Zeno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Santo Zeno
Verona Italy San Zeno DSC07766.JPG
Patung dari Santo Zeno yang terdapat di Basilika Santo Zeno
Lahir 300
Mauretania
Wafat 12 April 371
Verona
Pesta 12 April; 21 Mei

Zeno (meninggal 371) adalah uskup Verona dan dikenal sebagai seorang pembela iman Kristen.[1][2] Ia ditahbis sebagai uskup pada tahun 362 dan dikenal sebagai uskup yang baik hati terhadap umatnya.[2][1] Zeno menulis sejumlah khotbah, mendirikan banyak gereja, dan memiliki reputasi sebagai pembela iman Kristen terhadap golongan Arianisme.[2] Selain itu, Zeno juga mendirikan biara-biara untuk kaum perempuan dan mendorong banyak perempuan muda untuk masuk ke dalam biara tersebut.[2] Hal yang serupa di kemudian hari akan dilakukan juga oleh Ambrosius dari Milan.[2] Zeno biasanya disimbolkan dengan ikan, namun tidak terlalu jelas apakah simbol itu menunjuk kepada simbol baptisan atau dirinya.[2] Peringatan kepada Santo Zeno dirayakan setiap tanggal 12 April.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Indonesia)Bernadette McCarver Snyder. 2001. 115 Kisah Santo-Santa yang Mengasyikkan. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 144.
  2. ^ a b c d e f g (Inggris)David Farmer. 1997. The Oxford Dictionary of Saints . New York: Oxford University Press. P. 525.