabuhan Ratu-Ciemas. Curug Cimarinjung juga dapat ditempuh melalalu rute Sukabumi-Jampang Tengah-Ciemas. Kedua rute ini akan sama-sama bertemu di pertigaan Kiara Dua, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan.

Referensi[sunting | sunting sumber]