Michel de Montaigne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Michel de Montaigne
LahirMichel de Montaigne
28 Februari 1533
Château de Montaigne, Guyenne, Prancis
Meninggal13 September 1592(1592-09-13) (umur 59)
Château de Montaigne, Guyenne, Prancis
AlmamaterCollege of Guienne
Collège Royal
University of Toulouse
EraFilsafat Renaisans
KawasanFilsafat Barat
AliranHumanisme Renaisans Skeptisisme Renaisans
Gagasan penting
Esai,
Montaigne's wheel argument[1]
Tanda tangan

Michel Eyquem de Montaigne (/mɒnˈtn/;[3] bahasa Prancis: [miʃɛl ekɛm mɔ̃tɛɲ]; 28 Februari 1533 – 13 September 1592) adalah salah satu filsuf yang paling signifikan dari Renaisans Prancis, yang dikenal untuk mempopulerkan esai sebagai genre sastra. Karyanya terkenal karena penggabungan anekdot kasual[4] dan otobiografi dengan wawasan intelektual yang serius; volume besarnya Essais (diterjemahkan secara harfiah sebagai "Upaya" atau "Percobaan") berisi beberapa esai paling berpengaruh yang pernah ditulis. Montaigne memiliki pengaruh langsung pada penulis di seluruh dunia, termasuk Francis Bacon, René Descartes,[5] Blaise Pascal, Jean-Jacques Rousseau, Albert Hirschman, William Hazlitt,[6] Ralph Waldo Emerson, Friedrich Nietzsche, Stefan Zweig, Eric Hoffer,[7] Isaac Asimov, dan mungkin pada karya-karya akhir dari William Shakespeare.

Dalam masa hidupnya sendiri, Montaigne dikagumi lebih sebagai negarawan daripada sebagai seorang penulis. Kecenderungan di esainya untuk menyimpang ke anekdot dan perenungan pribadi dipandang merugikan terhadap gaya yang tepat bukan sebagai sebuah inovasi, dan deklarasi bahwa, "Saya sendiri adalah persoalan dari buku saya", dipandang oleh orang sezamannya sebagai memanjakan diri sendiri. Seiring waktu, bagaimanapun, Montaigne kemudian diakui sebagai mewujudkan, mungkin lebih baik daripada penulis lain dari zamannya, semangat keraguan yang menghibur secara bebas yang mulai muncul pada waktu itu. Ia paling dikenal untuk komentar skeptisnya, "Que sçay-je?" ( "Apa yang saya tahu?", dalam bahasa Prancis Tengah, sekarang diberikan sebagai Que sais-je? di bahasa Prancis modern). Hebatnya modern, bahkan untuk pembaca hari ini, upaya Montaigne untuk memeriksa dunia melalui lensa dari satu-satunya hal yang ia dapat bergantung secara implisit—keputusannya sendiri—membuatnya lebih mudah diakses oleh para pembaca modern daripada penulis lain dari zaman Renaisans. Banyak sastra non-fiksi modern telah menemukan inspirasi dari Montaigne dan penulis dari semua jenis terus membacanya untuk keseimbangannya dari pengetahuan intelektual dan cerita pribadi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert P. Amico, The Problem of the Criterion, Rowman & Littlefield, 1995, p. 42. Primary source: Montaigne, Essais, II, 12: "Pour juger des apparences que nous recevons des subjets, il nous faudroit un instrument judicatoire ; pour verifier cet instrument, il nous y faut de la demonstration ; pour verifier la demonstration, un instrument : nous voilà au rouet [To judge of the apparances that we receive of subjects, we had need have a judicatorie instrument: to verifie this instrument we should have demonstration; and to approve demonstration, an instrument; thus are we ever turning round]" (transl. by Charles Cotton).
  2. ^ FT.com "Small Talk: José Saramago". "Everything I’ve read has influenced me in some way. Having said that, Kafka, Borges, Gogol, Montaigne, Cervantes are constant companions."
  3. ^ "Montaigne". Random House Webster's Unabridged Dictionary.
  4. ^ His anecdotes are 'casual' only in appearance; Montaigne writes: 'Neither my anecdotes nor my quotations are always employed simply as examples, for authority, or for ornament...They often carry, off the subject under discussion, the seed of a richer and more daring matter, and they resonate obliquely with a more delicate tone,' Michel de Montaigne, Essais, Pléiade, Paris (ed. A. Thibaudet) 1937, Bk. 1, ch.40, p. 252 (tr. Charles Rosen)
  5. ^ Buckley, Michael J., At the Origins of Modern Atheism, Yale UP, 1990, p. 69.
  6. ^ Kinnaird, John, William Hazlitt: Critic of Power, Columbia University Press, 1978, p. 274.
  7. ^ from Truth Imagined, memoir by Eric Hoffer.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]