Federasi Otomotif Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari FIA)
Lompat ke: navigasi, cari
FIA logo.png

Fédération Internationale de l'Automobile, atau disingkat FIA, adalah asosiasi non-profit yang didirikan pada 20 Juni 1904 yang mewakili kepentingan individu dan organisasi otomotif.

Didirikan dengan nama Association Internationale des Automobile Clubs Reconnus (AIACR), bermarkas di 8, Place de la Concorde, Paris, Perancis, terdiri dari 207 anggota berasal dari 122 negara di seluruh dunia. Presidennya yang sekarang adalah Jean Todt.

FIA lebih dikenal sebagai badan yang membawahi kegiatan olahraga balap motor. Sejak 1922, FIA telah mendelegasikan pengorganisasian balap motor ke CSI (Commission Sportive Internationale), sebuah komite otonom yang kemudian menjadi FISA (Fédération Internationale du Sport Automobile). Restrukturisasi FIA pada 1993 mengakibatkan ditutupnya FISA, dengan demikian menempatkan kembali kegiatan lomba balap motor dibawah manajemen FIA.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1950, FIA mengorganisasikan kejuaraan dunia pertama untuk balap mobil yang dikenal sekarang ini dengan nama Formula Satu.

Pada 1973, FIA mengorganisasikan kejuaraan dunia relli pertama. Rallye Automobile Monte Carlo menjadi lomba Kejuaraan dunia relli pertama di dunia.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Sekarang ini FIA mengatur kegiatan-kegiatan olahraga berikut:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]