Lyncar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lyncar
Pendiri Martin Slater
Sejarah tim dalam ajang Formula Satu
Lomba pertama 1974 British Grand Prix
Lomba terakhir 1975 British Grand Prix
Ikut lomba 2 (1 start)
Mesin Ford V8
Gelar konstruktor 0
Gelar pembalap 0
Menang 0
Posisi pole 0
Lap tercepat 0

Lyncar adalah konstruktor Formula Satu dari Inggris. Mereka hanya berpartisipasi dalam dua grand prix, yaitu lomba Grand Prix Inggris edisi 1974 and 1975 yang memasukkan total dua mobil.

Pendiri Lyncar, Martin Slater telah membangun dan mengemudikan mobilnya sendiri dalam formula junior sebelum menjadi perancang untuk Lola, Brabham dan March. Pada tahun 1971, Slater membangun sebuah mobil untuk memasuki Kejuaraan Formula Atlantik Inggris, yang merupakan rangkaian pertama dari mesin yang menghasilkan Lyncar 005 dimana pembalap mesin McLaren dan pembalap amatir John Nicholson memenangkan kejuaraan 1973 dan 1974.

Berdasarkan kesuksesan di Formula Atlantic, Nicholson menugaskan sebuah sasis Formula Satu dari Slater. Nicholson saat itu telah mendirikan bisnis pembuatan mesinnya sendiri dan tidak dapat meluangkan waktu untuk sebuah musim Grand Prix penuh. Dia memasuki balapan non-kejuaraan dan Grand Prix Inggris pada 1974 dan 1975, lolos ke babak kedua. Dia diklasifikasikan 17 (lima lap di belakang) meski menabrak badai berat di akhir balapan.

Mobil tersebut kemudian diperbarui dan masuk ke Emilio de Villota di Shellsport International Series, memenangkan sebuah putaran pada tahun 1977 di Mallory Park.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]