Stasiun Purwosari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stasiun Purwosari
23-pws.jpg
Purwosari Balapan Jebres.jpg
Emplasemen Stasiun Purwosari
Letak
Provinsi Jawa Tengah
Kota Surakarta
Kecamatan Lawiyan
Kelurahan Purwosari
Sejarah
Informasi lain
Operator Daerah Operasi VI Yogyakarta
Kode stasiun PWS
Ketinggian +98 m
Layanan Prambanan Ekspres, Kahuripan, Senja Bengawan, Feeder Wonogiri, Sriwedari
Tata letak stasiun
Stasiun Purwosari pada tahun 1912-1925.

Stasiun Purwosari (PWS) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 502, Purwosari, Lawiyan, Surakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +98 m ini berada di Daerah Operasi VI Yogyakarta.

Stasiun Purwosari dibangun pada tahun 1875, dan merupakan stasiun tertua di Surakarta. Pembangunannya ditangani oleh NISM. Stasiun Purwosari berada di wilayah Mangkunegaran.

Stasiun Purwosari merupakan stasiun percabangan jalur kereta api, antara arah Surabaya dengan Wonogiri. Jalur yang menuju Surabaya termasuk kelas utama, sedangkan yang ke Wonogiri termasuk kelas sekunder. Sampai Stasiun Sangkrah, jalur ini termasuk unik karena menjadi satu-satunya jalur kereta api di Indonesia yang berjejer berdampingan dengan jalan raya. Dahulu sepanjang jalur Purwosari-Sangkrah terdapat 8 buah halte, yakni Pesanggrahan, Ngadisuran, Bando, Ngapeman, Pasarpon, Cayudan, Kauman dan Lojiwetan. Halte-halte tersebut sekarang sudah tidak ada lagi.

Stasiun Purwosari memiliki 9 jalur kereta api, 4 buah sebagai jalur utama, 3 untuk stabling gerbong barang, dan 2 jalur menuju ke dipo lokomotif dan gudang semen. Dari Stasiun Purwosari juga dahulu terdapat jalur percabangan yang menuju Boyolali melalui Kartasura, yang kini sudah tidak ada lagi. Jalur ini juga mempunyai cabang di Tegalsari menuju Colomadu. Sampai sekarang, beberapa bagian dari sisa-sisa jalur tersebut masih dapat disaksikan.

Dahulu Stasiun Purwosari merupakan dipo lokomotif, jejak peninggalan sebagai dipo lokomotif masih terdapat menara air di sisi utara stasiun. Saat ini stasiun ini masih berfungsi sebagai dipo, namun bukan dipo lokomotif melainkan dipo alat mekanik. Bongkar muat semen juga dilakukan di Stasiun Purwosari.

Kereta api[sunting | sunting sumber]

Stasiun sebelumnya:
Stasiun Gawok
Jalur kereta api Kutoarjo-Purwosari Stasiun berikutnya:
---
Stasiun sebelumnya:
---
Jalur kereta api Purwosari-Solo Balapan Stasiun berikutnya:
Stasiun Solo Balapan
Stasiun sebelumnya:
---
Jalur kereta api Purwosari-Wonogiri Stasiun berikutnya:
Stasiun Solo-Kota