Verona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Verona
Komune
Città di Verona
Suatu kolase Verona, searah jarum jam dari kiri atas: Pemandangan Piazza Bra dari Arena Verona, Rumah Juliet, Arena Verona, Ponte Pietra saat matahari terbenam, Patung Madonna Verona di Piazza delle Erbe, pemandangan Piazza delle Erbe dari Menara Lamberti.
Suatu kolase Verona, searah jarum jam dari kiri atas: Pemandangan Piazza Bra dari Arena Verona, Rumah Juliet, Arena Verona, Ponte Pietra saat matahari terbenam, Patung Madonna Verona di Piazza delle Erbe, pemandangan Piazza delle Erbe dari Menara Lamberti.
Bendera Verona
Bendera
Verona berlokasi di Italy
Verona
Verona
Lokasi Verona di Italia
Koordinat: 45°26′LU 10°59′BT / 45,433°LU 10,983°BT / 45.433; 10.983
Negara  Italia
Wilayah Veneto
Provinsi Verona (VR)
Frazioni Avesa, San Michele Extra, San Massimo all'Adige, Quinzano, Quinto di Valpantena, Poiano di Valpantena, Parona di Valpolicella, Montorio Veronese, Mizzole, Marchesino, Chievo, Cà di David e Moruri
Pemerintahan
 • Wali kota Flavio Tosi
Area
 • Total 206,63 km2 (7,978 mil²)
Ketinggian 59 m (194 ft)
Populasi (2015)
 • Total 259.069
 • Kepadatan Bad rounding here13/km2 (Bad rounding here32/sq mi)
Demonim Veronesi atau Scaligeri
Zona waktu CET (UTC+1)
 • Musim panas (DST) CEST (UTC+2)
Kode pos 37100
Kode telepon 045
Santo Pelindung Santo Zeno dari Verona
- Hari 12 April
Situs web Situs web resmi
Situs Warisan Dunia UNESCO
Kota Verona
Nama sebagaimana tercantum dalam
Daftar Warisan Dunia
Panorama notturno di Verona.jpg Panorama malam kota Verona.
Tipe Budaya
Kriteria ii, iv
Nomor identifikasi 797
Kawasan UNESCO Europa dan Amerika Utara
Tahun pengukuhan 2000 (sesi ke-24)
Patung Dante Alighieri di Verona.

Verona (pengucapan bahasa Italia: [veˈroːna] ( simak); bahasa Venesia: Verona, Veròna) adalah sebuah kota di Sungai Adige di regione Veneto, Italia Utara, dengan populasi sekitar 265.000 penduduk dan merupakan salah satu dari 7 ibu kota provinsial regione tersebut. Verona merupakan kota munisipalitas terbesar kedua di Veneto dan terbesar ketiga di Italia Timur Laut. Wilayah metropolitan Verona meliputi area seluas 1,426 km2 (550.58 sq mi) dan memiliki populasi 714.274 penduduk.[1] Wilayah ini merupakan salah satu destinasi wisata utama di Italia utara berkat warisan artistik, sejumlah pameran tahunan, pertunjukan, dan operanya, misalnya pertunjukan opera musim panas skala besar di Arena Verona, sebuah amfiteater kuno yang dibangun oleh bangsa Romawi.

Tiga drama Shakespeare menggunakan Verona sebagai latarnya: Romeo and Juliet, The Two Gentlemen of Verona, dan The Taming of the Shrew. Kota ini diberikan status Situs Warisan Dunia oleh UNESCO karena arsitektur dan struktur perkotaannya.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Etimologi nama "Verona" tidak diketahui. Kata tersebut kemungkinan berasal dari Vera, mungkin nama orang Etruska; atau mungkin juga berasal dari Galia. Kata tersebut dapat saja merupakan nama suatu keluarga Romawi atau berasal dari kata Latin "ver", yang berarti "musim semi". Namun, menurut salah satu legenda, kepala suku Galia bernama Brenno sebagai pendiri legendaris kota ini menyebut pusat hunian baru ini "Vae Roma", yaitu "Roma Terkutuk", yang berabad-abad kemudian berubah menjadi Verona.[2]

Teori lainnya mengaitkan asal nama kota ini dengan sungainya. "Vera" merupakan suatu nama Sungai Adige sebelum mengadopsi namanya yang sekarang.[butuh rujukan] Sebagaimana dalam banyak kasus serupa di Eropa, nama kota ini dibentuk dengan penambahan akhiran -ona yang berarti pemukiman di atas.

