Caterham F1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Caterham
Caterham F1 Team logo.svg
Nama resmi Caterham F1 Team
Kantor pusat Leafield Technical Centre
Leafield, Oxfordshire, United Kingdom
Pendiri Tony Fernandes
Pembalap terkenal Bendera Swedia Marcus Ericsson
Bendera Belanda Giedo van der Garde
Bendera Jepang Kamui Kobayashi
Bendera Finlandia Heikki Kovalainen
Bendera Rusia Vitaly Petrov
Bendera Perancis Charles Pic
Nama sebelumnya Lotus Racing/Team Lotus
Sejarah tim dalam ajang Formula Satu
Lomba pertama Grand Prix Australia 2012
Ikut lomba 56
Mesin Renault
Gelar konstruktor 0 (Best Finish: 10th in 2012)
Gelar pembalap 0 (Best Finish: 19th by Petrov in 2012 and Ericsson in 2014)
Menang 0
Podium 0
Poin 0
Posisi pole 0
Lap tercepat 0
Lomba terakhir Grand Prix Abu Dhabi 2014

Caterham F1 Team (atau nama resmi perusahaannya 1Malaysia Racing Team Sdn Bhd)[1] merupakan sebuah tim Formula Satu dari Malaysia yang berkantor pusat di Inggris. Tim ini turun sebagai Caterham untuk kali pertama pada musim 2012, setelah sebelumnya turun sebagai Team Lotus pada tahun 2011. Tim ini merupakan anak perusahaan dari Caterham Cars yang pada saat itu diakusisi oleh Tony Fernandes, yang kemudian membentuk Caterham Group.[2] Caterham Racing adalah tim feeder Caterham F1, yang turun dalam kejuaraan GP2 Series sejak tahun 2011.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 27 April 2011, Tony Fernandes mengumumkan bahwa ia telah membeli pabrikan mobil sport mewah asal Inggris, Caterham Cars. Sebagai salah satu perusahaan yang bekerja untuk kedua belah pihak (Caterham dan Team Lotus), Fernandes kemudian mendirikan Team Lotus Enterprise. Fernandes lantas berkeinginan untuk memakai nama Caterham di F1 musim 2012. Pengajuan penggantian nama ini kemudian ia ajukan ke FIA pada akhir musim 2011 dan dengan diiringi penjualan hak nama "Team Lotus" kepada tim Lotus Renault GP, FIA pun akhirnya memastikan bahwa tim Lotus milik Fernandes akan berganti nama menjadi Caterham F1 Team mulai musim 2012. Sesuai keputusan pengadilan sebelumnya soal sengketa nama "Lotus", Fernandes masih mempertahankan skema warna hijau-kuning untuk timnya, sementara tim Lotus Renault GP tetap memakai skema warna hitam-emas.

Musim 2012 Caterham mengganti pembalap Jarno Trulli dengan Vitaly Petrov. Di Australia, Petrov berhenti di tengah lintasan sehingga mengakibatkan Safety Car keluar. Di Malaysia, Kovalainan berhasil melaju ke Q2 mengalahkan Michael Schumacher. Di GP Eropa, Petrov dan Kovalainen berada di posisi yang bagus tetapi terjadi kontak dengan STR yang mengakibatkan Kovalainen hanya finish ke 13, hasil terbaik. Di Inggris, CT01 mendapatkan upgrade pertama mereka. Di Brazil, Petrov berhasil mencetak rekor dengan finish ke 11 yang membawa Caterham finish di urutan 10 konstruktor.

2013 tim merombak pembalap. Mereka mengontrak Charles Pic dan Giedo van der Garde. Pada GP Belgia, van der Garde mencetak hasil kualifikasi terbaik Caterhan dengan start ke 14. Meskipun memiliki mobil yang lebih cepat, tim finish di urutan buncit (11) dibawah Marussia.

2014, Kamui Kobayashi dan Marcus Ericsson dikontrak sebagai pembalap. Pemilik tim, Tony Fernandes memperingatkan jika hasil tim tidak berubah, tim mungkin akan keluar F1. Di GP Monaco tim mencetak sejarah sebagai tim dengan balapan terbanyak yang belum mencetak poin setelah Marussia mencetak poin. Tim tidak hadir di balapan US dan Brazil karena masalah dana. Setelah mengadakan pencarian dana, akhirnya mereka bisa membalap kembali di Abu Dhabi. Tim pun akhirnya dijual.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 Oktober 2014, diumumkan bahwa Caterham telah memasuki administrasi,[3] dan telah menarik tim manajemennya. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan atas nama Caterham mengatakan bahwa para administrator, Smith & Williamson, sekarang memegang kendali tim.[4] Bernie Ecclestone memberi dispensasi khusus kepada Caterham untuk melewatkan Grand Prix Amerika Serikat dan Grand Prix Brasil ketika mereka berusaha menemukan pembeli untuk tim tersebut.[5]

Terlepas dari dispensasi di atas, absennya Grand Prix manapun melanggar peraturan Formula Satu. Namun demikian, di Grand Prix Amerika Serikat, karena keadaan keuangan tim saat ini & nbsp;- mirip dengan Marussia F1  - petugas FIA memutuskan untuk tidak mengenakan denda apapun. Sebagai gantinya, mereka menyebut masalah ini sebagai perhatian presiden FIA.[6] Selain itu, untuk tahun 2015, Sauber mengumumkan pertunangan sopir Caterham, Marcus Ericsson[7] yang mengakhiri kontraknya dengan Caterham pada 12 November 2014.[8]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kemasukan Kejuaraan Dunia Formula Satu 2013 FIA. Retrieved 26 Mac 2013.
  2. ^ "Team Lotus membeli Caterham Cars". Formula1.com. Kumpulan Formula Satu. 28 April 2011. Diakses tanggal 28 April 2011. 
  3. ^ "Caterham F1 manufacturer goes into administration". BBC Sport. 21 October 2014. Diakses tanggal 21 October 2014. 
  4. ^ Noble, Jonathan (24 October 2014). "Caterham F1 team now run by administrator as management steps back". Autosport. Haymarket Publications. Diakses tanggal 18 December 2014. 
  5. ^ Noble, Jonathan (24 October 2014). "Caterham F1 team set to miss next two races as it seeks buyer". Autosport. Haymarket Publications. Diakses tanggal 18 December 2014. 
  6. ^ Noble, Jonathan (30 October 2014). "US GP: Stewards refer Caterham, Marussia F1 teams' absence to FIA". Autosport. 
  7. ^ "Marcus Ericsson to drive for Sauber in 2015". Grandprix.com. 1 November 2014. 
  8. ^ "Caterham: Marcus Ericsson terminates deal". BBC Sport. 12 November 2014. Diakses tanggal 12 November 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]