Alarik I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alarik I (/ lərɪk/; Gotik: 𐌰𐌻𐌰𐍂𐌴𐌹𐌺𐍃, Alarīks, "penguasa semua"[1]; c. 370 – 410 M) adalah raja pertama Visigoth, dari 395 hingga 410. Ia naik ke kepemimpinan Goth yang datang menduduki Moesia—wilayah yang diperoleh beberapa dekade sebelumnya oleh kekuatan gabungan Goth dan Alan setelah Pertempuran Adrianopel.

Alarik I
I.Alaric.jpg
Raja Visigoth
Berkuasa395–410
Penobatan395
PendahuluAtanarik
PenerusAtaulf
Lahir370?
Pulau Peuke
Wafat410 (umur 39–40)
Cosenza
WangsaBalti

Alarik memulai karirnya di bawah prajurit Gotik Gainas dan kemudian bergabung dengan tentara Romawi. Pernah menjadi sekutu Roma di bawah kaisar Romawi Theodosius, Alarik membantu mengalahkan kaum Frank dan sekutu lain dari calon perampas Romawi. Meskipun kehilangan ribuan anak buahnya, ia menerima sedikit pengakuan dari Roma dan membuat tentara Romawi kecewa. Setelah kematian Theodosius dan kehancuran tentara Romawi pada tahun 395, ia digambarkan sebagai raja Visigoth. Dia adalah warga negara Romawi, karena hanya warga negara Romawi yang dapat memperoleh pangkat magister militum. Sebagai pemimpin satu-satunya kekuatan lapangan efektif yang tersisa di Balkan, ia mencari legitimasi Romawi, tidak pernah benar-benar mencapai posisi yang dapat diterima oleh dirinya sendiri atau otoritas Romawi.

Dia beroperasi terutama melawan rezim Romawi Barat berturut-turut, dan berbaris ke Italia, di mana dia meninggal. Dia bertanggung jawab atas penjarahan Roma pada tahun 410, salah satu dari beberapa peristiwa penting dalam kemunduran Kekaisaran Romawi Barat.

Pemberontakan[sunting | sunting sumber]

Sebuah fase baru dalam hubungan antara Goth dan kekaisaran dihasilkan dari perjanjian yang ditandatangani pada tahun 382, ​​karena semakin banyak Goth mencapai peringkat aristokrat dari layanan mereka di tentara kekaisaran.[2] Alarik memulai karir militernya di bawah tentara Gotik Gainas,[3] dan kemudian bergabung dengan tentara Romawi. Dia pertama kali muncul sebagai pemimpin campuran Goth dan bangsa sekutu, yang menginvasi Trakia pada tahun 391 tetapi dihentikan oleh setengah Vandal Romawi. Jenderal Stiliko. Sementara penyair Romawi Klaudianus meremehkan Alarik sebagai "ancaman yang kurang dikenal" yang meneror Trakia selatan selama waktu ini, kemampuan dan kekuatan Alarik cukup tangguh untuk mencegah kaisar Romawi Theodosius menyeberangi Sungai Maritsa.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harder, Kelsie B. Names and Their Varieties: A Collection of Essays in Onomastics. Lanham, MD: University Press of America. hlm. 10–11. ISBN 978-0-81915-233-6. 
  2. ^ Kulikowski, Michael (2006). Rome's Gothic Wars: From the Third Century to Alaric. Cambridge dan New York: Cambridge University Press. hlm. 155. ISBN 978-0-521-84633-2. 
  3. ^ Alarik memiliki daya tarik untuk 'zaman keemasan' Roma dan bersikeras pada sukunya memanggilnya "Alaricus"
  4. ^ Boin, Douglas (2020). Alaric the Goth: An Outsider's History of the Fall of Rome. New York: W.W. Norton & Co. ISBN 978-0-39363-569-0. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Alarik I
Wafat: 410
Gelar
Didahului oleh:
Atanarik
Raja Visigoth
395–410
Diteruskan oleh:
Ataulf