Kota ini terkadang secara arkais dikenal sebagai "Welsch-Bern" dalam bahasa Jerman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rincian tepat sejarah awal Verona masih merupakan misteri. Satu teori menyebutnya sebagai suatu kota dari suku Euganei, yang terpaksa menyerahkannya kepada suku Cenomani (550 SM). Dengan penaklukan lembah Sungai Po, teritori Verona menjadi milik Romawi (sekitar tahun 300 SM). Verona menjadi suatu colonia Romawi pada tahun 89 SM, dan kemudian suatu municipium pada tahun 49 SM ketika warganya diatribusikan dengan suku Romawi Poblilia atau Publicia.

Kota ini menjadi penting karena berada di persimpangan beberapa jalan. Di sini Stilicho mengalahkan Alarik, dan suku Visigoth yang ia pimpin, pada tahun 403. Tetapi, setelah Verona ditaklukkan oleh suku Ostrogoth pada tahun 489, dominasi suku Goth di Italia dimulai. Teoderikus Agung dikatakan membangun sebuah istana di sini. Kota ini tetap berada di bawah kekuasaan suku Goth sepanjang Perang Goth tahun 535–552, kecuali selama satu hari pada tahun 541 ketika perwira Bizantin bernama Artabazes memasuki kota ini. Pembelotan yang terjadi di antara para jenderal Bizantin karena barang jarahan menyebabkan suku Goth dapat menguasai kembali kota ini. Pada tahun 552, Valerianus gagal dalam upayanya memasuki kota ini, namun kemudian mereka sepenuhnya dikalahkan sehingga suku Goth menyerahkan kota ini.

Pada tahun 569, kota ini direbut Alboin, Raja kaum Langobardi (Lombard), yang dalam kerajaannya kota ini dalam suatu pengertian merupakan kota terpenting kedua. Pada tahun 572, Alboin dibunuh oleh istrinya sendiri di kota ini. Para adipati Treviso seringkali tinggal di sini. Di Verona, Adalgisus, putra Desiderius, pada tahun 774 memberikan perlawanannya yang terakhir dalam keputusasaan terhadap Charlemagne, yang telah menghancurkan kerajaan Langobardi. Verona kemudian menjadi kediaman sehari-hari para raja Italia, pemerintah kota ini secara turun-temurun menjadi di bawah kepemimpinan keluarga Conte Milone, leluhur para conte San Bonifacio. Kedua Berengario tinggal di kota ini antara tahun 880 sampai 951. Otto I menyerahkan kepada Verona kebangsawanan yang melekat pada Kadipaten Bavaria.

Ketika Ezzelino III da Romano terpilih sebagai podestà, pada tahun 1226, ia merubah jabatan tersebut menjadi suatu kekuasaan permanen, dan pada tahun 1257 ia menyebabkan terbunuhnya 11.000 orang Padova (Padua) di dataran Verona (Campi di Verona). Setelah wafatnya, Majelis Tinggi memilih Mastino I della Scala sebagai podestà, dan ia menjadikan "signoria" (pemerintahan) suatu penguasaan keluarga, meski masih menyisakan posisi untuk warga lain di dalam pemerintahannya. Karena gagal terpilih kembali pada tahun 1262, ia melancarkan coup d'état, dan diakui sebagai capitano del popolo, dengan perintah dari pasukan komunal. Bukannya tanpa perselisihan internal yang panjang ia berhasil membentuk jabatan baru itu, yang atasnya melekat fungsi meneguhkan podestà. Pada tahun 1277, Mastino dello Scala dibunuh oleh faksi para bangsawan.

Pemerintahan Alberto putranya sebagai capitano (1277–1302) merupakan suatu perang berkelanjutan terhadap para conte San Bonifacio, yang dibantu oleh Wangsa Este. Di antara para putranya, Bartolomeo, Alboino, dan Cangrande I, hanya yang terakhir disebutkan yang masuk dalam pemerintahan (1308); ia dipandang luar biasa sebagai pejuang, pangeran, dan pelindung seni; ia menjadi pelindung Dante, Petrarca, dan Giotto. Melalui perang maupun perjanjian, ia menguasai kota Padova (1328), Treviso (1308), dan Vicenza. Pada masa menjelang Maut Hitam, kota ini merupakan rumah dari 40.000 penduduk.[3]

