Lynx

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini membahas binatang Lynx. Untuk penggunaan lain dari kata ini, lihat Lynx (disambiguasi).
?Lynx[1]
Lynx Kanada
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Famili: Felidae
Upafamili: Felinae
Genus: Lynx
Kerr, 1792
Tipe spesies
Felis lynx
Linnaeus, 1758
Keseluruhan penyebaran spesies Lynx.
Keseluruhan penyebaran spesies Lynx.
Species

Lynx lynx
Lynx canadensis
Lynx pardinus
Lynx rufus

Lynx adalah salah seekor dari 17 jenis kucing liar yang berukuran sedang. Semuanya adalah anggota dari genus Lynx, namun ada banyak kekacauan tentang cara terbaik untuk menggolong-golongkan spesies felis pada masa kini. Sebagian ahli menggolongkan mereka sebagai bagian dari genus Felis.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Ke-17 spesies yang dimasukkan dalam genus ini adalah:

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Lynx mempunyai ekor pendek, dan biasanya dengan sejumput bulu hitam pada ujung telinganya. Mereka memiliki lingkaran di bawah lehernya yang memiliki garis-garis hitam (tak begitu terlihat) dan kelihatan seperti dasi kupu-kupu. Mereka mempunyai cakar yang besar dengan lapisan tebal untuk berjalan di salju, serta kumis yang panjang di mukanya. Warna tubuhnya berbeda-beda dari coklat muda hingga abu-abu, dan biasanya ditandai dengan bintik-bintik coklat tua, khususnya pada keempat kakinya. Berat mereka sekitar 15 kg hingga sekitar 30 kg. Lynx Eurasia lebih besar daripada spesies yang lainnya. Lynx Iberia jauh lebih kecil daripada spesies-spesies lainnya.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Lynx tinggal di hutan-hutan pada tempat yang tinggi yang tertutup rapat oleh semak-semak dan rerumputan. Meskipun kucing ini hanya berburu di permukaan tanah, mereka dapat memanjat pohon dan berenang. Meskipun ia dapat ditemukan di wilayah-wilayah utara di Skandinavia, pada umumnya mereka ditemukan di Amerika Utara dan di sejumlah kantung di pegunungan Himalaya.

Lynx Eurasia (Lynx lynx) dianggap telah punah di habitat liarnya di Slovenia dan Kroasia sejak permulaan abad ke-20, tetapi proyek pemukiman kembali yang dimulai pada 1973 memberikan hasil. Kini lynx dapat ditemukan di pegunungan Alpen Slovenia dan di wilayah-wilayah Kroasia di Gorski Kotar dan Velebit. Di kedua negara ini, lynx didaftarkan sebagai spesies yang terancam dan dilindungi oleh hukum. Perjalanan mengamati lynx dapat dilakukan di alam terbuka dan diatur dengan Taman Nasional Kroasia "Risnjak". Sejak tahun 1990-an, ada sejumlah upaya untuk memukimkan kembali Lynx Eurasia di Jerman. Lynx juga dapat ditemukan di Hutan Białowieża di timur laut Polandia. Lynx Ibria yang terancam krisis hidup di selatan Spanyol dan sebelumnya di Portugal timur. Lynx lebih sering ditemukan di Eropa Utara - khususnya di Estonia, Finlandia dan bagian-bagain utara Rusia.

Sejak 1999, Divisi Binatang Liar Colorado telah memulai upaya memperkenalkan kembali populasi lynx liar ke Amerika Serikat. Penyebaran binatang ini dibatasi di Kanada namun belakangan menyebar ke Pegunungan Rocky Colorado, dan setelah mereka dipasangi radio leher diketahui bahwa mereka seringkali bermigrasi di seluruh Amerika Serikat bagian barat. Meskipun telah tampak beberapa tanda yang menjanjikan, para biologiwan mengatakan masih dibutuhkan waktu lebih dari satu dasawarsa untuk memastikan apakah program ini berhasil. Namun, pada 2006, dicatat kasus pertama seekor lynx kelahiran asli Colorado yang melahirkan keturunannya sejak 1999. Lynx itu melahirkan dua ekor bayi dan memastikan kemungkinan dikembangkannya kembali binatang ini.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Ciri-ciri perilaku lynx umumnya mirip dengan macan tutul. Lynx biasanya hidup sendirian, meskipun sekelompok kecil lynx ada kalanya melakukan perjalanan dan berburu bersama-sama. Perkawinan terjadi pada akhir musim dingin. Tempat istirahat yang mereka sukai adalah lubang-lubang kecil atau di bawah dinding batu yang mencuat keluar. Setahun sekali lynx melahirkan antara 2 hingga 4 ekor anak. Mereka hidup dengan memangsa binatang-binatang yang besarnya hingga Reindeer, Roe Deer dan Chamois, namun yang lebih sering adalah burung-burung, mamalia kecil, ikan, kambing dan domba.

Lynx pernah terlihat (2006) di daerah Pegunungan Wet di Colorado. Namun, melihat lynx sendiri adalah peristiwa yang sangat jarang, karena binatang ini sangat pemalu dan hidup sendirian. Hidupnya penuh rahasia dan biasanya menghindari manusia. Lynx dilaporkan pernah menyerang manusia, namun hal itu sangat jarang terjadi, dan hampir selalu dalam upaya membela diri.

Status hukum[sunting | sunting sumber]

  • Berburu lynx dianggap melawan hukum di banyak negara.
  • Lynx Kanada adalah sebuah spesies terancam di AS.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Tiga munisipalitas Norwegia menampilkan seekor lynx di lambang mereka: Bygland, Hamarøy dan Hemsedal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wozencraft, W. C. (2005-11-16). In Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds). Mammal Species of the World (ed. 3rd edition). Johns Hopkins University Press. hlm. 541–542. ISBN 0-801-88221-4. 
  • Nair, S.M. (1999). Endangered Animals of India and their conservation (bahasa Tamil). terj. oleh O.Henry Francis (ed. English edition). National Book Trust. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]