Puma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cougar)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Puma
Cougar 25.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Famili: Felidae
Genus: Puma
Spesies: P. concolor
Nama binomial
Puma concolor
Linnaeus, 1771
Cougar range map 2010.png
Distribusi puma

Puma (Puma concolor) atau cougar atau singa gunung adalah binatang mamalia yang tergolong dalam kelompok kucing besar. Puma umumnya dijumpai di kawasan benua Amerika. Puma mempunyai genetik yang lebih dekat dengan kucing dibandingkan dengan singa.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Makanan cougar umumnya adalah rusa, tupai, ikan, dan lain-lain.

Cougar menyerang mangsanya dengan menyergap atau menyerang tiba-tiba karena ia memiliki stamina yang tidak terlalu bagus. Hal tersebut menyebabkan cougar harus menghemat energi, seperti singa dan kucing.

Hubungan dengan manusia[sunting | sunting sumber]

Banyak sekali kasus penyerangan cougar terhadap manusia yang tercatat, motif penyerangan adalah karena mereka putus asa karena sumber makanan berkurang akibat hilangnya habitat. Mereka sering menyerang anak kecil dan orang yang sedang bersepeda atau berlari karena gerakan-gerakan tersebut mirip dengan gerakan yang biasanya dilakukan mangsa cougar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Network), Clay Nielsen (The Cougar; University), Marcella Kelly (Virginia Polytechnic and State; Carlos Lopez-Gonzalez (Universidad Autonoma de Queretaro, Biologia); Department), Dan Thompson (Wyoming Game and Fish (17 Apr 2014). "IUCN Red List of Threatened Species: Puma". IUCN Red List of Threatened Species.