Cangrande digantikan oleh Mastino II (1329–1351) dan Alberto, putra Alboino. Mastino meneruskan kebijakan pamannya, menaklukkan Brescia pada tahun 1332, dan meluaskan kekuasaannya ke luar Sungai Po. Ia menaklukkan Parma (1335) dan Lucca (1339). Setelah Raja Perancis, ia adalah pangeran terkaya pada saat itu. Tetapi, suatu liga yang kuat dibentuk untuk melawan dia pada tahun 1337 – Firenze (Florence), Venesia (Venice), wangsa Visconti, wangsa Este, dan wangsa Gonzaga. Setelah perang selama 3 tahun, kekuasaan keluarga Scaligeri hanya tinggal Verona dan Vicenza (Regina-Beatrice della Scala, putri Mastino, menikah dengan Barnabò Visconti). Cangrande II (1351–1359), putra Mastino, dipandang sebagai seorang tiran yang kejam, tak bermoral, dan penuh rasa curiga; karena tidak percaya pada rakyatnya sendiri, ia mengelilingi dirinya dengan tentara-tentara bayaran dari Brandenburg. Ia dibunuh oleh saudaranya, Cansignorio (1359–1375), yang memperindah kota ini dengan istana-istana, membangun berbagai akuaduk dan jembatan, serta menyediakan kas negara. Ia juga membunuh seorang saudaranya yang lain, Paolo Alboino. Fratrisida tampaknya telah menjadi suatu kebiasaan keluarga karena Antonio (1375–87), saudara sedarah Cansignorio, membunuh Bartolomeo saudaranya sehingga membangkitkan kemarahan rakyat, yang meninggalkan dia ketika Gian Galeazzo Visconti dari Milan berperang melawannya. Karena kehabisan segala sumber daya, ia melarikan diri dari Verona pada tengah malam (19 Oktober 1387), sehingga mengakhiri dominasi keluarga Scaligeri. Bagaimanapun, monumen-monumen yang didirikannya masih terlestarikan.

Tahun 1387 juga merupakan tahun Pertempuran Castagnaro yang terkenal, antara Giovanni Ordelaffi, demi Verona, dan John Hawkwood, demi Padova, yang adalah pemenangnya.

Canfrancesco, putra Antonio, gagal merebut Verona (1390). Guglielmo (1404), putra biologis Cangrande II, mengalami keberhasilan; dengan dukungan rakyat, ia mengusir orang-orang Milan, namun ia wafat sepuluh hari setelahnya, dan Verona kemudian tunduk pada kekuasaan Venesia (1405). Para representasi terakhir keluarga Scaligeri tinggal di istana imperial dan berulang kali mencoba untuk mengembalikan Verona dengan bantuan pergolakan massa.

Dari tahun 1508 sampai 1517, kota ini berada di bawah kekuasaan Kaisar Maximilian I. Terdapat banyak penjangkitan wabah, dan Italia pada tahun 1629–33 dikejutkan oleh epidemi terburuknya pada zaman modern. Sekitar 33.000 penduduk meninggal dunia di Verona (lebih dari 60% populasi saat itu) pada tahun 1630–1631.[4]

Pada tahun 1776, dikembangkan suatu metode pembunyian lonceng yang disebut seni pembunyian lonceng Verona. Verona diduduki oleh Napoleon pada tahun 1797, namun rakyat bangkit pada hari Senin Paskah dan mengusir bangsa Perancis. Saat itulah Napoleon mengakhiri Republik Venesia. Verona menjadi teritori Austria ketika Napoleon menandatangani Traktat Campo Formio pada bulan Oktover 1797. Bangsa Austria menguasai kota ini pada tanggal 18 Januari 1798. Verona diambil dari kekuasaan Austria melalui Perjanjian Pressburg pada tahun 1805 dan menjadi bagian dari Kerajaan Italia bentukan Napoleon, namun kembali ke Austria setelah kekalahan Napoleon pada tahun 1814, menjadi bagian dari Kerajaan Lombardia–Venesia yang dikuasai Austria. Pada tahun 1866, menyusul Perang Enam Minggu, Verona beserta seluruh Venesia menjadi bagian dari Italia.

Kemunculan fasisme menambah babak gelap lainnya dalam catatan sejarah Verona. Sebagaimana terjadi di seluruh Italia, penduduk Yahudi dilanda Manifesto Ras, serangkaian hukum anti-Semit yang disahkan pada tahun 1938, dan setelah invasi pada tahun 1943 oleh Jerman Nazi, terjadi deportasi-deportasi ke kamp konsentrasi Nazi. Sebuah benteng Austria (sekarang menjadi sebuah gereja, Santuario della Madonna di Lourdes) digunakan untuk memenjarakan dan menyiksa tentara-tentara Sekutu, kaum Yahudi dan anti-fasis, khususnya setelah tahun 1943, ketika Verona menjadi bagian dari Republik Sosial Italia.

Sebagaimana pada zaman kekuasaan Austria, Verona memiliki arti penting strategis yang besar bagi rezim tersebut. Galeazzo Ciano, menantu Benito Mussolini, dituduh berkomplot melawan republik; setelah suatu show trial yang diselenggarakan oleh hierarki fasis dan Nazi di Castelvecchio (pengadilan Verona), Ciano dieksekusi di tepi Sungai Adige bersamaan dengan banyak pejabat lainnya yang dieksekusi di tempat yang sekarang dikenal sebagai Via Colombo. Hal ini menandai titik balik lain dalam meningkatnya kekerasan yang baru berakhir saat pembebasan akhir oleh para partisan dan pasukan sekutu pada tahun 1945.

