Leopardus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Leopardus[1]
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Famili: Felidae
Upafamili: Felinae
Genus: Leopardus
Gray, 1842
Leopardus diversity
Leopardus diversity

Leopardus adalah genus yang terdiri dari kucing tutul kecil, sebagian besar berasal Amerika Selatan dan Tengah. Sangat sedikit di Amerika Serikat bagian selatan. Genus ini dianggap cabang tertua di bagian dari keluarga kucing yang menyeberang ke Amerika, diikuti oleh genera Lynx dan Puma. Spesies terbesar dalam Leopardus adalah Ocelot ; sebagian besar spesies lainnya menyerupai kucing rumah domestik dalam ukuran, dengan Kodkod (L. guigna) menjadi kucing terkecil di Amerika. Margay (L. wiedii) lebih cepat beradaptasi dengan kehidupan arboreal daripada kucing lain di Amerika.[2]


Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa revisi di cabang Felidae ini dalam beberapa tahun terakhir. Leopardus sebelumnya dianggap sebagai subgenus dari genus Felis. Pantanal dan Pampas Cat sebelumnya dianggap subspesies Colocolo.

Studi genetik menunjukkan bahwa genus Leopardus membentuk clade yang berbeda dalam subfamili kucing, dan pertama kali berevolusi di Amerika Selatan sekitar sepuluh sampai dua belas juta tahun yang lalu. Dalam genus, tampaknya ada dua garis keturunan evolusi yang berbeda, satu menuju ke Ocelot, Margay, dan Andean Mountain Cat, dan lain yang mengarah ke spesies yang tersisa.[3]


Genus ini tidak termasuk Leopard, spesies yang ada di Panthera genus.

Spesies[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wozencraft, W. C. (2005-11-16). In Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds). Mammal Species of the World (ed. 3rd edition). Johns Hopkins University Press. hlm. 537–540. ISBN 0-801-88221-4. 
  2. ^ Reid, Fiona A. (2009). A Field Guide to the Mammals of Central America and Southeast Mexico (ed. 2). Oxford University Press. hlm. 277. ISBN 978-0-19-534323-6. 
  3. ^ Johnson, W.E. et. al. (1998). "Tracking the evolution of the elusive Andean mountain cat (Oreailurus jacobitus) from mitochondrial DNA". Journal of Heredity 89 (3): 227–232. doi:10.1093/jhered/89.3.227. PMID 9656464.