Peschiera del Garda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Peschiera del Garda
Comune di Peschiera del Garda
Peschiera03.jpg
Luas
 • Total 17,63 km2 (681 sq mi)
Ketinggian 68 m (223 ft)
Populasi (2011)[1]
 • Total 9.995
Demonim Arilicensi
Kode wilayah 045
Situs web Situs web resmi Peschiera del Garda

Peschiera del Garda [peˈskjɛːra del ˈɡarda] (bahasa Venesia: Pischera; Latin: Ardelica, Arilica) adalah sebuah kota dan komune yang terletak di Provinsi Verona, Veneto, Italia. Kota ini terletak di pesisir selatan Danau Garda, Saat Lombardia-Venesia masih dikuasai oleh Austria, Peschiera adalah salah satu dari empat kota perbentengan Quadrilatero. Benteng ini terletak di atas sebuah pulau di Sungai Mincio.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada zaman Romawi, terdapat sebuah kota yang bernama Ardelica di tempat berdirinya Peschiera del Garda saat ini. Kota ini disebutkan dengan nama Arilica dalam buku Naturalis Historia karya Plinius yang Tua.

Benteng di Peschiera berperan penting untuk negara-negara yang sedang berperang di Italia utara setelah tahun 1400, terutama selama peperangan era Napoleon. Dalam Pertempuran Peschiera yang berlangsung pada tanggal 6 Agustus 1796, satu hari setelah kemenangan Perancis dalam Pertempuran Castiglione, pasukan Perancis yang dipimpin oleh Masséna berhasil mengusir Austria. Kemudian, selama Perang Kemerdekaan Italia Pertama, kota ini dikepung oleh Piedmonte dan pada akhirnya berhasil direbut pada tanggal 30 Mei 1848 meskipun jenderal Austria Josef von Rath telah berupaya bertahan selama enam minggu.

Tujuan wisata[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ISTAT
  2. ^ Centre, UNESCO World Heritage. "Venetian Works of Defence between 15th and 17th centuries: Stato da Terra – western Stato da Mar". whc.unesco.org. Diakses tanggal 11 July 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]