Setelah Perang Dunia II, seiring dengan masuknya Italia ke dalam NATO, Verona kembali kembali memperoleh arti penting strategisnya karena posisinya di dekat Tirai Besi. Kota ini menjadi tempat kedudukan Pasukan Terestrial Sekutu Eropa Selatan (SETAF) dan sepanjang periode Perang Dingin memiliki suatu kehadiran militer yang kuat, terutama dari Amerika, yang baru berkurang pada beberapa tahun terakhir. Saat ini Verona merupakan sebuah kota penting yang dinamis, sangat aktif perekonomiannya, dan juga merupakan suatu destinasi wisata yang sangat penting karena sejarahnya, tempat bangsa Romawi pada masa lampau hidup berdampingan dengan Verona Abad Pertengahan, yang dalam beberapa hal memberikan pengaruh arsitektural dan motif artistiknya.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Verona memiliki karakteristik iklim subtropis basah dari dataran-dataran pedalaman Italia Utara, dengan musim panas yang panas serta musim dingin yang lembab dan dingin, meskipun iklim Danau Garda yang hampir-hampir Mediterania memberikan pengaruh parsial pada kota ini.[5] Kelembaban relatif kota ini tinggi sepanjang tahun, khususnya saat musim dingin yang menyebabkan timbulnya kabut, terutama sejak senja hari sampai menjelang siang hari, kendati fenomena tersebut semakin berkurang dalam beberapa tahun terakhir.

Data iklim Verona (1971–2000, angka-angka ekstrem 1946–sekarang)
Bulan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Tahun
Rekor tertinggi °C (°F) 19.8
(67.6)
22.1
(71.8)
27.2
(81)
31.8
(89.2)
36.6
(97.9)
36.4
(97.5)
38.2
(100.8)
39.0
(102.2)
33.2
(91.8)
29.2
(84.6)
23.6
(74.5)
18.8
(65.8)
39.0
(102.2)
Rata-rata tertinggi °C (°F) 6.1
(43)
8.9
(48)
13.4
(56.1)
17.2
(63)
22.7
(72.9)
26.3
(79.3)
29.2
(84.6)
28.8
(83.8)
24.4
(75.9)
18.0
(64.4)
11.0
(51.8)
6.7
(44.1)
17.7
(63.9)
Rata-rata harian °C (°F) 2.5
(36.5)
4.5
(40.1)
8.4
(47.1)
12.0
(53.6)
17.2
(63)
20.8
(69.4)
23.6
(74.5)
23.3
(73.9)
19.0
(66.2)
13.3
(55.9)
7.1
(44.8)
3.1
(37.6)
12.9
(55.2)
Rata-rata terendah °C (°F) −1.2
(29.8)
0.1
(32.2)
3.4
(38.1)
6.8
(44.2)
11.7
(53.1)
15.4
(59.7)
18.0
(64.4)
17.8
(64)
13.7
(56.7)
8.7
(47.7)
3.2
(37.8)
−0.4
(31.3)
8.1
(46.6)
Rekor terendah °C (°F) −18.4
(−1.1)
−18.4
(−1.1)
−10.4
(13.3)
−2.2
(28)
0.0
(32)
3.8
(38.8)
7.3
(45.1)
8.1
(46.6)
2.0
(35.6)
−4.6
(23.7)
−7.9
(17.8)
−15.5
(4.1)
−18.4
(−1.1)
Presipitasi mm (inci) 50.9
(2.004)
43.3
(1.705)
48.7
(1.917)
70.4
(2.772)
74.2
(2.921)
87.2
(3.433)
62.6
(2.465)
81.7
(3.217)
76.2
(3)
91.0
(3.583)
64.8
(2.551)
52.5
(2.067)
803.5
(31.634)
Rata-rata hari hujan atau bersalju (≥ 1.0 mm) 6.8 5.1 6.0 8.9 8.6 8.6 5.5 5.8 6.0 7.4 7.1 6.2 82.0
 % kelembapan 85 78 73 75 73 73 73 74 76 81 84 84 77
Sumber: Servizio Meteorologico (kelembaban 1961–1990)[6][7][8]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, terdapat 265.368 orang yang tinggal di Verona, yang terletak dalam Provinsi Verona, di Veneto, dengan 47,6% di antaranya adalah laki-laki dan 52,4% perempuan. Anak di bawah umur (anak-anak berusia 0–17 tahun) komposisinya 16,05% dari populasi dibandingkan dengan para pensiunan yang komposisinya 22,36%. Sementara rata-rata Italia komposisinya 18,06% (anak di bawah umur) dan 19,94% (pensiunan). Rata-rata usia penduduk Verona adalah 43 tahun, sedangkan rata-rata Italia adalah 42 tahun. Dalam rentang waktu 5 tahun antara tahun 2002 dan 2007, populasi Verona tumbuh sebesar 3,05%, sedangkan Italia secara keseluruhan tumbuh sebesar 3,85%.[9] Tingkat kelahiran Verona saat ini adalah 9,24 kelahiran per 1.000 penduduk, sementara rata-rata Italia adalah 9,45 kelahiran.

