Stasiun Kepanjen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stasiun Kepanjen
Sta. Kepanjen.jpg
Stasiun Kepanjen
Letak
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Malang
Kecamatan Kepanjen
Desa Kepanjen
Sejarah
Informasi lain
Operator Daerah Operasi VIII Surabaya
Singkatan stasiun KPN
Ketinggian +335 m
Layanan Malabar, Gajayana, Matarmaja, Penataran, Malioboro Ekspres
Tata letak stasiun

Stasiun Kepanjen (KPN) adalah stasiun kereta api di Kepanjen, Kepanjen, Malang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +335 m ini berada di Daerah Operasi VIII Surabaya. Stasiun ini merupakan satu-satunya yang melayani rute jarak jauh di Kabupaten Malang. Saat ini Stasiun Kepanjen dijabat oleh Kepala Stasiun Kepanjen Joko Prabowo.

Stasiun Kepanjen memiliki emplasemen sebanyak 3 jalur/track. Jalur 1 dipakai sebagai "Spoor Badug" (jalur buntu untuk mengalihkan kereta pada tempat aman), jalur 2 atau biasa disebut spoor lurus yang merupakan jalur tempat berhenti dan berangkatnya kereta api. Sehingga jalur 2 sangat sering digunakan/dilewati kereta api baik dari arah hilir maupun hulu (Utara atau Selatan).Sedangkan Jalur 3, digunakan apabila ada persilangan kereta api atau dalam keadaan darurat.

Sebenarnya Stasiun Kepanjen memiliki lebih dari 3 jalur. Jalur 1 dulunya merupakan track aktif namun pada perkembangannya dibangunlah peron stasiun dan Musholla di utara stasiun serta pemindahan ruang PPKA yang sebelumnya terletak di ruangan tunggu VVIP/reservasi ticket. Jalur 2 dan 3 tetap tidak berubah. Sedangkan Jalur 4 berada di sebelah timur Jalur 3 yang saat ini menjadi ruko stasiun dan kantor jasa pengiriman barang via kereta api PT. HERONA atau KA LOGISTICS. Jalur 4 dulunya juga merupakan timbangan kereta atau biasa disebut Depo Kereta. Namun sejak Tahun 1990-an, Jalur 4 dihapus dan Depo Kereta dipindahkan ke Stasiun Malang Kota Baru.

Stasiun Kepanjen pada zaman Penjajahan Kolonial Belanda sebenarnya ada 2 yaitu Stasiun Kepanjen milik Perusahaan SS (Staat Spoorwegen/Stasiun Kepanjen saat ini) dan Stasiun Trem Kepanjen milik Perusahaan MSM (Malang Stoomtram Maatschappij) yang mengoperasikan Trem Uap dan berlokasi di belakang Masjid Agung Baiturrahman Kepanjen (Sekarang menjadi SMP Islam). Trem Uap tersebut dulunya merupakan transportasi antar desa/kecamatan baik angkutan orang maupun barang/rempah-rempah hasil rampasan Belanda. Jalur rel Stasiun Trem Kepanjen sangat panjang koridornya. Stasiun yang terdaftar mulai dari Kepanjen-Halte Sumedang-Halte Panggungrejo-Halte Mangunrejo-Halte Sengguruh-Halte Kemiri. Setelah dari Halte Kemiri, Jalur Trem tersebut kemudian menyeberangi sungai melalui Jembatan Afiat dan menyambung hingga Halte Brongkal-Halte Banjarejo-Stasiun Gondanglegi. Di Stasiun Gondanglegi, kemudian jalur tersebut mengalami percabangan terpisah menjadi 3 jalur. 1 jalur dari arah Kepanjen, 1 Jalur menuju arah Malang Kota Lama dan 1 jalur lagi menuju arah Turen-Dampit.

Layanan kereta api[sunting | sunting sumber]

Kelas Eksekutif[sunting | sunting sumber]

Kelas Bisnis/Campuran (Eksekutif/Bisnis/Ekonomi)[sunting | sunting sumber]

KA Ekonomi[sunting | sunting sumber]



Stasiun sebelumnya:
Stasiun Ngebruk
Stasiun berikutnya:
Stasiun Pakisaji

Koordinat: 8°07′55″LS 112°34′23″BT / 8,1319791°LS 112,5731599°BT / -8.1319791; 112.5731599