Katedral Verona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Verona
Katedral Santa Maria Marikolare
CattedraleSanta Maria Matricolare  (Italia)
Katedral Verona, 2022
LokasiVerona
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaRomanesque
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Verona
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Domenico Pompili

Katedral Verona (bahasa Italia: Cattedrale Santa Maria Matricolare; Duomo di Verona) adalah sebuah gereja katedral Katolik di Verona, utara Italia, didedikasikan untuk Perawan Maria Terberkati dengan sebutan "Santa Maria Matricolare". Katedral Verona menjadi takhta uskup dari Keuskupan Verona.

Katedral Verona didirikan setelah dua gereja Palaeo-Kristen di situs yang sama dihancurkan oleh gempa bumi tahun 1117. Dibangun dengan gaya Romawi, katedral ini ditahbiskan pada tanggal 13 September 1187. Strukturnya kemudian diubah oleh beberapa intervensi renovasi, meskipun rencananya tetap tidak berubah.

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Fasad dibagi menjadi tiga bagian, dengan pedimen dan serambi atau protiro bertingkat dua yang diproyeksikan dihiasi dengan patung, yang merupakan karya pematung abad kedua belas Nicholaus, yang juga mengeksekusi dan menandatangani pintu masuk di gereja biara San Zeno, juga di Verona, dan Katedral Ferrara. Serambi didukung di belakang dua griffin, mirip dengan yang ada di Porta dei Mesi yang dibongkar di Ferrara. lunette menggambarkan Perawan menggendong anak Kristus dengan relief tinggi, berpusat di antara dua adegan relief rendah, Annunciation to the Shepherds (kiri) dan Adorasi orang Majus (kanan). Pada ambang pintu pada medali terdapat tiga kebajikan teologis, Iman, Amal dan Harapan. Sepuluh sosok nabi dipasang di tiang pintu dan kusen; empat simbol Penginjil dan Hand of God dipasang di atas barrel vault lantai pertama serambi. Di dinding di kedua sisi portal terdapat sosok Roland dan Oliver, yang sebagai prajurit suci, mengingatkan salah satu kebutuhan konstan untuk memberikan perlindungan kepada gereja.

Gotik jendela di fasad memberikan bukti renovasi yang dilakukan pada abad ke-14. Penambahan Baroque di bagian atas fasad merupakan bagian dari penambahan abad ke-17. Di sisi selatan gereja adalah portal kedua yang dibuat dengan gaya Lombard atau Como. apse utama telah mempertahankan integritasnya dan dengan demikian merupakan contoh arsitektur pertengahan abad ke-12. Menara lonceng, dimulai pada abad ke-16 oleh Michele Sanmicheli dan dibiarkan belum selesai, memiliki dua tatanan kolom dengan ibu kota yang sangat dihiasi, relief dan jejak abad ke-14 lukisan dindinges. Ini berisi sembilan lonceng dalam skala A. Berat tenor adalah 4566 kg. Lonceng dibunyikan dengan tradisi seni lonceng Verona.

Interior[sunting | sunting sumber]

Penampilan interior saat ini berasal dari renovasi abad ke-15. Ia memiliki nave dan dua lorong yang dipisahkan oleh pilaster tinggi di marmer Verona merah, yang mendukung arcade Gotik. Tiga kapel pertama di setiap sisi memiliki gaya yang sama, dan sebagian besar menampung seni Renaisans karya seniman Veronese. nave diakhiri dengan Kapel utama ("Cappella Maggiore"), juga oleh Sanmicheli.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan Kapitel Katedral Verona (Biblioteca Capitolare della Cattedrale di Verona) diklaim sebagai perpustakaan tertua di dunia yang terus berfungsi.[1] Begitu pentingnya sehingga ia dijuluki “Ratu koleksi gerejawi”.[2] Banyak karya kuno dari tradisi Klasik bertahan hanya karena Perpustakaan Chapter, termasuk:

Itu juga memegang tulisan-tulisan Kristen awal yang penting, seperti:

Tanda tangan berikut dalam kehidupan Santo Martinus dari Tours oleh seorang juru tulis biasanya dianggap menandai tanggal konvensional pendirian Perpustakaan: “nama saya Ursicinus, Lektor Gereja Verona”, mengkonfirmasikan bahwa dia telah menyelesaikan pekerjaannya dalam konsulat Agapitus (517).[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]


Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History - Biblioteca Capitolare Verona". Biblioteca Capitolare Verona. Diakses tanggal 20 Mei 2021. 
  2. ^ Library, Universitas Yale (1990). Lembaran Perpustakaan Universitas Yale (dalam bahasa Inggris). Perpustakaan Universitas Yale. Diakses tanggal 16 September 2018. 
  3. ^ International Dictionary of Library Histories, hlm. 242, di Google Books

Koordinat: 45°26′49″N 10°59′49″E / 45.447045°N 10.996849°E / 45.447045; 10.996849