Automobiles Martini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Martini
Nama resmi Automobiles Martini
Kantor pusat Magny-Cours, Perancis
Pendiri Renato Martini,
Bill Knight
Pembalap terkenal Bendera Perancis René Arnoux
Sejarah tim dalam ajang Formula Satu
Lomba pertama 1978 South African Grand Prix
Ikut lomba 9 (4 start)
Mesin Ford Cosworth DFV V8
Gelar konstruktor 0
Gelar pembalap 0
Menang 0
Podium 0
Poin 0
Posisi pole 0
Lap tercepat 0
Lomba terakhir 1978 Dutch Grand Prix

Automobiles Martini adalah konstruktor mobil balap Formula dari Prancis yang didirikan oleh Renato "Tico" Martini pada tahun 1965, saat Martini dan partner Bill Knight mendirikan Winfield Racing School di sirkuit Magny-Cours di Prancis. Mobil pertama Martini adalah MW3, mobil Formula Tiga yang dibangun pada tahun 1968.

Meskipun lebih dikenal dengan keberhasilan mereka dalam Formula Tiga, Formula Renault dan formula rendah lainnya selama tahun 1970-an dan 1980-an, mereka juga dikenal karena telah mengambil bagian dalam sembilan putaran musim Formula Satu 1978 dengan sasis MK23 tunggal, memberikan René Arnoux (kemudian menjadi pembalap untuk Renault dan Ferrari) debutnya di Formula Satu. Alain Prost juga menggunakan Martini bertenaga Renault untuk memenangkan Kejuaraan Formula Tiga Prancis 1978 dan 1979 saat mengemudi untuk tim Prancis, Oreca.

Dengan Reynard, Ralt dan Dallara berkerumun di pasar F3 pada akhir 1980an, Martini mengurangi program pelanggan mereka, menjaga kehadiran keras kepala di kejuaraan F3 Prancis selama tahun 1990-an, sampai akhirnya Tico Martini menjual tim tersebut kepada Guy Ligier pada tahun 2004.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]