Sel glia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Sel glial (neuroglia) adalah sel-sel yang mendukung non-bersemangat dari sistem saraf. Semua sel glial jauh lebih kecil tapi jauh lebih banyak daripada sel-sel saraf. Mereka membentuk komponen utama dari jaringan saraf dan termasuk berikut.

Sel neuroglial, ditemukan di parenkim otak dan sumsum tulang belakang. Sel ependymal melapisi rongga internal maupun ventrikel; Kapsuler atau satelit sel, sekitar neuron dari ganglia sensorik dan otonom. Sel Schwann, membentuk selubung untuk akson dari saraf perifer. Beberapa jenis sel pendukung, ensheathing motor dan saraf sensorik terminal, dan mendukung epitel sensorik.

KLASIFIKASI SEL GLIAL: Sel-sel neuroglial, ditemukan di parenkim otak dan sumsum tulang belakang, secara luas diklasifikasikan sebagai:

Macroglia, dari ectodermal (saraf) asal, yang terdiri dari astrosit, oligodendrocytes, dan glioblasts. Mikroglia, asal mesoderm.

ASTROSIT: Seperti namanya, sel-sel ini adalah bintang-berbentuk karena banyak proses mereka memancar ke segala arah. Astrosit terdiri dari dua jenis.

Astrosit protoplasma, dengan proses tebal dan simetris ditemukan di materi abu-abu. Astrosit berserat, dengan proses tipis dan asimetris, ditemukan dalam materi putih.

Proses astrosit sering berakhir dalam ekspansi piring-seperti pada pembuluh darah, ependyma, dan permukaan pial dari SSP. Oligodendrocytes:

Seperti namanya sel-sel ini memiliki proses sel yang lebih sedikit. Menurut distribusi mereka, oligodendrocytes mungkin intrafascicular, atau perineuronal.

Sel-sel intrafascicular ditemukan di saluran mielin. Sel-sel perineuronal terlihat pada permukaan somata neuron.

GLIOBLAST: Ini adalah sel induk yang dapat berdiferensiasi menjadi sel-sel macroglial. Mereka sangat banyak di bawah ependyma tersebut.

MIKROGLIA: Ini adalah yang terkecil dari sel-sel glial yang memiliki tubuh sel diratakan dengan beberapa singkat, proses halus. Mereka sering berhubungan dengan kapiler, dan dikatakan fagosit di alam. Sel mikroglia yang mungkin berasal dari monosit beredar yang bermigrasi ke CNS selama akhir janin dan awal kehidupan postnatal.

FUNGSI SEL GLIAL: Mereka memberikan dukungan mekanik untuk neuron. Karena sifat non-budidaya mereka, sel-sel glial bertindak sebagai isolator antara neuron dan mencegah impuls saraf dari penyebaran di arah yang tidak diinginkan.

Mereka dapat menghapus bahan asing dan puing-puing sel dengan fagositosis. Mereka dapat memperbaiki daerah yang rusak dari jaringan saraf oleh proliferasi (gliosis) mereka membentuk jaringan parut glial, dan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh neuron merosot.

Sel glial dapat mengambil dan menyimpan neurotransmitter dirilis oleh sinapsis tetangga. Ini dapat-baik dimetabolisme atau dilepaskan lagi dari sel-sel glial. Mereka membantu dalam fungsi saraf dengan mempertahankan metabolisme yang cocok dan lingkungan ionik untuk neuron. Oligodendrocytes myelinate saluran. Sel ependymal prihatin dengan pertukaran bahan antara otak dan cairan serebrospinal.