Abad Pertengahan Awal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Eropa pada abad pertengahan awal setelah kematian Karel yang Agung.

Abad Pertengahan Awal adalah periode dalam sejarah Eropa yang berlangsung dari abad ke-5 hingga abad ke-10. Periode ini dimulai setelah kemunduran Kekaisaran Romawi dan digantikan oleh Puncak Abad Pertengahan (1001–1300). Pada periode ini, tren-tren yang dimulai pada masa klasik berlanjut, seperti berkurangnya jumlah penduduk (terutama di wilayah perkotaan), penurunan perdagangan, dan meningkatnya imigrasi. Periode ini diberi label "zaman kegelapan" karena sedikitnya karya sastra dan budaya yang dihasilkan di Eropa Barat pada masa itu. Namun, Kekaisaran Romawi Timur berhasil bertahan, walaupun pada abad ke-7 kekhalifahan Islam menaklukan banyak wilayah Romawi. Istilah "zaman kegelapan" tidak tepat bila diaplikasikan di Semenanjung Iberia karena pada masa itu seni, budaya, dan ilmu pengetahan berkembang pesat di Kekhalifahan Kordoba.[1]

Tren-tren tersebut berubah pada periode berikutnya. Pada tahun 800, gelar "Kaisar Romawi" dipulihkan kembali di Eropa Barat oleh Karel yang Agung. Agrikultur sistematis Eropa kembali muncul dalam bentuk sistem feudal, yang menghasilkan inovasi seperti sistem tiga ladang dan alat pembajak sawah yang berat. Migrasi suku-suku mulai stabil, walaupun wilayah utara masih terkena dampak perluasan wilayah Viking.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Daniel Eisenberg, "No hubo una edad media española," in Propuestas teorico-metodológicas para el estudio de la literatura hispanica medieval, ed. Lillian van der Walde (Mexico: Universidad Autónoma Metropolitana - Iztapalapa, 2003, https://web.archive.org/web/*/http://users.ipfw.edu/jehle/deisenbe/Other_Hispanic_Topics/NOHUBOUN.htm)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]