Bellasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Bellasi adalah konstruktor Formula Satu dari Italia yang turun di bawah bendera Swiss. Mereka berpartisipasi dalam 6 grand prix selama awal 1970-an dengan total mobil yang diturunkan berjumlah enam mobil.

Guglielmo Bellasi adalah salah satu dari beberapa produsen mobil yang mencoba untuk eksis di Formula 3 Italia pada akhir tahun 1960. Mobil Bellasi F3 pertama kali muncul pada tahun 1966, dimasukkan oleh Inter Scuderia Corse dan dikemudikan oleh Guglielmo Bellasi sendiri. Mobil ini bermesin Ford dan memiliki beberapa potensi diantaranya adalah finis ketiga dalam lomba Circuito del Lago di Garda sebulan kemudian. Mobil Bellasi F3 muncul lagi pada tahun 1967 dengan Bellasi dan Sandro Angeleri mengemudi secara bergantian tetapi ada upaya yang lebih terpadu pada tahun 1968 dengan Scuderia Club Jolly berjalan sebanyak empat mobil untuk Angeleri, Pino Mariella, Franco Conti dan lain-lain. Hasil terbaik adalah tempat kelima untuk Mariella di Autodromo Coppa di Monza. Mobil serupa terus terlihat pada tahun 1969 dengan Georges Ferreira, Pino Pica dan Giorgio Pianta antara driver.

Untuk 1970 Silvio Moser Bellasi ditugaskan untuk merancang mobil bagi tim ini. Dengan menggunakan mesin Cosworth (dan juga menggunakan beberapa komponen dari Moser Brabham BT24-3 yang sempat digunakan oleh Silvio Moser Racing Team SA), mereka lantas pergi untuk berlaga di GP Belanda pada bulan Juni tetapi gagal untuk memenuhi syarat di sana dan terulang lagi di Perancis. Tim tidak repot-repot untuk pergi ke Inggris karena tidak ada uang dan kemudian terulang lagi kegagalan untuk memenuhi syarat di Jerman sebelum akhirnya mereka bisa masuk grid di GP Austria. Mobil itu bertahan 13 lap sebelum terlibat kecelakaan dan di Autodromo Monza itu kembali ke non-kualifikasi. Mobil itu muncul kembali untuk kejuaraan non poin di Argentina pada tahun 1971, dimasukkan oleh Jolly Club. Pada bulan September mobil itu muncul lagi di GP Italia dan berkualitas tetapi pensiun setelah hanya lima lap.