Per tahun 2009, 87% populasi Verona adalah orang Italia.[10] Kelompok imigran terbesar berasal dari negara-negara Eropa lainnya (yang terbesar berasal dari Rumania): 3,60%, Asia Selatan: 2,03%, dan Afrika Sub-Sahara: 1,5%. Verona didominasi oleh penganut Katolik Roma, dan imigrasi membuat kota ini sekarang memiliki beberapa umat Kristen Ortodoks maupun Muslim.

Kelompok penduduk kelahiran asing
yang terbesar pada tahun 2012[11]
Negara kelahiran Populasi
Bendera Rumania Rumania 7.109
Bendera Sri Lanka Sri Lanka 5.648
Bendera Moldova Moldova 3.436
Bendera Nigeria Nigeria 1.757
Bendera Maroko Maroko 1.691
Bendera Albania Albania 1.617
Bendera Republik Rakyat Tiongkok Tiongkok 1.467
Bendera Ghana Ghana 1.138
Pemandangan panoramik kota ini dari Castel San Pietro.

Destinasi wisata utama[sunting | sunting sumber]

Ponte Scaligero, selesai dibangun pada tahun 1356.

Karena nilai dan arti penting dari banyak bangunan historisnya, Verona tercantum sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Verona mempertahankan banyak monumen Romawi kuno, yang tidak lagi digunakan, pada Abad Pertengahan Awal, tetapi banyak di antaranya dan banyak bangunan abad pertengahan awal yang dihancurkan ataupun mengalami kerusakan berat oleh gempa bumi tanggal 3 Januari 1117, sehingga menyebabkan pembangunan kembali secara besar-besaran dengan gaya Romanesque. Versus de Verona dari periode Karoling berisi suatu deskripsi penting mengenai Verona pada era abad pertengahan awal.

Bangunan Romawi[sunting | sunting sumber]

Pementasan Aida karya Giuseppe Verdi di Arena Verona.

Pemukiman militer Romawi (sekarang merupakan pusat kota) diperluas sampai jalan-jalan kuno cardine dan decumano yang berpotongan di sudut-sudut kanan. Struktur tersebut masih dipertahankan hingga sekarang dan terlihat jelas dari udara. Pengembangan lanjutan tidak mengubah bentuk peta aslinya. Kota Romawi dengan jalan-jalan berlapis basal ini kebanyakan tidak kasatmata, namun hampir-hampir utuh sekitar 6 meter di bawah permukaannya. Kebanyakan palazzo (bangunan besar, termasuk istana) dan rumah memiliki ruang bawah tanah yang dibangun di atas artefak Romawi yang umumnya tidak dapat diakses oleh pengunjung. Piazza delle Erbe di dekat forum Romawi dibangun kembali oleh Cangrande I dan Cansignorio della Scala I, para signore Verona, menggunakan material (seperti patung dan balok marmer) dari berbagai villa dan spa Romawi.

Verona terkenal akan amfiteater Romawinya, Arena Verona, yang terletak di piazza (alun-alun) terbesar di kota ini, Piazza Bra. Pembangunannya terselesaikan sekitar tahun 30 M, serta merupakan yang terbesar ketiga di Italia setelah Koloseum Roma dan arena di Capua. Arena Verona panjangnya 139 meter dan lebarnya 110 meter, serta dapat menampung 25.000 penonton dalam 44 tingkat kursi marmernya. Ludi (pertandingan gladiator dan pertunjukan) yang diselenggarakan di dalam temboknya sedemikian terkenal sehingga menarik perhatian penonton dari jauh di luar kota ini. Fasadnya saat ini yang berlantai dua sebenarnya merupakan penyokong internal bagi semua tingkatnya; hanya sebuah fragmen tembok perimeter luar yang asli yang berbahan batugamping merah muda dan putih dari Valpolicella, serta masih berlantai tiga. Interior Arena dipandang sangat mengesankan dan nyaris tetap utuh, serta masih digunakan hingga sekarang untuk beragam acara publik, pameran, teater, dan opera ruang terbuka selama malam-malam musim panas yang hangat.

