Perang Kemerdekaan Italia Pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Perang Kemerdekaan Italia Pertama
Bagian dari Penyatuan Italia
Scontro di Volta Mantovana.jpg
Pertempuran Custoza (1848)
Tanggal 23 Maret 184824 Maret 1849
Lokasi Lombardia-Venesia dan Piemonte (sekarang Italia)
Hasil Kemenangan Austria
Perubahan
wilayah
Tidak ada
Pihak terlibat
Flag of Italy (1861-1946).svg Kerajaan Sardinia
Italy cockade.svg Pasukan Sukarelawan Italia
Didukung oleh:
Flag of Italy with inscription «Italia libera Dio lo vuole».svg Pemerintahan Sementara Milan
Flag of the Republic of Venice 1848-49.gif Republik San Marco
Flag of the Roman Republic (19th century).svg Republik Roma
Bendera Kekaisaran Austria Kekaisaran Austria
Komandan
Flag of Italy (1861-1946).svg Carlo Alberto Bendera Kekaisaran Austria Josef Radetzky
Kekuatan
Flag of Italy (1861-1946).svg 115.000 pasukan
Italy cockade.svg 22.000 pasukan
Bendera Kekaisaran Austria 100.000 pasukan

Perang Kemerdekaan Italia Pertama (Italia:La prima guerra d'indipendenza Italia) adalah perang yang berlangsung dari tahun 1848 hingga 1849 antara Kerajaan Sardinia melawan Kekaisaran Austria. Selama perang ini, meletus dua pertempuran besar di Custoza dan Novara yang berhasil dimenangkan oleh Austria di bawah kepemimpinan Joseph Radetzky von Radetz.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1848, revolusi meletus di pelbagai tempat di Eropa, termasuk Italia. Karl Albert dan Leopold II terpaksa menuruti kemauan kelompok demokrat. Karl II, Adipati Parma, berhasil dijatuhkan. Wilayah Sisilia (kecuali Messina) memberontak melawan penguasa Kerajaan Dua Sisilia yang berasal dari Wangsa Bourbon. Meletus pula pemberontakan di dua kota besar Austria di Kerajaan Lombardia-Venesia, yaitu Milan (Lima Hari Milan) dan Venesia (Republik San Marco). Pemberontakan bahkan meletus di ibukota Kekaisaran Austria di Wina. Kerajaan Sardinia memutuskan untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan menyatakan perang kepada Austria dengan bantuan dari Kerajaan Dua Sisilia dan Negara Kepausan.[1]

Peperangan[sunting | sunting sumber]

Tentera Sardinia terdiri dari 12.000 pasukan. Meriam dan kavaleri adalah satuan Sardinia yang terbaik. Pada 21 Maret, Haryapatih Toscana menyatakan akan membantu Sardinia dengan menyediakan 6.700 tentera. Tentara Paus juga ikut membantu Sardinia. Pada 25 Maret, tentera Sardinia berhasil memasuki Milan dan dua hari kemudian Pavia telah dibebaskan.

Setelah tentara Sardinia berhasil memenangkan pertempuran di Goito dan Peschiera del Garda, Paus Pius IX memanggil tentera-tenteranya karena takut diserang balik oleh Austria. Kerajaan Dua Sisilia juga melakukan hal yang sama. Sementara itu, kekalahan Sardinia dalam Pertempuran Goito membuat Raja Carlo Alberto melarikan diri. Akhirnya, Carlo Alberto turun takhta untuk membuka jalan bagi anaknya Victor Emmanuel II dan perjanjian damai ditandatangani pada 9 Agustus 1849. Berdasarkan perjanjian tersebut, Sardinia terpaksa membayar ganti rugi sebesar 65 juta franc kepada Austria.

Sardinia telah gagal mengalahkan Austria sendirian, sehingga untuk kedepannya Sardinia memutuskan untuk bersekutu dengan negara lain, seperti Perancis dalam perang tahun 1859 dan Prusia dalam perang tahun 1866.

Rujukan[sunting | sunting sumber]