Saraf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Saraf
Nerves of the left upper extremity.gif
Saraf (kuning) di lengan
Rincian
Pengidentifikasi
Bahasa Latinnervus
TAA14.2.00.013
FMA65132
Daftar istilah anatomi

Saraf adalah serat-serat yang menghubungkan organ-organ tubuh dengan sistem saraf pusat (yakni otak dan sumsum tulang belakang) dan antar bagian sistem saraf dengan lainnya. Saraf membawa impuls dari dan ke otak atau pusat saraf. Neuron kadang disebut sebagai sel-sel saraf, meski istilah ini sebenarnya kurang tepat karena banyak sekali neuron yang tidak membentuk saraf.

Saraf adalah bagian dari sistem saraf periferal. Saraf aferen membawa sinyal sensorik ke sistem saraf pusat, sedangkan saraf eferen membawa sinyal dari sistem saraf pusat ke otot-otot dan kelenjar-kelanjar. Sinyal tersebut seringkali disebut impuls saraf, atau disebut potensial akson.

Sistem saraf terdiri dari dua tipe umum, difus dan terpusat. Dalam sistem tipe difus, ditemukan pada invertebrata yang lebih rendah, neuron didistribusikan ke seluruh organisme dalam pola mirip jaring. Dalam sistem terpusat dari invertebrata dan vertebrata yang lebih tinggi, sebagian dari sistem saraf memiliki peran dominan dalam mengoordinasikan informasi dan mengarahkan respons. Sentralisasi ini mencapai puncaknya pada vertebrata, yang memiliki otak dan sumsum tulang belakang yang berkembang dengan baik. Impuls dibawa ke dan dari otak dan sumsum tulang belakang oleh serabut saraf yang membentuk sistem saraf tepi.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "nervous system | Definition, Function, Structure, & Facts". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-26. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]