Terdapat juga beragam monumen Romawi yang lain di kota ini, misalnya Teatro Romano di Verona. Teater itu dibangun pada abad ke-1 SM, namun tidak digunakan selama berabad-abad dan di atasnya dibangun hunian-hunian. Pada abad ke-18, Andrea Monga, seorang Verona yang kaya raya, membeli semua rumah yang dibangun di atas teater, merobohkan semuanya, dan menyelamatkan monumen tersebut. Tidak jauh dari situ terdapat Ponte di Pietra ("Jembatan Tembok Batu"), markah tanah Romawi lainnya yang masih terlestarikan sampai hari ini.

Arco dei Gavi (Pelengkung Gavi) dibangun pada abad ke-1 M, dan dikenal karena nama sang pembangun (arsitek Lucius Vitruvius Cordo) yang terukir di sana, suatu kasus yang jarang terjadi dalam arsitektur zaman itu. Arco dei Gavi awalnya berdiri melintasi jalan Romawi yang menuju ke dalam kota ini, sekarang Corso Cavour. Pelengkung itu dihancurkan oleh pasukan Perancis pada tahun 1805 dan dibangun kembali pada tahun 1932.

Basilika San Zeno, sama seperti banyak bangunan gereja lainnya di Verona, dibangun dengan lapisan batu putih dan batu bata secara selang-seling.
Balkon rumah Juliet.
Madonna della Quercia (dilukis oleh Girolamo dai Libri di Museum Castelvecchio).

Di dekat situ terdapat Porta Borsari, suatu akses masuk di ujung Corso Porta Borsari. Situs itu merupakan fasad sebuah gerbang dari abad ke-3 dalam tembok kota Romawi yang asli. Inskripsinya bertarikh 245 M dan menyebut nama kota ini Colonia Verona Augusta. Corso Porta Borsari, jalan yang melewati gerbang tersebut, adalah Via Sacra kota Romawi. Saat ini, pada jalan tersebut berjajar sejumlah palazzo Renaisans dan gereja kuno Santi Apostoli, beberapa meter dari Piazza delle Erbe.

Porta Leoni merupakan reruntuhan abad ke-1 SM yang dulunya bagian dari gerbang kota Romawi. Suatu porsi yang cukup substansial masih berdiri pada saat ini sebagai bagian dari dinding sebuah bangunan abad pertengahan. Jalan itu sendiri merupakan suatu situs arkeologi terbuka; sisa-sisa struktur gerbang dan jalan Romawi yang asli dapat dilihat pada jarak beberapa kaki di bawah permukaan jalan yang sekarang. Sebagaimana dapat dilihat di sana, gerbang tersebut meliputi suatu lapangan kecil yang diapit oleh menara-menara. Di sini, dahulu, semua alat pengangkutan dan pelintas diperiksa sebelum memasuki ataupun meninggalkan kota.

Arsitektur abad pertengahan[sunting | sunting sumber]

Kapel utama Katedral Verona.
  • Basilika San Zeno Maggiore adalah bangunan gereja bergaya Romanesque, struktur ketiga di situsnya, dibangun antara tahun 1123–1135 di atas tempat ziarah abad ke-4 untuk santo pelindung Verona, St. Zeno (wafat tahun 380). Fasadnya mendominasi alun-alunnya yang luas, dan diapit sebuah menara lonceng dengan tinggi 72 meter, yang disebutkan oleh Dante dalam Canto 18 dari Purgatorium pada Divina Commedia karyanya. Batuan lapuk Verona memantulkan cahaya hangat keemasan; garis-garis teratur pada semua pilar, kolom, cornice, dan balkon berjendela ganda, menyajikan suatu nuansa keanggunan yang harmonis pada fasadnya. Jendela mawarnya yang besar dihiasi layaknya sebuah Roda Peruntungan. Ambang-ambang di atas portalnya berukir bulan-bulan dalam setiap tahun. Setiap sisi pintu berhiaskan 18 panel dengan relief-rendah yang menggambarkan adegan-adegan biblis; panel-panel pintu perunggu di sisi dalam menyajikan 48 penggambaran adegan biblis secara sederhana namun kuat beserta episode-episode kehidupan St. Zeno. Arti dari beberapa adegan tersebut tidak diketahui, namun figur-figur yang tampak sangat hidup itu merupakan suatu perpaduan luar biasa dari pengaruh-pengaruh tradisi dan Ottonian. Interior gereja ini terbagi menjadi Gereja Bawah, menempati sekitar ⅔ strukturnya, dan Gereja Atas, menempati sisanya. Dinding gereja ditutupi dengan beragam fresko dari abad ke-12 dan ke-14; langit-langit dari badan gereja (nave) merupakan suatu contoh istimewa dari langit-langit bagian bawah kapal. Di dalam ruang bawah tanahnya yang berkubah terdapat makam St. Zeno, Uskup Verona yang pertama, serta makam beberapa orang suci lainnya. Bagian utara gereja ini merupakan suatu cloister (semacam lorong beratap yang melingkari taman di tengahnya). Dalam gereja ini juga terdapat makam Raja Pepin dari Italia (777–810).
  • San Lorenzo adalah gereja Romanesque lainnya, meski lebih kecil. Basilika ini berasal dari sekitar tahun 1177, namun dibangun di atas situs sebuah gereja Paleokristen, yang masih tersisa fragmen-fragmennya. Gereja ini dibangun dari lapisan-lapisan batu bata dan batu secara selang-seling, serta memiliki dua menara silindris dengan tangga-tangga spiral menuju balkon-balkon wanita. Interiornya tenggelam dalam warna, namun tetap berkesan tenang. Lapisan-lapisan bergaris dari batu dan bata serta lengkungan-lengkungan yang anggun melengkapi pengaturannya.
  • Santa Maria Antica adalah sebuah gereja Romanesque yang besar yang berfungsi sebagai gereja paroki dari keluarga Scaligeri, dan dikenal karena terdapat monumen Pemakaman Scaligeri yang bergaya Gotik. Katedral Verona (Duomo di Verona) juga merupakan gereja Romanesque terkenal.
  • Sant'Anastasia adalah sebuah gereja yang besar dan tinggi, dibangun antara tahun 1290–1481 oleh para Dominikan untuk menampung banyaknya umat yang tertarik dengan khotbah-khotbah mereka. Dalam Kapel Pellegrini terdapat fresko terkenal Santo Georgius dan Sang Putri karya Pisanello serta makam Wilhelm von Bibra. Di lapangannya diselenggarakan suatu festival seni setiap bulan Mei.

