Walrus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Walrus[1]
Walrus2.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Infrakelas: Eutheria
Ordo: Carnivora
Upaordo: Caniformia
Superfamili: Pinnipedia
Famili: Odobenidae
Allen, 1880
Genus: Odobenus
Brisson, 1762
Spesies: O. rosmarus
Nama binomial
Odobenus rosmarus
(Linnaeus, 1758)
Subspecies

O. rosmarus rosmarus
O. rosmarus divergens
O. rosmarus laptevi (debated)

Odobenus rosmarus distribution.png
Distribution of walrus

Walrus (Odobenus rosmarus) adalah mamalia laut yang tersebar di Samudra Arktik dan Laut sub-Arktik di Belahan Utara Bumi. Walrus adalah satu-satunya spesies dalam keluarga Odobenidae dan genus Odobenus. Spesies ini terbagi menjadi 3 subspesies yaitu Walrus Atlantik, Walrus Pasifik, O. rosmarus laptevi.

Walrus mudah dikenali karena memiliki gading. Walrus Pasifik dewasa dapat mencapai berat 1700 kg dan hanya dilampaui oleh anjing laut gajah. Hewan ini termasuk hewan sosial dan biasanya mencapai usia lanjut.

Walrus memiliki peran penting dalam budaya orang Polar, yang memburu Walrus untuk daging, lemak, kulit, gading, dan tulangnya. Pada abad ke-19 dan ke-20 Walrus dieksploitasi untuk blubber dan gadingnya. Oleh karena itu jumlahnya menurun pada masa itu, namun jumlahnya telah meningkat kembali pada masa ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wozencraft, W. C. (2005-11-16). Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds), ed. Mammal Species of the World (3rd edition ed.). Johns Hopkins University Press. ISBN 0-8018-8221-4. 
  2. ^ Lowry, L., Kovacs, K. & Burkanov, V. (IUCN SSC Pinniped Specialist Group) (2008). "Odobenus rosmarus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2008. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 22 March 2009.  Database entry includes a brief justification of why this species is of data deficient