Dengan bentangan panjang 48.70 m (159.78 ft), jembatan pelengkung segmental Ponte Scaligero menampilkan lengkungan jembatan terbesar di dunia saat pembangunannya terselesaikan pada tahun 1356.

Tokoh terkemuka[sunting | sunting sumber]

Verona adalah tempat kelahiran Catullus, dan kota pilihan Julius Caesar untuk tinggal bersantai. Kota ini memiliki keterkaitan dengan banyak peristiwa dan tokoh penting dalam sejarah Eropa seperti Teoderikus Agung, raja suku Ostrogoth, Alboin dan Rosamund, para Adipati Lombard, Charlemagne dan Pepin dari Italia, Berengar I, serta Dante. Konklaf-konklaf pernah diadakan di kota ini, sebagaimana juga kongres-kongres penting. Verona ditampilkan dalam buku-buku harian perjalanan Goethe, Stendhal, Paul Valéry, dan Michel de Montaigne.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Stadio Marc'Antonio Bentegodi, yang digunakan sebagai salah satu tempat pertandingan Piala Dunia FIFA 1990, adalah stadion kandang klub-klub sepak bola utama Verona, yaitu Hellas Verona dan Chievo Verona.

Kota ini memiliki tiga tim sepak bola profesional. Secara historis, tim utama kota ini adalah Hellas Verona. Hellas Verona menang dalam kejuaraan Serie A Italia pada musim 1984-85, dan berlaga di Piala Eropa pada musim berikutnya. Chievo Verona merepresentasikan Chievo, suatu frazione di sisi barat kota Verona. Pada musim 2016-17, hanya Chievo yang berlaga di divisi pertama sepak bola Italia, Serie A, sedangkan Hellas berlaga di lapis kedua. Kedua tim itu bersaing dalam Derby della Scala dan sama-sama menggunakan Stadio Marc'Antonio Bentegodi yang berkapasitas 38.402 tempat duduk, yang digunakan sebagai salah satu ajang pertandingan Piala Dunia FIFA 1990. Virtus Vecomp Verona adalah klub sepak bola lainnya yang berbasis di Verona.

Verona merupakan rumah bagi tim voli Marmi Lanza Verona (sekarang di Serie A1), tim rugbi Franklin & Marshall Cus Verona Rugby (sekarang di Serie A1), dan tim basket Scaligera Basket (sekarang di Legadue).

Kota ini telah dua kali menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Jalan Raya UCI, pada tahun 1999 (dengan Treviso sebagai tuan rumah rekan) dan pada tahun 2004. Kota ini juga secara rutin menjadi penyelenggara babak-babak balap sepeda tahunan Giro d'Italia. Verona merupakan penyelenggara piala dunia bisbol pada tahun 2009, Piala Dunia Bola Voli pada bulan September–Oktober 2010, dan Kejuaraan Dunia Bola Voli Wanita pada bulan September–Oktober 2014.[12]

Infrastuktur dan transportasi[sunting | sunting sumber]

Bus[sunting | sunting sumber]

Semua bus dioperasikan oleh perusahaan angkutan umum provinsial, Azienda Trasporti Verona (ATV).

Kereta[sunting | sunting sumber]

Verona terletak pada suatu persimpangan rute utama tempat jalur kereta utara-selatan dari Jalur Brenner menuju Roma bersilangan dengan jalur timur-barat antara Milan dan Venesia, memberikan akses kereta dari kota ini ke sebagian besar daerah di Eropa. Karenanya, kota ini dilayani oleh layanan-layanan kereta lokal, regional, maupun internasional.

Stasiun utama Verona adalah stasiun kereta Verona Porta Nuova, di selatan pusat kota. Stasiun tersebut dipandang sebagai stasiun kereta tersibuk kesembilan di Italia, menangani sekitar 68.000 penumpang per hari, atau 25 juta penumpang per tahun.[13]

Terdapat sebuah stasiun yang lebih kecil di sisi timur kota ini di Porta Vescovo, yang pernah digunakan sebagai stasiun utama Verona, namun sekarang hanya melayani kereta-kereta antara Venesia dan Porta Nuova.

Bandar udara[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Verona letaknya sekitar 5.0 km (3.1 mi) sebelah barat daya kota Verona. Bandara tersebut menangani sekitar 3 juta penumpang per tahun, dan terhubung dengan stasiun kereta Porta Nuova melalui layanan bus. [13]

Terdapat penerbangan-penerbangan langsung antara Verona dan kota-kota besar di Eropa seperti Roma Fiumicino, München, Berlin, Moskwa, Napoli, Frankfurt, Catania, Paris Charles De Gaulle, London Gatwick, Dublin, Palermo, Manchester, Wina Schwechat, Liverpool,[14] Cagliari, dan lain-lain.

Hubungan internasional[sunting | sunting sumber]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Verona memiliki beberapa kota kembar dan kemitraan di seluruh dunia. Beberapa di antaranya tematik:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tales of Verona"
  2. ^ http://www.italyguides.it/us/italy/veneto/verona/verona.htm
  3. ^ David Abulafia, Short Oxford History of Italy: Italy in the Central Middle Ages, Oxford University Press, 2004
  4. ^ "Epidemics and pandemics: their impacts on human history". J. N. Hays (2005). p.103. ISBN 1-85109-658-2
  5. ^ Thomas A. Blair, Climatology: General and Regional, Prentice Hall pages 131-132; Adriana Rigutti, Meteorologia, Giunti, p, 95, 2009.
  6. ^ "Verona/Villafranca (VR)" (PDF). Atlante climatico. Servizio Meteorologico. Diakses tanggal 11 December 2014. 
  7. ^ "STAZIONE 090-VERONA VILLAFRANCA: medie mensili periodo 61 - 90". Servizio Meteorologico. Diakses tanggal 5 December 2014. 
  8. ^ "Verona Villafranca: Record mensili dal 1946" (dalam Italian). Servizio Meteorologico dell’Aeronautica Militare. Diakses tanggal 11 December 2014. 
  9. ^ "Statistiche demografiche ISTAT". Demo.istat.it. Diakses tanggal 6 May 2009. 
  10. ^ "Statistiche demografiche ISTAT". Demo.istat.it. Diakses tanggal 20 January 2010. 
  11. ^ http://www.comuni-italiani.it/023/091/statistiche/stranieri.html
  12. ^ "Volleyball Women's World Championship 2014". FIVB. Diakses tanggal 7 July 2014. 
  13. ^ a b "Trains to and from Verona Airport (VRN)". Italian Airport Guide. Diakses tanggal 9 May 2011. 
  14. ^ Liverpool - Verona Diarsipkan 8 September 2015 di Wayback Machine
  15. ^ "Međunarodna suradnja Grada Pule". Grad Pula (dalam Croatian and Italian). Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 May 2012. Diakses tanggal 28 July 2013. 
  16. ^ "Ra'anana: Twin towns & Sister cities – Friends around the World". raanana.muni.il. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 July 2012. Diakses tanggal 24 March 2010. 
  17. ^ "Sino-Italian love culture fest held in Verona". Xinhua New Agency. 25 September 2008. Diakses tanggal 3 June 2011. 
  18. ^ "Twin cities of the City of Kosice". Magistrát mesta Košice, Tr. Diakses tanggal 27 July 2013. 
  19. ^ "Twinning with Palestine". Diakses tanggal May 29, 2016. 
  20. ^ "Batumi - Twin Towns & Sister Cities". Batumi City Hall. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 May 2012. Diakses tanggal 10 August 2013. 
  21. ^ "AllCorfu.Com: Corfu's Twin Cities". allcorfu.com. Diakses tanggal 25 February 2010. 
  22. ^ Korçë Municipality. "Twin cities" (dalam Albanian). Korçë Municipality. Diakses tanggal 30 July 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Kota di Italia